Tanggal:08 September 2024

Pengertian Keyword Density dan Strateginya

Keyword density (rawpixel.com)

Apa Itu Keyword Density?

Baca Juga | Pengertian Keyword, Jenis – Jenisnya, dan Tips Lengkap

Keyword density adalah jumlah persentase pengulangan dari sebuah keyword yang digunakan di dalam sebuah konten, biasanya berupa anchor text. Keyword density berpengaruh terhadap SEO karena, kata kunci yang ditargetkan dalam artikel website anda akan langsung terlihat oleh mesin pencari dan juga bermanfaat untuk penghitungan biaya kampanye online. Dalam melakukan optimasi menggunakan SEO, pastinya diperlukan keyword dengan jumlah search volume dan jumlah kompetisi yang sesuai. Biasanya keyword tersebut digunakan sebagai inti dari suatu artikel, seperti yang sedang dilakukan di dalam penulisan artikel tentang hal ini ini. Agar bisa optimal, maka perlu dimasukkan beberapa keyword ke dalam artikel dengan jumlah ya sesuai.

Baca Juga | Apa Itu Buzz Marketing? Kelebihan dan Kekurangan

Cara menghitung keyword density pertama-tama lakukan identifikasi kata kunci atau frase utama dalam halaman web kita kemudian hitung jumlahnya. Hitung juga jumlah keseluruhan kata yang ada di website. Kemudian, kita hanya perlu membagi jumlah kemunculan kata kunci dengan jumlah keseluruhan kata yang ada. Terakhir, kalikan hasil bagi dengan 100%. Hal ini harus dipertimbangkan karena selain mempengaruhi posisi blog, berguna supaya tidak dianggap spam oleh search engine. Akan lebih baik bila Anda menjaga keseimbangannya atau menggunakan kata kunci yang sesuai porsi, tidak berlebihan atau kurang. Untuk mengukur mengetahui kepadatan kata kunci yang tepat, Anda bisa memanfaatkan software keyword density checker. Ada banyak pengukur kepadatan kata kunci yang tersedia di Google dan memberi layanan secara online.

Baca Juga | 10 Rekomendasi SEO Tools Terbaik dan Gratis

Untuk bisa mengetahui berapa jumlah keyword yang sudah ada di dalam konten Anda bagi yang menggunakan WordPress sebagai Content Management System (CMS) untuk website yang dimiliki, sudah ada Yoast SEO yang siap memberikan informasi keyword dari masing-masing konten. Jika Anda tidak menggunakan WordPress, di internet sudah ada beberapa tools yang bisa digunakan seperti tools keyword density checker di Google. Selain itu, Anda juga bisa membuka.

Strategi menghasilkan keyword density yang ideal

Strategi menghasilkan keyword  ideal (rawpixel.com)

Strategi menghasilkan keyword ideal (rawpixel.com)

Berikut 6 strategi mengenai cara menghasilkan keyword density yang ideal:

1. Mengutamakan kenyamanan pembaca

Perhatikan penulisan keyword dengan baik. Karena artikel yang enak dibaca dan berisi informasi yang relevan akan membuat pengunjung website kamu menjadi pembaca tetap. Kalau tidak ada pengunjung website yang berkunjung dan membaca, konten artikel kamu yang berisi banyak keyword tersebut juga tidak akan berfunsi secara optimal.

Baca Juga | Yuk Ketahui Tentang Copywriting dan Contohnya

2. Menggunakan keyword stemming

Penggunaan keyword stemming akan memudahkan mesin pencari untuk menemukan kata kunci yang kamu targetkan dengan penambahan imbuhan.

3. Hindari keyword stuffing

Keyword stuffing akan membuat website anda terlalu penuh dan pada akhirnya mesin pencari bisa menganggapnya sebagai spam. Maka dari itu, sebisa mungkin jangan pakai kata kunci secara bertumpuk di satu artikel website anda.

4. Menggunakan kata yang berhubungan dengan keyword

Kata-kata yang berhubungan ini bisa diambil dari sinonim, variasi, atau juga berhubungan dalam segi konteks dengan kata kunci yang kamu targetkan. penulis konten artikel suatu website diharapkan untuk sering membaca website ataupun blog yang berhubungan dengan websitenya. Penambahan pengetahuan dan kosa kata sangat penting supaya frekuensi keyword yang dihasilkan tetap dalam presentase yang aman.

Baca Juga | 6 Cara Membuat Konten Yang Menarik Di Sosmed

5. Hindari kesalahan penulisan

Jangan sampai artikel anda banyak kesalahan kata atau penulisan karena mesin pencari sudah memiliki format keyword yang sering dicari dan kesalahan kata pastinya membuat keyword anda tidak terbaca oleh mesin pencari, walaupun hanya ada huruf yang terbalik posisinya, huruf yang terketik dobel, ataupun huruf yang keliru. Selalu cek artikel website anda sebelum dipublish secara online.

Baca Juga | Cara Tepat Penggunaan Article A, An, dan The dalam Kalimat Bahasa Inggris

6. Gunakan keyword yang bervariasi

Lakukan riset variasi keyword yang anda inginkan. Hal ini akan memudahkan anda saat penulisan dan sekaligus membuat mesin pencari semakin dekat dengan target kata kunci anda.

Baca Juga | 12 Cara Menarik Pelanggan untuk Membeli Produk Kita, Dijamin Langsung Banjir Order!

Itulah sekilas penjelasan lengkap tentang keyword density yang menjadi bagian penting dalam SEO. Semoga informasi ini berguna untuk Anda.

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *