Tanggal:04 May 2024
manfaat uap wajah

10 Manfaat & Cara Uap Wajah yang Mudah dan Benar

Memiliki wajah yang mulus dan terawat merupakan impian sebagian besar orang untuk tampil menawan. Bahkan, mereka rela menghabiskan banyak uang untuk perawatan wajah yang mahal. Padahal, ada perawatan wajah alami yang bisa kamu lakukan di rumah dengan hasil yang bagus, yakni menggunakan uap untuk wajah.

Menggunakan uap air panas pada wajah merupakan cara yang murah dan efektif untuk membersihkan dan meningkatkan kesehatan kulit. Pada prinsipnya metode steaming atau uap wajah ini aman. Namun, pastikan uap yang kamu gunakan hangat dan tidak terlalu panas. Selain itu, perhatikan pula jaraknya agar tidak timbul luka bakar.

Saat ini, facial steam atau uap wajah juga sedang trend bagi sebagian orang yang ingin memiliki kulit wajah sehat dan cantik. Karena uap wajah memiliki banyak manfaat yang tidak sepele. Ingin tahu bagaimana uap wajah dapat membantu? Nah, langsung saja simak penjelasan lengkap manfaat uap wajah di bawah ini.

10 Manfaat Uap Air untuk Wajah

Ilustrasi Uap Wajah (Sumber: sehatq.com)

1. Menyiapkan Wajah untuk Menerima Kandungan Skincare

Manfaat uap wajah yang pertama adalah untuk mengondisikan kulit kamu sebelum menerima bahan perawatan kulit atau kandungan skincare. Teknik uap air panas untuk wajah dapat meningkatkan suhu kulit. Hal ini dapat meningkatkan aliran atau sirkulasi darah. Peningkatan sirkulasi memungkinkan produk skincare melewati penghalang kulit dengan lebih mudah.

Caranya adalah dengan memberikan uap hangat ke wajah terlebih dahulu. Ini akan menjaga pori-pori tetap terbuka dan siap untuk menerima perawatan lebih lanjut. Jika kamu tidak memiliki alat penguap wajah, letakkan handuk hangat di wajah kamu selama beberapa menit. Kemudian, baru memakai produk rangkaian perawatan kulit atau skincare kamu.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Primer Untuk Kulit Berminyak

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat uap hangat untuk wajah selanjutnya adalah membantu mengeluarkan keringat dari wajah. Akibatnya, pembuluh darah melebar dan aliran darah menjadi lebih seragam. Bahkan aliran darah memiliki efek positif pada kulit karena nutrisi dan oksigen lebih optimal diarahkan ke kulit. Dengan distribusi nutrisi dan oksigen yang tepat, kulit wajah kamu akan terlihat lebih cerah dan lebih terhidrasi dari sebelumnya.

3. Meningkatkan Produksi Elastin dan Kolagen

Kemudian, manfaat uap wajah selajutnya adalah untuk melancarkan sirkulasi darah. Melancarkan peredaran atau sirkulasi darah melalui proses penguapan pada wajah dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin, sehingga menjadikan kulit kamu lebih kencang dan tampak awet muda.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Wajah Untuk Remaja!

4. Membersihkan Pori-Pori Wajah

Uap panas yang diarahkan ke wajah bisa membuka pori-pori. Hal ini membuat kotoran lebih mudah keluar dari pori-pori. Perawatan uap wajah ini melembutkan komedo dan membuatnya lebih mudah dihilangkan atau diangkat. Selain itu, dengan uap wajah juga dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran lainnya. Itulah alasan mengapa orang yang sering melakukan uap wajah cenderung jarang berjerawat. Itu karena pori-porinya lebih bersih daripada orang yang belum pernah melakukannya.

5. Menghidrasi Kulit

Ilustrasi Kulit Lembab (Sumber: Freepik.com)

Pemilik jenis kulit kering tidak perlu takut dengan metode penguapan wajah. Hal ini karena uap hangat dapat meningkatkan produksi minyak alami ke tingkat normal. Tentunya, hal ini secara alami akan melembabkan wajah kamu. Setelah proses penguapan selesai, bersihkan keringat dengan handuk bersih dan jangan lupa segera cuci muka. Gunanya untuk mencegah tersumbatnya pori-pori akibat sebum dan keringat yang dikeluarkan setelah penguapan.

6. Membersihkan Sebum

Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous pada wajah. Fungsi dari minyak alami ini untuk melembabkan kulit. Ketika sebum menumpuk di bawah permukaan kulit, itu menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, menyebabkan jerawat dan komedo.

Salah satu cara membersihkan kulit wajah adalah dengan metode steam atau uap wajah. Uap hangat dapat membantu membuka pori-pori dan melepaskan sebum yang terperangkap, sehingga membuat kulit kamu terasa bersih.

7. Mencegah Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling sering dikeluhkan oleh setiap orang, baik pada wanita maupun pria. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan uap hangat ke wajah kamu. Manfaat uap panas pada wajah adalah untuk menghilangkan kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori serta mencegah timbulnya jerawat.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Pelembab Untuk Kulit Berjerawat

8. Membantu Memperlambat Penuaan

Uap wajah juga bisa membuat kulit kamu terlihat lebih muda. Paparan polusi dan bahan kimia setiap hari dapat mengurangi elastisitas kulit. Kerutan dan garis halus pun mungkin akan muncul.

Dengan melakukan uap wajah dua kali seminggu akan menjaga kulit kamu tetap bersih dan terhidrasi. Cara ini juga bisa meningkatkan aliran darah ke kulit. Hasilnya, dapat meningkatkan produksi kolagen dan mempertahankan elastisitasnya terjaga kembali.

9. Menghilangkan Minyak yang Terjebak di Pori-Pori

Tidak hanya memberikan kelembapan alami pada kulit, tetapi juga menghilangkan sebum atau minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Sebum yang terperangkap dalam pori-pori menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Jerawat pun akan berkembang biak di kulit saat pori-pori menjadi sarang bakteri.

10. Memberikan Sensasi Menenangkan

Ilustrasi Sensasi Menenangkan atau Rileks (SUmber: Freepik.com)

Memberikan sensasi menenangkan merupakan salah satu manfaat dari uap wajah. Uap air panas juga dapat membuat tubuh kamu lebih rileks. Efek menenangkan ini dimaksimalkan dengan penambahan minyak esensial, seperti tea tree oil, jojoba oil, primrose oil, rosehip seed oil, dan sebagainya.

Cara Uap Wajah yang Benar

Ilustrasi Cara Uap Wajah (Sumber: dream.co.id)

Kamu bisa dengan mudah melakukan uap wajah di rumah hanya dengan rebusan air paans atau menggunakan alat khusus. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan jika kamu tidak memiliki alat face steamer. Lakukan cara di bawah ini dengan benar, ya!

  • Bersihkan wajah
  • Panaskan air hingga mendidih
  • Tuang ke dalam wadah yang cukup besar
  • Teteskan minyak esensial jika kamu memilikinya saja
  • Dekatkan ke wajah selama beberapa menit
  • Gunakan masker di wajahmu

Baca Juga: Urutan Basic Skincare Untuk Remaja, Wajib Diikuti!

Demikian manfaat uap wajah dan cara uap wajah yang benar. Tidak seperti perawatan wajah lainnya yang harus mengeluarkan uang sampai jutaan, uap air panas sangat murah. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau, baik di tempat perawatan kulit maupun di rumah. 

Selain melakukan perawatan wajah atau skincare di dalam rumah, kamu juga bisa mengikuti kelas Beauty Photoshoot Make Up yang disediakan oleh Vocasia! Di sana, kamu akan belajar mengenai basic make up, pengenalan make up foto dan detil dari make up foto. Ikuti kelasnya sekarang!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *