Tanggal:August 9, 2022

Mengenal Deep Web

Apa itu Deep Web?

Deep web adalah bagian dari dunia maya yang lebih banyak berisi konten legal yang bersifat rahasia karena harus melindungi data milik pengguna. Tidak sembarang orang bisa mengakses deep web, hanya pemilik akses yang bisa membuka informasi tersebut. Ini artinya, bot yang dimiliki SERPs tidak bisa crawl informasi apa pun yang ada di dalam deep web.

Bisa dibilang, informasi yang ada di deep web tergolong aman karena tidak bisa diakses sembarang orang. Sadar atau tidak, ternyata Anda menggunakan deep web di keseharian Anda, contohnya adalah akun email yang ber-password, publikasi jurnal berbayar, akun m-banking, media sosial ber-password dan lainnya. Kebanyakan hal yang berada di deep web ternyata legal dan aman karena informasinya tidak bisa muncul ke surface web.

Baca Juga | Search Engine: Pengertian, Fungsi, Dan Contohnya

Lantaran tidak bisa dideteksi mesin pencari, deep web memiliki keuntungan yaitu memberikan lebih banyak privasi kepada penggunanya. Umumnya deep web dilengkapi dengan enkripsi agar konten di dalamnya lebih aman. Ternyata, deep web bukanlah website yang tidak aman, ya, teman-teman.

Misalnya data-data yang tersimpan di komputasi awan (cloud) seperti Google Drive dan One Drive tidak akan bisa diakses oleh orang lain, kecuali orang tersebut mengetahui kata sandi untuk masuk ke akun cloud terkait. Hal ini membuat pengguna internet bisa merasa lebih nyaman ketika menyimpan data pribadi mereka di internet.

Baca Juga | Autentikasi, Cara Tepat Menjaga Keamanan Data!

Manfaat Deep Web

Mengenal deep web lebih dalam dan memahami ternyata deep web tidak seburuk yang dipikirkan, saatnya mencari tahu manfaat deep web.

1. Mencari Tahu Informasi Rahasia

Jika digunakan secara tepat, deep web bisa menjadi sumber informasi menarik karena banyak jurnalis, anggota pemerintahan, website sejenis WikiLeaks dan lainnya menyebarkan informasi di deep web.

Baca Juga | Mengenal Malware: Pengertian Dan Cara Mencegahnya

2. Menjaga Keamanan Data

Tanpa deep web, bisa saja isi email, nominal rekening di bank dan data sensitif Anda yang disimpan pemerintah tersebar di surface web.

Baca Juga | Apa Itu Carding? Waspadai Kejahatan Penipuan, Wajib Tahu!

3. Tujuan Edukasional

Seperti yang dikatakan sebelumnya, di deep web ada banyak informasi penting serta jurnal-jurnal berbayar. Tentunya ini akan sangat bermanfaat untuk tujuan edukasional.

Baca Juga | 5 Fungsi Repeater Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Membeli!

Perbedaan Deep Web dan Dark Web

Berikut ialah perbedaan dari deep web dan dark web:

1. Deep Web

Deep web adalah bagian dari dunia maya yang lebih banyak berisi konten legal yang bersifat rahasia karena harus melindungi data milik pengguna. Tidak sembarang orang bisa mengakses deep web, hanya pemilik akses yang bisa membuka informasi tersebut.

Baca Juga | 10+ Aplikasi Live Streaming Untuk Kamu Yang Ingin Jadi Streamer

2. Dark Web

Dark web adalah bagian dari deep web. Di sini, semua kontennya juga tidak bisa dideteksi oleh mesin pencari bahkan secanggih Google. Namun yang membedakannya dengan deep web adalah kontennya, dark web kebanyakan berisi konten ilegal.

Penjual organ, senjata api, dan benda sekaligus hal berbahaya lainnya bisa temukan di dark web. Hanya saja, untuk mengakses dark web membutuhkan software browser khusus seperti TOR sekaligus perlindungan ekstra dari VPN, kalau ingin aman-aman saja saat mengakses bagian dari dunia maya yang berbahaya ini.

Baca Juga | Pengertian VPS Dan Kegunaannya

Apakah Bisa Mengakses Deep Web?

Jawabannya tentu saja, ya. Hanya saja, seperti yang sudah disebutkan, deep web berisi mengenai informasi bersifat rahasia dan aman. Hanya pemilik akses saja yang bisa mengaksesnya. Contoh, email, mbanking, dan database.

Nah, agar selalu aman, jangan lupa lindungi diri Anda dengan VPN berbayar yang jelas aman dan terpercaya. Dengan begitu, data Anda tidak bisa dibaca oleh sembarang orang. Beda dengan deep web yang harus menggunakan VPN dan browser khusus karena dunia tersebut memang berbahaya dan penuh hal ilegal.

Deep web adalah website yang selama ini Anda akses namun tidak berbahaya dan tidak terbaca oleh Google. Maka dari itu, sampai di sini Anda jangan sampai salah pengertian lagi terhadap bedanya deep web dan dark web, ya. Semoga artikel Vocasia dapat membantu Anda.

Baca juga | Apa Itu Web Scraping? Kenali Pengertian, Teknik, Dan Fungsinya!

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *