Tanggal:25 May 2024

11 Rekomendasi Skincare Lokal untuk Kulit Berminyak dan Kusam

Memiliki kulit yang sehat dan bersinar tentunya menjadi dambaan semua orang. Terutama wanita yang nampaknya memberi perhatian lebih pada kondisi kulitnya. Nah, skincare adalah kunci untuk merawat kulit supaya terhindar dari beragam masalah kulit yang nantinya akan menganggu penampilan kita.

Dalam memilih produk skincare pun tak boleh sembarangan. Pasalnya, tak semua orang cocok dengan produk perawatan kulit yang beredar di pasaran. Kamu perlu mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu untuk kemudian disesuaikan dengan skincare yang hendak kamu beli. Hal ini tentunya bertujuan untuk meminimalisir iritasi atau ketidakcocokan yang kemungkinan menyerang kulitmu jika memilih produk yang salah.

Nah, sesuai dengan judulnya, kali ini kita akan membahas mengenai rekomendasi skincare untuk si kulit berminyak. Tak bisa dipungkiri, pemilik jenis kulit ini kerap dibuat tidak percaya diri dengan kondisi kilang minyak yang bercucuran di wajahnya. Belum lagi wajah terlihat kusam, komedo semakin tampak, dan pori-pori membesar.

Baca juga: Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Bahan Alami

Namun, jangan khawatir. Kamu bisa menyiasatinya dengan mengaplikasikan skincare yang memang diformulasikan khusus untuk si kulit berminyak. Terlebih lagi, brand kecantikan lokal kini berkembang dengan sangat pesat. Ingredients yang terkandung dalam produknya tak kalah dengan brand luar negeri, lho. Memangnya ada apa saja sih? Yuk, simak daftar rekomendasi skincare lokal untuk kulit berminyak dan kusam di bawah ini!

Rekomendasi skincare lokal untuk kulit berminyak dan kusam

Kulit berminyak disebabkan oleh produksi minyak atau sebum yang berlebih. Sehingga menyebabkan wajah tampak mengkilap dan licin. Pada dasarnya, sebum dihasilkan secara alami oleh kelenjar minyak atau kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit yang berfungsi untuk mengunci kelembaban kulit. Namun dalam kasus ini, produksi sebum berlebih dapat menyebabkan beberapa masalah kulit. Tingginya produksi sebum juga dipengaruhi oleh faktor genetik, perubahan hormon, dan stres.

Merawat kulit berminyak pun biasanya lebih menguras lebih banyak waktu. Itulah mengapa kaum kulit berminyak perlu berhati-hati dalam memilah produk perawatan kulit. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah beberapa rekomendasi skincare untuk kamu si kulit berminyak dan kusam:

1. Make Over Micellar Water

skincare lokal untuk kulit berminyak

source: sociolla

Sebenarnya, segala jenis kulit diwajibkan untuk melakukan teknik double-cleansing. Memangnya seperti apa itu double-cleansing? Kamu perlu membersihkan wajah dua kali. Pertama, menggunakan make up remover lalu dilanjutkan dengan membasuh muka menggunakan facial wash.

Nah, Make Over Micellar Water merupakan pembersih wajah dengan triple formula action ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat momen menghilangkan make up menjadi jauh lebih mudah. Tanpa bilas, make up remover yang satu ini tidak membuat kulit wajah kamu lengket dan berminyak, lho.

Diperkaya dengan pH balance, micellar water dari Make Over ini mampu membersihkan, menyegarkan, serta menghidrasi kulit wajah hanya dengan sekali usap.

Baca Juga :

2. Acnes Natural Facewash Oil Control

skincare lokal untuk kulit berminyak dan kusam

source: watsons

Buat kamu yang memiliki tipe kulit berminyak, rentan berjerawat hingga kusam, Acnes Natural Face Wash Oil Control dapat menjadi opsi facial wash utama yang bisa kamu coba. Teksturnya yang kaya akan butiran microbead ini berfungsi untuk membuat kulit tampak lebih bersih tanpa terasa tertarik.

Sabun ini juga bisa digunakan untuk kamu yang berjerawat dan memiliki tipe kulit kombinasi. Sebab, kandungan 8 ekstrak tanamannya yang mampu mengurangi minyak berlebih di kulit secara efektif sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga :

3. Elshe Skin Oily Cleanser Wash

rekomendasi skincare lokal untuk kulit berminyak dan kusam

source: femaledaily

Brand yang berasal dari Yogyakarta ini juga mampu bersaing dengan brand kecantikan internasional, lho. Elshe skin juga mengeluarkan facial wash yang friendly untuk kamu si kulit berminyak.

Dengan kandungan potassium thiocyanate, lactoferrin, lactoperoxidase, glucose oxidase, glucose pentaacetate, dan citric acid, produk ini mampu mengangkat sisa kotoran dan sebum di wajah secara optimal tanpa membuat iritasi atau penipisan kulit.

Setelah menggunakan cleanser tersebut, kamu bisa melanjutkan rangkaian skincare milikmu. Kulit wajah akan terasa lebih bersih dan segar secara instan!

Baca Juga :

4. Bhumi Hydration Exfoliating Toner

rekomendasi skincare lokal untuk kulit berminyak dan kusam

source: bhumi

Apakah kamu masih asing dengan brand yang satu ini? Ya, Bhumi merupakan brand kecantikan lokal yang kini berkembang dengan pesat, lho. Ia merilis produk exfoliating toner yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Sehingga, wajah tampak bercahaya dan bebas komedo.

Toner Bhumi yang dikemas apik dalam kemasan botol berukuran 150ml ini hanya cocok digunakan setidaknya 2 kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir iritasi kulit.

Kandungan utamanya adalah AHA sebanyak 2% dan hyaluronic acid untuk melembabkan kulit sebanyak 1%. Nutrisi yang diberikan toner adalah vitamin C untuk mencegah pigmentasi dan kulit wajah kusam. Ada juga ekstrak mentimun untuk melindungi wajah yang sensitif.

Baca Juga :

5. Avoskin Miraculous Refining Toner

rekomendasi skincare lokal untuk kulit berminyak dan kusam

source: avoskinbeauty

Siapa sih yang tak tahu Avoskin? Brand lokal asal Yogyakarta ini bisa dikatakan sedang berada di puncak kejayaan, lho. Image yang dibangun sungguh apik dan mampu menggaet jutaan customer hingga saat ini.

Tak ketinggalan, mereka juga merilis produk exfoliating toner yang memiliki kandungan PHA dan memiliki fungsi mirip dengan AHA. Namun, kinerja PHA lebih aman untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Selain mengeksfoliasi kulit, toner ini mampu membasmi jerawat. Ada kandungan salicylic acid untuk membasmi jerawat dan niacinamide untuk menghilangkan kekusaman pada wajah. Teksturnya cair, tanpa wangi apa pun, dan tidak mengandung paraben sehingga aman di kulit.

Baca Juga :

6. Wardah Mineral Clarifying Clay mask

source: blibli

Dengan kandungan clarifying mineral, masker ini mampu mengontrol minyak berlebih dan mengangkat polusi atau kotoran yang menyumbat pori-pori. Pemakaian rutin juga bisa membantu menumpaskan komedo dan jerawat di wajah sehingga membuat wajahmu bersih dan sehat.

Baca Juga :

7. Haple Bentonite Clay Mask

source: shopee

Produk skincare lokal untuk kulit berminyak dan kusam selanjutnya datang dari brand Haple. Berbeda dengan clay mask pada umumnya, untuk menggunakan masker ini kamu perlu menambahkan rose water atau air mineral agar dapat diaplikasikan ke wajahmu. Mengandung premium bentonite dari USA, masker ini efektif menyerap minyak berlebih, menumpaskan komedo, hingga membasmi jerawat.

Baca Juga : Manfaat Garam Himalaya Bagi Tubuh

8. Somethinc Level 1% Retinol

source: shopee

Selanjutnya adalah serum anti-aging untuk kulit berminyak dari Somethinc. Serum ini mengandung encapsulated retinol yang lebih efektif mengatasi masalah aging. Teknologi enkapsulasi ini menghasilkan retinol yang lebih stabil, tidak mudah menguap ke udara, serta tidak mudah teroksidasi.

Serum retinol ini juga dibuat dengan tingkat pH yang sama dengan kulit. Oleh sebab itu, formulanya diklaim tidak menyebabkan iritasi dan aman untuk kulit berminyak yang sensitif. Selain itu, serum ini juga mengandung ceramide-3 serta hyaluronic acid yang menjaga kadar air pada wajah kamu, lho.

Baca Juga : 9 Beauty Influencer Dari Indonesia

9. Everwhite Cica Shooting Serum

source: femaledaily

Serum perawatan kulit berminyak selanjutnya datang dari Everwhite. Everwhite Cica Soothing Serum adalah serum yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Produk ini dapat mengatasi iritasi, mengobati jerawat, dan menyamarkan bekasnya.

Formulanya lengkap untuk melembapkan dan mengatasi kulit kusam. Dengan tekstur yang ringan dan mudah diserap, serum ini tidak akan menimbulkan rasa lengket.

10. The Body Shop Seaweed Mattifying Moisture Lotion

source: t

Bagi kulit berminyak, menghidrasi dan melembabkan kulit menggunakan pelembab juga tak kalah penting, lho. Nah, pelembab dari TBS ini bisa menjadi pilihan untuk kamu coba.

The Body Shop Seaweed Mattifying Moisture Lotion SPF 15 mampu memberikan kelembapan tanpa kilap. Dengan bahan dasar rumput lautnya, kulit yang bertipe kombinasi pun dapat menggunakannya.

Selain itu, produk ini mampu memberi kelembapan maksimal tanpa membuat pori-pori tersumbat. Aroma moisturizer untuk kulit berminyak pun sangat menyegarkan dan memberi efek tenang tanpa berlebihan. Kamu bisa memakainya setiap hari untuk hasil maksimal.

11. Azarine Hydrashoote Sunscreen Gel

source: nihonmart

Sunscreen wajah ini memiliki bentuk gel (water-based) yang sangat ringan, dingin, dan mudah meresap untuk seluruh jenis kulit termasuk kulit berminyak dan acne prone skin.

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel diformulasikan dengan kandungan bahan alami propolis, aloevera, green tea dan delima untuk melindungi kulit dari sinar UV A & UV B serta menutrisi kulit wajah kamu.

Itu dia 11 rekomendasi skincare untuk kulit berminyak dan kusam. Selamat mencoba!

Baca juga: 9 Rekomendasi Skincare Lokal untuk Kulit Kering

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *