Tanggal:28 April 2024

5 Rekomendasi Musik Klasik Untuk Belajar

Apakah kamu adalah tipe orang yang konsentrasi belajarnya mudah buyar dan mudah terganggu oleh aktivitas lain yang ada di sekitarmu? Ataukah kamu tipikal orang yang sulit berkonsentrasi dan tidak fokus saat belajar? Mungkin kamu bisa mencoba mendengarkan musik klasik yang merdu dan menenangkan untuk menemani waktu belajarmu. Selain bisa menghindarkan kamu dari kebisingan yang ada di sekitar, kamu juga bisa menjadi lebih fokus karena alunan musik klasik yang indah.

Untuk kamu yang menyukai belajar sambil mendengarkan musik atau kamu yang lagi coba-coba mulai mendengar musik ketika belajar, berikut ini adalah manfaat serta rekomendasi musik klasik yang cocok untuk menemani waktu belajar kamu!

Baca Juga : Rekomendasi Lagu Untuk Menamanimu Saat Belajar

Manfaat Mendengar Musik Saat Belajar

Manfaat Mendengar Musik Klasik Saat Belajar (sumber: pexels.com)

Sebelum membahas rekomendasi musik klasik yang cocok untuk menemani kamu belajar, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat mendengar musik saat belajar. Hal ini tidak lain karena berbagai studi telah membuktikan bahwa sebenarnya mendengar musik klasik saat belajar memerikan berbagai manfaat mulai dari memperbaiki suasana hati hingga meningkatkan fokus belajarmu! Berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai manfaat mendengar musik klasik saat belajar.

Baca juga: Tips Belajar Pengucapan Bahasa Inggris dengan Benar

  • Memperbaiki Suasana Hati

Belajar memang merupakan hal yang sangat penting, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tidak sedikit orang yang merasa sangat berat atau bahkan malas untuk belajar. Apalagi jika hal tersebut membuat kita diomeli atau dimarahi orang tua sehingga mau tidak mau harus tetap belajar. Selain contoh tersebut, hal lain yang bisa membuat suasana hati menjadi buruk saat belajar ialah saat menemukan soal yang sulit, teman meminta contekan, terganggu oleh keramaian, dan lain sebagainya. Suasana hati yang buruk ini dapat membuat kualitas belajar menurun karena materi yang dipelajari mungkin akan lebih sulit untuk masuk ke dalam otak. 

Mendengarkan musik yang kamu sukai mampu membantu menurunkan rasa jenuh atau stress saat belajar. Ketika alunan musik masuk ke gendang telinga, sinyal suara akan dikirimkan hingga menuju otak untuk diolah menjadi sinyal listrik yang nantinya mampu meningkatkan hormon dopamin yang bisa memicu perasaan bahagia. Maka dari itu, mendengarkan musik sambil belajar mampu memperbaiki suasana hati dan mengurangi rasa stress serta jenuh yang kamu rasakan.

  • Meningkatkan Fokus

Musik Klasik Dapat Meningkatkan Fokus Saat Belajar (sumber: pexels.com)

Melansir dari bobo.grid.id (19/10) terdapat sebuah studi yang dilakukan pada 2007 silam yang mengungkapkan bahwa mendengarkan musik klasik mambu membantu otak menyerap dan menafsirkan informasi dengan lebih mudah. Pada saat mendengarkan musik klasik, otak bisa memproses lebih banyak informasi. Jika kamu merasa kesulitan untuk memahami atau mencerna materi baru, belajar sembari mendengarkan musik dapat menjadi salah satu opsi yang bisa kamu coba agar dapat lebih mudah memahami materi.

Baca Juga : 6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Dalam Bekerja

Rekomendasi Musik Klasik Untuk Didengar Saat Belajar

Usai mengetahui manfaat yang akan kamu terima dengan mendengarkan musik sambil belajar, berikut adalah lima rekomendasi musik klasik pilihan yang bisa kamu dengarkan sambil belajar.

Baca juga: 8 Tips Menghilangkan Bosan Saat Kuliah

1. River Flows in You by Yiruma

Rekomendasi Musik Klasik yang Cocok Untuk Belajar (sumber: pexels.com)

Musik klasik yang satu ini merupakan salah satu yang paling populer dan seringkali didengar di mana-mana. Alunan piano yang indah dan menenangkan mampu membuatmu menikmati musik sekaligus fokus pada materi yang sedang kamu pelajari. Selain membuatmu lebih fokus, River Flows in You yang dibawakan oleh Yiruma ini juga akan membuatmu merasa lebih rileks dan tenang karena alunan musiknya yang sangat menyejukkan hati. Jangan lupa masukkan River Flows in You ke dalam daftar lagu kamu ya!

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Musik Tradisional Dan Modern!

2. Norrsken by Karin Borg

Musik klasik selanjutnya yang wajib masuk ke dalam playlist kamu adalah Norrsken oleh Karin Borg yang dijamin akan membuat kamu semakin fokus dan semangat belajar. Dengan durasi yang hanya 1 menit 35 detik, rasanya kamu akan sulit berhenti dan ingin terus mengulang untuk musik yang satu ini agar bisa mendengarkannya lebih lama.

3. Fur Elise by Ludwig Van Beethoven

Siapa yang tidak kenal dengan seniman musik klasik yang satu ini? Karya-karyanya yang sangat luar biasa membuat namanya begitu populer tidak hanya di kalangan pecinta musik klasik, tetapi juga bagi semua penikmat musik di dunia. Fur Elise menjadi salah satu karya terbaik Beethoven yang wajib untuk kamu dengarkan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Lagu Untuk Belajar Bahasa Inggris

4. Moonlight Sonata by Ludwig Van Beethoven

Moonlight Sonata oleh Beethoven (sumber: pexels.com)

Salah satu karya lain dari Beethoven yang tak kalah terkenal dan digilai banyak orang adalah Moonlight Sonata. Kamu mungkin pernah mendengarnya di tempat-tempat umum atau televisi secara tidak sengaja karena seringnya lagu ini diputar dimana-mana. Jika kamu merasa belum pernah mendengarkannya, maka sekarang adalah saat yang tepat bagi kamu untuk mendengarkan keindahan alunan musk Moonlight Sonata yang sangat indah dan emosional ini.

5. Dragonfly Keeper by PHILDEL

Rekomendasi terakhir dalam artikel kali ini adalah Dragonfly Keeper yang merupakan karya dari salah seorang seniman musik klasik ternama, Phildel. Lagu ini sangatlah indah dan menenangkan untuk didengarkan ketika sedang belajar. Kamu juga bisa menemukannya aplikasi streaming musik kekinian seperti Spotify dan lainnya.

Nah itulah dia beberapa rekomendasi musik klasik yang cocok untuk menemani waktu belajar kamu. Selain musik klasik yang indah agar kamu lebih fokus untuk memahami materi, kamu bisa mencoba metode belajar lainnya seperti dengan mengikuti beragam kursus atau bootcamp berkualitas di Vocasia yang bisa meningkatkan skill dan pengetahuanmu dalam berbagai aspek. Semangat terus ya belajarnya!

Baca Juga : 7+ Musisi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *