Tanggal:22 May 2024
legal officer adalah

Profesi Legal Officer: Pengertian dan Tugasnya di Perusahaan

Setiap perusahaan membutuhkan jasa legal officer demi menjamin keamanan dan kredibilitasnya. Legal officer adalah orang yang bertugas untuk mengurus perizinan operasionalisasi ke otoritas berwenang. Mulai dari kontrak, proposal, dan dokumen-dokumen penting lainnya diawasi oleh legal officer. For your information, menurut riset The Bureau of Labor Statistics, profesi legal officer akan terus berkembang sebesar 6% hingga tahun 2029. Apa tugas legal officer? Siapa saja yang bisa menjadi legal officer? Yuk temukan serba serbi legal officer pada uraian berikut!

Pengertian Legal Officer

Pengertian Legal Officer

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Legal officer adalah profesi yang bertanggung jawab untuk menangani masalah hukum, baik secara internal maupun eksternal, serta melindungi perusahaan dari masalah hukum. Jasa legal officer dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan swasta, agensi, dan berbagai pekerjaan lainnya untuk mengurus legalitas dan perizinan perusahaan. Jadi, jasa profesi ini sangat penting agar perusahaan dapat terus beroperasi.

Jimmy Joses menjelaskan tentang tugas legal officer di suatu perusahaan. Di perusahaan berskala besar, legal officer dibagi menjadi beberapa bagian, seperti legal officer yang bertugas menangani dokumen dan izin serta yang menangani masalah hukum, baik perdata maupun pidana. Namun, perusahaan skala menengah, legal officer menangani segala urusan hukum, termasuk dokumen dan masalah hukum.

Baca juga: 

Deskripsi Pekerjaan Legal Officer

1. Memberi Nasihat Hukum

Legal officer berhak memberikan pengarahan kepada dewan direksi mengenai masalah hukum, potensi risiko, dan tindakan yang perlu dilakukan. Tugas ini melibatkan penerjemahan istilah hukum menjadi bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang. Dalam hal ini, bersama dewan direksi, legal officer juga mempertimbangkan segala kemungkinan risiko sebelum membuat rekomendasi.

2. Mengelola Dokumen Legal

Legal officer adalah profesi yang bertugas untuk mengelola semua dokumen legal milik perusahaan. Legal officer perlu menulis dan meninjau dokumen legal, seperti kontrak kerja, sertifikat saham, perjanjian partnership, dan sejenisnya. Tugas ini merupakan tanggung jawab penting yang membutuhkan fokus dan ketelitian tinggi bagi legal officer.

3. Melakukan Riset Sumber Hukum

Regulasi yang diterbitkan oleh pemerintah seringkali mengalami perubahan ataupun pembaruan. Oleh karena itu, legal officer wajib secara aktif meneliti sumber hukum, seperti peraturan perundang-undangan, keputusan pengadilan, dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar perusahaan tetap beroperasi mengikuti perkembangan regulasi yang ada.

4. Mengidentifikasi Risiko

Seluruh persoalan hukum perusahaan idealnya adalah risiko yang harus dicegah sebelum dimulai. Itulah sebabnya mengapa legal officer harus melakukan analisis tindakan dan keputusan perusahaan guna mengidentifikasi potensi risiko. Legal officer wajib memberikan saran agar perusahaan dapat terhindar dari risiko di kemudian hari.

5. Mengadakan Sosialisasi

Mengadakan sosialisasi adalah tugas wajib legal officer apabila perusahaan sedang menghadapi masalah hukum yang cukup besar. Legal officer perlu melakukan penyuluhan mengenai hal-hal yang harus dihindari agar reputasi perusahaan tidak jatuh atau tetap terjamin.

Baca juga: 

Syarat Menjadi Legal Officer

Tidak dapat dipungkiri bahwa legal officer adalah profesi yang menarik sekaligus menantang. Untuk dapat bekerja di profesi ini, seseorang harus memenuhi beberapa persyaratan atau kualifikasi.

  1. Syarat pertama dan yang paling penting adalah memiliki gelar sarjana hukum setingkat Diploma atau Strata 1.
  2. Selain memiliki gelar dalam bidang hukum, kamu juga bisa mengikuti magang di berbagai firma hukum atau perusahaan untuk menambah wawasan dan pengalaman kerja dalam bidang penasihat hukum.

Skill yang Wajib Dikuasai oleh Legal Officer

Skill Legal Officer

Selain memenuhi syarat di atas, agar mampu menjalankan tugas sebagai legal officer yang baik, seseorang wajib menguasai skill berikut. Perhatikan dengan seksama ya!

Skill Inti

  1. Mampu berkomunikasi dengan baik secara baik verbal maupun non verbal.
  2. Memiliki jiwa pemimpin.
  3. Memiliki pengetahuan tentang hukum serta peraturan negara yang sedang berlaku.
  4. Dapat mengerjakan tugas secara detail.
  5. Memiliki keterampilan negosiasi yang baik.
  6. Bisa menyiapkan segala kebutuhan dokumen hukum.
  7. Memiliki keterampilan administrasi.
  8. Mampu melakukan analisis dengan baik.

Skill Tingkat Lanjut

Setelah menguasai skill inti, legal officer juga perlu menguasai skill tingkat lanjut yang umumnya dibutuhkan oleh beberapa perusahaan.

  1. Pengalaman dan pengetahuan tentang industri yang digeluti perusahaan.
  2. Menguasai lebih dari satu bahasa.

Skill Penguasaan Perangkat

Legal officer tentu membutuhkan beberapa perangkat untuk mendukung pekerjaanya, baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Perangkat-perangkat tersebut di antaranya:

  1. Bisa mengoperasikan Microsoft Office.
  2. Bisa mengoperasikan peralatan yang biasa digunakan di kantor, seperti komputer, mesin fotokopi, printer, dan sebagainya.
  3. Menguasai sistem telekomunikasi.
  4. Menguasai sistem komunikasi digital.

Baca juga: Etika Profesi: Pengertian, Prinsip, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Penutup

Kemampuan komunikasi yang baik adalah modal dasar yang wajib dimiliki oleh profesi di segala bidang. Baik komunikasi langsung maupun virtual terdapat kaidahnya tersendiri. Ayo pahami lebih dalam tentang Keterampilan Dasar dalam Berkomunikasi bersama Vocasia! Melalui kelas ini kamu akan tahu lebih banyak tentang tipe kebutuhan interaksi hingga etika komunikasi. Ilmu ini tentu sangat berharga bagi semua kalangan profesi. Koordinasi adalah kendala yang selalu terjadi dalam sebuah tim. Jadi, meminimalkan miskomunikasi adalah salah satu cara menanggulanginya.

Baca juga: 6 Perbedaan Profesi dan Pekerjaan yang Harus Kamu Ketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *