Tanggal:17 June 2024
instagram bisnis

Cara Buat Akun Instagram Bisnis Untuk Pemula

Akun Instagram bisnis merupakan salah satu platform yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis. Seperti yang diketahui, hampir semua orang saat ini menggunakan media sosial untuk berbagai aktivitas. Dimulai dari hiburan, bisnis, hingga marketing. Oleh karena itu, banyak dari pemilik usaha menggunakan media sosial, seperti Instagram atau Facebook dalam memasarkan produk dan membuat brand awareness pada produk yang dijual.

Sebelum membuat akun Instagram bisnis, Anda perlu mengetahui beberapa fitur yang terdapat dalam Instagram bisnis. Lantas, apa saja fitur tersebut? Bagaimana cara membuat akun Instagram bisnis? Untuk menemukan jawabannya, simak paparan di bawah, ya! 

Baca juga:

Fitur Utama Instagram Bisnis 

instagram bisnis

ilustrasi tampilan instagram (sumber: pexels)

Akun Instagram bisnis kini telah banyak digunakan untuk mempromosikan produk yang dijual. Hal ini didorong oleh lengkapnya fitur yang disediakan oleh salah satu platform Instagram satu ini, seperti content insight. Apa saja fitur lainnya? Yuk, simak paparan berikut ini! 

Baca juga:

1. Content Insight 

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Instagram bisnis adalah fitur content insight. Fitur ini akan menunjukkan aktivitas dan keterlibatan pada postingan maupun cerita yang Anda unggah. Dalam fitur ini pula Anda dapat melihat postingan dan cerita yang telah diurutkan berdasarkan jangkauan, tayangan, keterlibatan, penyuka, pengikut, komentar, simpan, dan kunjungan profil. Tentu, fitur yang akan sangat membantu bisnis Anda, bukan? 

Baca Juga : Contoh Kata-Kata Promosi di Instagram

2. Activity Insight

Fitur satu ini tak kalah membantu untuk perkembangan bisnis Anda. Hal tersebut karena fitur ini dapat mengumpulkan setiap interaksi dan penemuan pada akun Anda. Interaksi tersebut akan terekam dalam seminggu terakhir. Contoh hal yang terlihat dalam fitur ini adalah kunjungan profil dan jumlah klik pada tautan yang dicantumkan. 

Adapun jumlah klik pada opsi kontak yang ditampilkan pada profil Instagram juga tampak di sini, seperti tombol panggilan, email, atau maps. Kemudian, fitur yang menunjukkan berapa banyak akun yang telah diperoleh serta jumlah tayangan pada postingan juga terdapat dalam fitur activity insight, yaitu Discovery

Baca Juga : 6 Cara Menemukan Peluang Bisnis di Lingkungan Sekitar

3. Audience Insight 

Adapun fitur yang menunjukkan demografis pengikut Anda, yaitu audience insight. Selain menunjukkan usia dan jenis kelamin pengikut Anda, fitur ini juga menunjukkan lokasi paling atas daerah asal pengguna yang terlibat dengan akun Anda. 

Ada pula bagian yang memperlihatkan rata-rata waktu dan hari dalam seminggu pengikut Anda menggunakan Instagramnya. Fitur ini akan membantu Anda menyusun rencana hal dan waktu yang tepat untuk mengunggah postingan, sehingga akan memperoleh jumlah kunjungan yang banyak. 

Baca Juga : 8 Bisnis Dengan Modal Kecil, Untung Besar

4. Tombol Call to Action 

Selain fitur yang telah dipaparkan sebelumnya, ada pula fitur yang memudahkan pengikut Anda untuk menghubungi Anda. adapun beberapa pilihan tombol call to action yang disediakan Instagram, seperti call dan email. Sangat memudahkan, bukan? 

Baca Juga : 13 Ide Bisnis Digital Yang Menjanjikan

5. Instagram Ads 

Fitur lain yang disediakan oleh Instagram untuk memaksimalkan bisnis Anda adalah Instagram Ads. Dengan memakai fitur ads, Anda dapat menjangkau lebih banyak audiens untuk mengunjungi akun Anda. 

Untuk menggunakan fitur ini, Anda juga dapat mengelompokkan audiens Anda sesuai dengan usia, demografi, interest, behaviour dan pertimbangan lainnya. Cara kerja fitur ini ialah dengan muncul secara otomatis ketika pengikut Anda sedang berselancar di linimasa milik mereka, ataupun ditampilkan dengan menampilkan iklan dari produk yang Anda jual di sela-sela meng-swipe cerita. 

Baca Juga : Pengertian Instagram Ads

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis  

ilustrasi membuat akun instagram bisnis

Baca juga:

  1. Masuk ke aplikasi Instagram. Apabila sudah memiliki akun bisnis, maka Anda tak perlu membuatnya lagi. Namun, apabila Anda belum memiliki akun bisnis, buat akun Instagram yang akan digunakan untuk menjual produk Anda. Jangan lupa pilih username yang mewakili bisnis atau nama bisnis yang Anda kelola. 
  2. Ubah profil ke bisnis. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mengubah akun ke profil bisnis ialah masuk ke profil Anda, kemudian pilih ikon 3 baris, pilih Pengaturan, masuk ke Akun. 
  3. Setelah itu, klik Beralih ke Akun Profesional
  4. Kemudian, tentukan kategori bisnis Anda. Instagram menyediakan banyak kategori. Sesuaikan kategori dengan bisnis Anda. Setelahnya, Anda akan diarahkan untuk memilih kategori kreator atau bisnis. Tentukan juga sesuai dengan bisnis Anda, ya!
  5. Sertakan kontak dan lokasi. Anda dapat menyertakan kontak yang dapat dihubungi dan lokasi bisnis. Setelah itu klik Selanjutnya.
  6. Hubungkan ke Facebook. Anda juga dapat menghubungkan akun Instagram ke Facebook milik Anda. Hal ini bertujuan untuk mengoptimasi postingan Instagram di halaman Facebook Anda, sehingga pengikut Anda aware terhadap setiap postingan yang dibuat. Namun, hal ini bersifat opsional. Anda dapat melakukannya ataupun tidak. 
  7. Lengkapi data profil Anda. Anda dapat mengisi profil akun Anda, seperti nama, alamat website jika ada, bio, atau profil. Anda juga dapat melengkapi dan melakukan observasi pasar pada akun bisnis Anda. 

Baca Juga :

Demikian cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat akun Instagram bisnis untuk mengembangkan bisnis Anda. Selain Instagram, Anda juga dapat mempromosikan bisnis Anda melalui akun media sosial lainnya, seperti WhatsApp. Apabila Anda ingin belajar lebih profesional mengenai promosi di WhatsApp, ikuti kelas Cara Jualan Mudah Lewat Whatsapp bersama vocasia. Ayo, daftarkan dirimu sekarang juga! 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *