Tanggal:17 May 2024

Yuk Ketahui Apa Sih Perbedaan Antara SEO dan SEM

Perbedaan antara SEO dan SEM (REDComm/iStockphoto)

Baca Juga | Penjelasan Lengkap Mengenai Direct Marketing

Dalam bidang digital khususnya bagi content writer sudah tidak asing lagi mendengar SEO dan SEM. Menjadi content writer memerlukan beberapa cara agar hasil tulisannya bisa menduduki tingkat pertama di halaman pertama penelusuran Google. Perlu adanya strategi khusus salah satu yang paling berpengaruh adalah SEO dan SEM. Nah untuk Anda yang belum tahu perbedaan antara SEO dan SEM simak penjelasan berikut ini.

SEO (Search Engine Optimization)

Ilustrasi pengertian SEO (pixabay.com/DiggityMarketing)

Ilustrasi pengertian SEO (pixabay.com/DiggityMarketing)

Pengoptimalan mesin telusur atau biasanya disebut dengan SEO adalah Teknik pengelolaan website dari segala aspek seperti sistem dan konten. agar bisa bekerja dengan optimal hingga memperoleh peringkat teratas dalam pencarian. Maka Anda diperlukan melakukan riset keyword terlebih dahulu.  Selain itu SEO juga mempunyai manfaat bagi pemilik web, yaitu :

  1. Meningkatkan Traffic Pengunjung

Dengan adanya SEO jumlah trafik pengunjung website Anda akan meningkat secara organic. Menggunakan SEO ini tidak mengeluarkan biaya apapun untuk promosi iklan.

  1. Meningkatkan Nilai Konversi Bisnis

Dengan adanya SEO nilai konversi akan meningkatkan. Pastikan melakukan target keyword transactional untuk mendapatkan pengunjung yang ingin membeli produk Anda.

Baca Juga |  Apa Itu Conversion Rate dan Bagaimana Cara Mengoptimasinya

  1. Menjangkau User Lebih Luas

Cukup membuat artikel di blog Anda dengan menggunakan keyword serta melakukan optimasi yang baik dengan on page , maupun off page.

  1. Mendapatkan Keuntungan Bisnis dalam Jangka Panjang

Lakukan optimasi pada website Anda secara berkala dan melakukan riset competitor dan mengikuti perkembangan dari algoritma Google. Maka Anda akan mendapatkan keuntungan atau profit dalam jangka waktu panjang.

Jadi ketika Anda memilih menggunakan metode SEO maka Anda harus menggugah konten sebanyak mungkin, kemudian melakukan analisis. SEO yang berkaitan dengan tingkat kepuasan pengunjung. Pengunjung akan menyukai website jika konten mudah dimengerti dan jelas.

Baca Juga |  Apa Itu Google Analytics dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Kelebihan Metode SEO

Dalam melakukan bisnis metode SEO memiliki kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan trafik pengunjung ke situs web
  • Mendapatkan pengunjung yang sudah tertarget
  • Memiliki banyak software pendukung
  • Lebih mudah memantau traffic pengunjung
  • Meningkatkan visibilitas website

Kekurangan Metode SEO

Dalam melakukan bisnis metode SEO memiliki kekurangan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak dapat dilakukan secara instant
  • Memiliki kompetisi yang lebih ketat
  • Harus mengikuti perkembangan algoritma dan sistem kerja
  • Sangat bergantung dari search engine

Search Engine Marketing (SEM)

Ilustrasi perbedaan SEM (pexels.com/pixabay)

Ilustrasi perbedaan SEM (pexels.com/pixabay)

SEM adalah pemasaran yang dilakukan dengan pengoptimasian website agar muncul di mesin pencari melalui kegiatan promosi dengan memanfaatkan iklan. penerapan SEM dibutuhkan trik mengiklankan website secara tepat menggunakan beberapa metode, seperti Pay Per Click (PPC). Penerapan metode ini pun memerlukan biaya.

Cara Kerja SEM

  1. Target Audiens

Target audiens SEM lebih struktur Anda bisa melakukan setting di awal. Dengan SEM, Anda bisa memilih target audiens yang diinginkan, mulai dari kategori umur, jenis kelamin, wilayah dan lainnya.

Baca Juga |  Optimalkan Keuntungan Bisnis dengan Terapkan 5 Cara Riset Pasar Ini!

  1. Kecepatan

Kecepatan yang dihasilkan oleh SEM lebih dirasakan dibandingkan SEO. Anda dapat menonaktifkan jika target yang dituju belum didapat. Kemudian dapat diaktifkan kembali setelah Anda menentukan target audiens.

Baca Juga | Mudah dan Cepat, Berikut 7 Cara Budidaya Kelinci bagi Pemula

  1. Biaya

SEM membutuhkan biaya karena SEM menggunakan iklan berbayar. Biaya sudah ditentukan sesuai dengan jangka waktu yang Anda inginkan. SEM hanya akan bertahan sesuai jangka waktu yang ditentukan. Dengan bahasa yang lebih sederhana, durasi iklan hanya bertahan sesuai dengan jumlah biaya yang Anda bayar.

Baca Juga | Perkiraan Biaya Pasang Iklan di TV Beserta Manfaatnya

  1. Potensi CTR (Click Through Rate)

Potensi yang dihasilkan oleh SEM kemungkinan lebih kecil dibandingkan SEO. karena orang cenderung kurang senang dengan tanda “iklan” yang muncul bersamaan di barisan paling atas pencarian. Mereka akan berpikir link yang muncul dengan tanda iklan atau ads itu hanyalah iklan biasa dan belum tentu memiliki konten sesuai dengan apa yang diinginkan.

Baca Juga |  Pentingnya Engagement Rate untuk Bisnis Online

Nah, itu semua adalah penjelasan mengenai perbedaan antara SEO dan SEM. Dari masing – masing penjelasan Anda bisa menentukan manakah yang lebih cocok dengan bisnis mu ya. Semoga berhasil!

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *