Tanggal:25 April 2024
Sebutkan hal yang bisa kamu kembangkan ke depannya (pexels.com/george milton)

Begini 8 Cara Melatih Diri Berpikir Kritis, Cobalah Perlahan

Di era perkembangan zaman saat ini kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam berbagai hal. Tidak hanya untuk menunjang pekerjaan, namun setiap orang juga penting sekali memilikinya agar dapat melihat dan menelaah informasi secara kritis. Setiap orang tentunya memiliki permasalahan tersendiri, dan berpikir kritis merupakan salah satu alternatif solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Pada tulisan ini, teman-teman akan diajarkan bagaimana cara melatih berpikir kritis untuk bisa menghadapi kehdupan secara lebih baik.

Baca juga : 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Bersikap Open Minded

Mengapa Berpikir Kritis Itu Penting ?

Berpikir kritis yaitu merupakan berpikir secara rasional (masuk akal). Secara garis besarnya berpikir kritis atau yang biasa disebut dengan critical thinking adalah cara berpikir manusia untuk merespon seseorang dengan menganalisis fakta untuk membentuk penilaian. Kemampuan berpikir kritis ini dapat membantu kamu untuk bisa membuat sebuah keputusan yang logis bedasarkan penilaian yang rasional. Berpikir kritis akan menuntunmu untuk menanyakan kebenaran informasi, kemudian menganalisa dan mengevaluasi apa yang kamu terima. Dan dari analisis tersebut kamu bisa membuat keputusan secara logis dan tepat. Jadi penting banget nih buat kamu untuk dari sekarang mulai melatih diri supaya bisa berpikir kritis, kamu bisa mencoba delapan cara dibawah ini, ya!

Baca juga : Sering Insecure? 7 Cara Ini Efektif Meningkatkan Rasa Percaya Diri Kamu Lho!

8 Cara Melatih Diri Supaya Bisa Berpikir Kritis

1. Banyak Membaca

Membaca adalah gerbang ilmu pengetahuan, dengan membaca kita dapat melatih fungsi otak, menjernihkan pikiran, dan memperkuat memori. Berpikir kritis dapat dilatih salah satunya adalah dengan banyak membaca, karena membaca dapat membuat kita menemukan informasi maupun pengetahuan secara luas. Di zaman sekarang bacaan tidak hanya didapat dari buku saja, namun sekarang kamu dapat mengakses bacaan melalui artikel maupun sumber informasi lainnya di internet. Manfaatkan hal tersebut, ya! untuk mendapatkan banyak pengetahuan, dan informasi yang menunjang kemampuanmu dalam berpikir kritis.

Baca juga : 8 Cara Meditasi Untuk Menenangkan Pikiran

2. Banyak Bertanya

Ada pepatah yang mengatakan “malu bertanya, maka akan sesat dijalan”, tentunya kamu tidak mau mengalami hal tersebut bukan ? maka dari itu jangan sungkan untuk banyak bertanya, karena banyak bertanya juga merupakan salah satu cara untuk melatih diri memiliki kemampuan berpikir kritis. Selalu pertanyakan informasi yang kamu terima, carilah fakta-faktanya terlebih dahulu, tanyakan hal-hal yang mendetail, dan jangan langsung percaya apabila informasi yang kamu dapat belum bisa dipastikan kebenarannya.

Baca juga : 7 Tips Menjadi Pribadi Yang Proaktif Saat Bekerja

3. Mendengarkan Secara Aktif

Selain banyak bertanya, berpikir kritis juga bisa dilatih dengan banyak mendengar. Berpikir kritis dapat dikuasai jika kamu bisa mendengarkan orang lain yang sedang berbicara dengan baik. Tidak hanya mendengarkan, kamu juga dapat memahami perspektif dari mereka, serta dapat memberikan respon sesuai dengan topik yang sedang dibahas, sehingga hal ini dapat membantu kamu untuk melatih kemampuan berpikir kritis.

Baca juga : Bantu Kesehatan Mental, Ini Dia 4 Manfaat Terapi Mindfulness

4. Sering Memperhatikan Lingkungan Sekitar

Cara selanjutnya untuk melatih kemampuan berpikir kritis adalah sering-sering memperhatikan lingkungan sekitar. Mulailah dengan memperhatikan lingkungan disekitarmu, dengan begitu kamu dapat belajar mengamati, menganalisis, dan menyimpulkan permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar, dan seiring waktu kemampuanmu dalam berpikir kritis akan semakin terasah.

Baca juga : Kenali Coping Mechanism Yang Sehat Dan Tidak Sehat

5. Sering Berdiskusi

Cobalah sering berdiskusi dengan teman-temanmu atau siapapun orang yang kamu kenal, ajaklah mereka untuk membahas topik-topik yang sedang hangat, dengan begitu kamu akan melihat perspektif-perspektif baru dari mereka, kamu dapat belajar dan menganalisis perspektif tersebut. Dengan sering berdiskusi kamu juga tentunya akan menemukan hal-hal baru yang memancing kemampuan dirimu dalam berpikir kritis.

Baca juga : Emotional Numbness: Mati Rasa Dalam Psikologi Dan Cara Mengatasinya

6. Melakukan Brainstorming

Cara selanjutnya untuk melatih kemampuan berpikir kritis adalah dengan melakukan brainstorming. Brainstorming adalah sebuah metode yang bisa dilakukan untuk memecahkan berbagai masalah, dengan mengeluarkan beragam ide-ide atau gagasan baru sebanyak mungkin. Dengan melakukan brainstorming dapat menstimulasi kemampuan diri agar berpikir kritis untuk memecahkan suatu permasalahan melalui pengumpulan ide atau gagasan baru yang didapat.

Baca juga : Yuk Simak! Apa Itu Terapi Musik Dengan Segudang Manfaatnya

7. Melatih Problem Solving

Setelah melakukan brainstorming kamu dapat melatih kemampuan diri untuk berpikir kritis dengan melatih problem solving. Problem solving adalah kemampuan untuk menyelesaikan segala masalah dan mengambil keputusan yang sulit. Kamu dapat melatih kemampuan problem solving dengan mulai mengidentifikasi masalah yang terjadi di sekelilingmu. Cobalah fokus, dan mulai memikirkan solusi rasional yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis mu.

Baca juga : Mengenal FOMO Beserta Gejala Dan Cara Mencegahnya

8. Belajar Melalui Aktivitas Secara Langsung

Terbiasa dengan belajar hanya mengandalkan teori akan membuatmu kesulitan jika menghadapi permasalahan secara langsung. Untuk itu kamu perlu tidak hanya sekedar teori namun juga praktiknya, kamu dapat melatih kemampuan berpikir kritis dengan secara langsung terjun dalam aktivitas-aktivitas seperti aktivitas sosial, dan lainnya. Dengan begitu kamu dapat melatih kemampuan berpikir kritismu lebih baik lagi.

Nah, itu dia tadi delapan cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih diri supaya bisa berpikir kritis. Cobalah perlahan, yakinlah kamu pasti bisa melakukannya. Dan jangan menyerah!

Baca juga : 10 Makanan Biru Yang Bikin Mood Naik, Wajib Dicoba!

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *