Tanggal:17 June 2024

5 Manfaat Ceramide untuk Kulit Berjerawat

Tubuh manusia secara alami memproduksi ceramide, fungsinya adalah sebagai pembentuk lapisan epidermis kulit sebanyak 50%. Seiring bertambahnya usia, jumlah produksi alami ceramide akan berkurang. Hal ini menyebabkan berkurangnya kelembaban dan proteksi kulit.

Saat fungsi skin barrier terganggu, terjadi transepidermal water loss (TEWL). Kondisi ini menyebabkan air yang melewati epidermis dan lapisan di kulit menguap di permukaan kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering dan mudah mengalami peradangan. Kondisi tersebut nantinya bisa meningkatkan risiko peradangan kulit dan masalah kulit.

Ancaman terhadap kulit jadi lebih berbahaya karena akses dari luar ke dalam yang kurang perlindungan. Salah satu ancaman yang dapat terjadi adalah timbulnya jerawat. Untuk menghindarinya, kamu memerlukan moisturizer khusus dengan kandungan ceramide dan bahan anti acne yang dapat memperbaiki barrier kulit sekaligus mencegah timbulnya jerawat.

Baca juga: 8 Rekomendasi Primer Untuk Kulit Berjerawat Bikin Make Up Tahan Lama

Ceramide secara alami berasal dari kulit, tapi juga bisa diproduksi secara sintetis untuk digunakan dalam produk perawatan kulit. Ceramide paling sering ditemukan dalam produk pelembap, tapi tidak jarang ditemukan di pembersih, toner, dan serum.

Total ada sembilan ceramide berbeda yang ditemukan di kulit dan perbedaannya didasarkan pada panjang rantai karbonnya, seperti ceramide AP, ceramide EOP, atau ceramide NP. Struktur ceramide mungkin berbeda, tetapi manfaat dan fungsinya hampir sama.

Penggunaan produk berkandungan ceramide sangat penting bagi kulit. Berikut manfaat ceramide untuk kulit berjerawat. 

Kulit secara alami menghasilkan ceramide. (Sumber: Pixabay)

Memperbaiki Skin Barrier

Lapisan terluar kulit merupakan komponen penting pada kulit yang harus kamu jaga karena punya fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai lapisan pelindung dari kerusakan. Lapisan epidermis kulit yang terganggu memudahkan bakteri untuk masuk melalui celah-celah kecil dan menyebabkan iritasi.

Salah satu upaya perlindungannya adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide agar dapat mencegah berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, hyperpigmentasi, dan iritasi.

Menjaga Kelembaban Kulit

Kehilangan kelembaban kulit pada kulit kering dapat memperparah kondisi jerawat. Hal ini disebabkan, kulit menjadi lebih sensitif terhadap ancaman dari luar. Untuk melawan ancaman ini, kulit memerlukan barrier yang sehat. Barrier kulit yang sehat memiliki kemampuan mengikat air dan menghindari terjadinya kehilangan air yang menyebabkan kulit kering.

Salah satu fungsi ceramide adalah menjaga kelembaban kulit dan mengatasi permasalahan kulit kering. Maka dari itu, produk dengan kandungan ceramide sangat baik bagi penderita kulit berjerawat yang kering, sensitif, dan atopi.

Mencegah Penuaan Dini

Penipisan dan penuaan kulit tidak hanya karena hilangnya atau rusaknya kolagen dan elastin, tapi penghalang kulit juga luar biasa penting untuk melindungi dan memelihara bagian kulit lainnya.

Ceramide berfungsi sebagai pelindung lapisan kulit. Dengan mengaplikasikan kandungan ceramide ke kulit dapat membantu mencegah dan mengurangi kerutan serta menjaga elastisitas kulit.

Baca juga: 8 Rekomendasi Foundation Untuk Kulit Berjerawat Anti Geser

Memperbaiki Kondisi Kulit Inflamasi

Kulit inflamasi. (Sumber: Pixabay)

Kandungan ceramide dapat membantu kondisi kulit inflamasi. Ketika stratum korneum kulit atau lapisan luar tidak bekerja dengan baik, maka kulit dapat mengalami dehidrasi dan menyebabkan hilangnya air epidermal sementara. Hal ini menimbulkan kulit kering, meradang, dan berisiko mengalami kondisi kulit inflamasi, seperti eksim, rosacea, jerawat, dan psoriasis.

Untuk menghindarinya, ceramide bekerja dengan mengunci kandungan air di dalam kulit, sehingga hidrasi tetap terjaga dengan baik.

Menghaluskan Kulit

Ciri-ciri umum dari penghalang kulit yang terganggu adalah kekeringan, pengelupasan, dan garis-garis halus akibat dehidrasi. Penggunaan produk berkandungan ceramide dapat membantu meredakan masalah tersebut.

Pada kulit berjerawat, ceramide bekerja dengan membantu meredakan, serta mengobati gangguan kulit dengan mengembalikan lipid yang hilang. Dengan begitu, kulit semakin terhidrasi dan meningkatkan tampilan secara  keseluruhan. Permasalahan kulit yang diperbaiki dapat membuat kulitmu jadi lebih halus.

Ceramide bergfungsi untuk mencegah penuaan. (Sumber: Pixabay)

Baca juga: Jangan Khawatir! Ini Dia, 8 Rekomendasi Facial Wash Untuk Kulit Berjerawat!

Itu dia manfaat-manfaat ceramide bagi kulit berjerawat dan kulit kering. Skin barrier yang terlindungi oleh ceramide dapat mengurangi risiko-risiko masalah kulit. Sebagai tambahan, ceramide juga dapat menyamarkan garis halus, kerutan, dan perubahan warna kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV) matahari. Kandungan ceramide di dalam pelembap atau tabir surya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Ceramide dapat pula meningkatkan hidrasi kulit, memelihara pergantian sel kulit, serta mengatasi kulit memerah dan hiperpigmentasi.

Sebagai pelembap, ceramide bekerja maksimal jika dioleskan segera setelah mandi untuk mengunci kelembapan ekstra. Tidak hanya itu, ceramide juga bagus dipakai sebelum tidur untuk menjaga kelembaban sepanjang malam.

Untuk mengoptimalkan manfaat ceramide, kamu bisa mengombinasikan beberapa kandungan berikut.

  1. Ceramide dan Hyaluronic Acid (mempertahankan kelembaban kulit)
  2. Ceramide dan Salicylic Acid (mencerahkan dan mencegah iritasi kulit)
  3. Ceramide dan Niacinamide (menenangkan dan mencerahkan kulit)
  4. Ceramide dan Vitamin C (mengurangi gangguan kulit, seperti munculnya noda hitam)

Meskipun ceramide tidak memiliki efek samping yang diketahui, kamu bisa menghindari reaksi alergi dan sensitivitas produk dengan menguji sebagian kecil produk pada bagian kulit lain terlebih dahulu. Apabila tidak mengalami efek samping apa pun, maka kamu bisa menggunakan produk berbahan ceramide dengan aman. Kamu dapat mengaplikasikan toner, serum, dan pelembap yang mengandung ceramide.

Kini produk perawatan kulit dengan kandungan ceramide bisa kamu temukan dengan mudah di supermarket maupun toko kosmetik yang tersebar di berbagai daerah dengan harga yang cukup terjangkau.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *