Tanggal:14 May 2024

Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Yang Benar

Urutan Pemakaian Skincare Pagi Hari

Untuk mendapatkan manfaat skincare secara maksimal, Anda perlu mengetahui urutan pakainya yang tepat. Perlu diketahui bahwa ada sedikit perbedaan urutan skincare pagi dan malam hari.  Pada pagi hari, penggunaan produk skincare bertujuan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV) matahari dan polusi udara.

Berikut urutan skincare pagi hari yang benar dilakukan.

1. Pembersih Wajah

Urutan skincare pagi hari yang benar adalah cuci muka pakai sabun pembersih khusus, baik facial wash atau facial foam. Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka setelah bangun pagi bertujuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk semalaman saat Anda tidur.

Baca Juga:

2. Toner

Toner wajah berfungsi untuk membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih menempel setelah Anda membersihkan wajah. Penggunaan toner juga berfungsi membantu mengembalikan pH kulit Anda yang hilang saat tahapan mencuci muka.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Body Lotion Untuk Kulit Kering

3. Essence

Essence adalah urutan skincare yang perlu digunakan pagi dan malam hari. Essence bisa digunakan sebelum serum wajah Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi. Essence berfungsi untuk melembapkan dan membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit.

Baca Juga : Jenis-Jenis Masker Wajah

4. Serum

Selanjutnya, urutan pemakaian skincare pagi adalah serum wajah. Serum wajah adalah cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi. Serum dianggap lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah.

Baca Juga: 8 Cara Memulai Usaha Kosmetik

5. Moisturizer

Bagi pemilik kulit wajah kering, pilihlah pelembap dengan tekstur krim. Tekstur krim yang lebih tebal juga bisa dipilih oleh pemilik kulit wajah normal dan kulit wajah kombinasi. Sementara itu, pelembap bertekstur cair atau gel cocok digunakan oleh tipe kulit wajah berminyak.

Baca Juga : Cara Perawatan Wajah Secara Alami Di Rumah

6. Sunscreen

Produk perawatan wajah satu ini berfungsi membantu melindungi wajah dari penuaan akibat paparan sinar matahari. Anda disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Skin Barrier

Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari

Setelah menjalani rutinitas padat sejak pagi hingga sore hari, gunakan waktu pada malam hari untuk menenangkan wajah dengan melakukan perawatan kulit yang tepat. Meski tidak terlalu jauh berbeda dengan urutan pemakaian skincare pagi hari, tetap ada tahapan skincare tambahan yang perlu Anda gunakan di malam hari.

Berikut adalah urutan skincare malam hari yang penting Anda gunakan.

1. Make Up Remover

Urutan skincare malam hari yang penting adalah menggunakan make up remover. Pada malam hari, Anda perlu membersihkan wajah dari produk make up atau kosmetik yang digunakan selama seharian beraktivitas. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah dampak negatif dari produk make up yang tersisa.

Baca Juga: 4 Tantangan Dalam Bisnis Kosmetik

2. Produk Pembersih Wajah

Walaupun Anda sudah menggunakan make up remover, membersihkan wajah dengan produk pembersih merupakan hal yang penting guna memastikan tidak ada lagi sisa make up, minyak, dan kotoran yang tertinggal di wajah.

Anda bisa membersihkan wajah secara maksimal dengan micellar water dan atau cleansing oil atau cleansing milk, pilih sesuai jenis kulit wajah, setelah menghapus make up dengan remover khusus. Kemudian, lanjut cuci muka dengan sabun pembersih yang sesuai dengan tipe kulit wajah Anda. Bilas wajah sampai bersih menggunakan air mengalir.

Baca Juga : Cara Melakukan Self Care

3. Scrub wajah atau eksfoliasi

Tahapan skincare di malam hari perlu disempurnakan dengan proses eksfoliasi atau scrub. Eksfoliasi atau scrub berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Perlu diketahui bahwa melakukan eksfoliasi wajah tidak boleh dilakukan setiap hari. Cukup lakukan scrub wajah hanya 1-2 kali dalam seminggu.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Jenis Kulit

4. Toner

Sama seperti urutan skincare pagi, Anda bisa menggunakan toner wajah setelah cuci muka dengan sabun pembersih sebagai step skincare malam hari. Gunakan toner wajah yang mengandung lactic acid, hyaluronic acid, dan gliserin guna melembapkan kulit sepanjang malam.

Baca Juga : Rekomendasi Serum Korea Terbaik dan Murah

5. Serum wajah dan essence

Setelah menggunakan toner, Anda bisa memakai essence dan serum wajah sebagai urutan skincare malam hari. Baik serum wajah dan essence dalam urutan pemakaian skincare sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yakni melembapkan dan menghaluskan kulit wajah. Sesudah essence meresap dengan sempurna ke dalam kulit, barulah Anda menggunakan serum wajah.

Baca Juga: Apa Itu Eksfoliasi Wajah?

6. Eye Cream (Krim Mata)

Urutan skincare malam yang membedakan dengan pagi hari adalah penggunaan krim mata atau eye cream.  Krim mata atau eye cream adalah salah satu produk perawatan wajah paling penting dalam urutan pemakaian skincare di malam hari.

Terutama, bagi Anda yang memiliki masalah mata panda, kantung mata, serta kerutan di area mata. Pilihlah eye cream yang mengandung konsentrat tinggi, seperti antioksidan dan peptida. Gunakan krim mata dengan cara mengoleskannya ke area kulit bawah mata secara perlahan.

Baca Juga : Rekomendasi Serum Untuk Kulit Berminyak

7. Night Cream dan Sleeping Mask

Step skincare malam hari semakin lengkap dengan penggunaan krim malam. Krim malam berfungsi untuk mengganti peran pelembap yang biasa Anda gunakan di pagi hari.

Krim malam biasanya memiliki kandungan serta fungsi yang lebih khusus, yaitu melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, atau memudarkan noda hitam di wajah. Sementara itu, sleeping mask adalah tahapan skincare di malam hari yang bersifat opsional, tetapi juga tetap memberikan efek positif bagi kulit wajah Anda.

Baca juga: Kenali Burnout Beserta Gejala Dan Cara Mengatasinya!

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *