Tanggal:10 May 2024

Ingin menjadi seorang sutradara? Ketahui apa saja tanggung jawabnya

Sutradara adalah orang yang memberi pengarahan dan bertanggung jawab atas masalah artistik dan teknis dalam pementasan drama, pembuatan program televisi, dan sebagainya.

Sutradara adalah orang yang bertugas mengarahkan sebuah acara sesuai dengan roundown. Roundown digunakan untuk mengontrol aspek-aspek segmentasi.

Sutradara televisi bertanggung jawab atas aspek-aspek kreatif pembuatan program acara televisi baik interpretatif maupun teknis. Ia menduduki posisi tertinggi dari segi artistik dan memimpin pembuatan visual tentang “bagaimana yang harus tampak” oleh penonton.

Selain mengatur tingkah laku di depan kamera dan mengarahkan akting serta dialog, sutradara juga mengontrol posisi beserta gerak kamera, suara, pencahayaan, dan hal-hal lain yang menyambung kepada hasil akhir sebuah acara televisi.

Dalam melaksanakan tanggung jawabnya, sutradara bekerja bersama para kru televisi dan pengisi acara, di antaranya floor director, penata kostum, penata kamera dan lain sebagainya.

Selain itu ia juga turut terlibat dalam proses pembuatan produksi acara mulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca produksi.

Tahap Pra Produksi Final

Sutradara tv melakukan diskusi/evaluasi bersama-sama dengan kru dan pengisi acara untuk persiapan eksekusi shooting yang terkait dengan teknis penyutradaraan visual dan artistik.

1. Interpretasi Skenario (script conference)

Analisa skenario yang menyangkut isi cerita, struktur dramatik, penyajian informasi dan semua hal yang berhubungan dengan estetika dan tujuan artistik film.

Hasil analisa didiskusikan dengan semua Kepala Departemen (sinematografi, artistik, suara, editing) dan Produser untuk merumuskan konsep penyutradaraan film.

Sutradara adalah nurni bukan jabatan profesional. Ukuranya adalah penciptaan karya seni visual yang di akui oleh masyarakat maupun komunitas pertelevisian sebagai bagian dari pengembangan seni dan budaya yang diwujudkan dalam ungkapan kreativitas melalui media audio visual.

2. Pemilihan Kru

Sutradara dan Produser memilih serta menentukan kru yang akan terlibat di dalam produksi tv.

3. Casting

Sutradara menentukan dan melakukan casting terhadap para Host / Pembawa Acara utama dan artis pendukung yang dibantu oleh Asisten Sutradara dan Casting Director.

4. Latihan

  1. Kepada pengisi acara, sutradara menyampaikan visi dan misinya terhadap penokohan yang ada di dalam segmentasi Roundown, lalu
    mendiskusikannya dengan tujuan untuk membangun kesamaan persepsi karakter tokoh antara sutradara dan Pengisi Acara.
  1. Sutradara melakukan pembacaan skenario (reading) bersama seluruh pemain untuk membaca bagian dari dialog dan action pemain masingmasing.
  2. Sutradara melakukan latihan blocking dengan pengisi acara.
  3. Sutradara melakukan evaluasi terhadap hasil latihan yang telah direkam sebelumnya.

Baca juga: Fungsi Linkedin untuk karir

5. Perencanaan

  1. Sutradara tv merumuskan dan menyusun director shot pada setiap scene yang ada di dalam roundown.
  2. Sutradara tv membuat ilustrasi staging pengisis acara dan peletakan kamera ke dalam bentuk floor plan.
  3. Sutradara tv membuat storyboard dibantu oleh Pic kameraman.
  4. Berdasarkan konsep warna yang telah ditentukan pada saat pra produksi, sutradara melakukan koreksi warna di studio, setelah berdiskusi dengan produser, penata kamera, penata cahaya dan multimedia terdiri dari Grafis dan Light Emitting Diode (LED).

PERAN DAN TANGGUNG JAWAB SUTRADARA TELEVISI

Seorang sutradara tv adalah dalam perannya sebagai seniman, diharapkan dapat menghasilkan gambar dan suara video televisi, yang tidak semata-mata menyampaikan pesan yang sudah direncanakan secara harafiah juga menyampaikan dengan gaya tertentu.

Selain itu harus mampu memberikan titik pandang atau tanggapannya yang khas terhadap suatu keadaan atau naskah, cepat menangkap arti isinya yang penting, lalu memilih dan memerintahkan unsur-unsur produksi untuk membantu memperjelas, meningkatkan arti dan memberikan interpretasi pada khalayak pemirsa.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *