Tanggal:07 May 2024

10 Daftar Sekuritas Terbaik di Indonesia

Sekuritas terbaik yang ada di Indonesia ada apa saja ya? Pada dunia investasi, istilah sekuritas merupakan objek utama sumber kekayaan seorang investor untuk menghasilkan profit. Hal ini sama seperti aset proses jual beli sekuritas. Umumnya terjadi pada pasar sekuritas sendiri ataupun perusahaan efek tanpa adanya perantara. Dalam istilah lain, sekuritas memiliki instrumen finansial yang mewakili kepemilikan seseorang ataupun badan usaha. Sekuritas sendiri harus bisa menghasilkan profit sesuai presentase kepemilikan.

Dengan kemajuan teknologi yang kian pesat keberadaannya, terdapat banyak perusahaan sekuritas yang melayani jual beli secara online maupun offline. Akan tetapi, hanya ada satu perusahaan sekuritas di negara kita, yakni Bursa Efek Indonesia (BEI) yang sudah dinaungi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga | Apa Itu Margin Call? Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

Suatu perusahaan sekuritas yang sudah mengantongi izin usaha dari OJK bisa langsung melakukan kegiatan usaha. Sebagai pihak penjamin emisi efek, manager investasi dan kegiatan lainnya sesuai dengan ketentuan dan peraturan pengawas pasar modal. Saat ini, terdapat dua jenis perusahaan sekuritas terbaik yang bergerak di Indonesia, yaitu perusahaan sekuritas asing dan lokal.

Sejauh ini terdapat lebih dari puluhan perusahaan sekuritas. Pemilihannya dapat dilakukan ketika calon investor akan membuka rekening efek. Perlu diingat, saat memilih perusahaan sekuritas, pilihlah dengan bijak. Pastikan perusahaan tersebut telah memiliki izin dari OJK agar setiap transaksi yang kalian lakukan tetap aman dan terpercaya.

Lantas, apa saja daftar perusahaan sekuritas terbaik yang ada di negara kita tercinta? Vocasia telah merangkumnya secara detail untuk kalian. Yuk, ketahui daftarnya pada artikel berikut ini. Disimak hingga akhir, ya!

Baca Juga | 6 Jenis Investasi Jangka Panjang

10 Daftar Sekuritas Terbaik di Indonesia

Ilustrasi Trading Saham (Freepik)

Memilih perusahaan sekuritas merupakan hal yang sangat krusial dan wajib kalian lakukan. Berikut daftar sekuritas terbaik yang dapat kalian pertimbangkan, di antaranya:

1. Sinarmas Sekuritas

Sinarmas Securitas (Google)

Rekomendasi yang pertama yaitu perusahaan sinarmas sekuritas. Perusahaan ini memiliki salah satu keunggulan yakni bekerja sama dengan Stockbit. Apa itu Stockbit? Stockbit merupakan aplikasi komunitas saham online yang sangat berkembang menjadi sarana untuk melakukan perdagangan saham. Di dalam aplikasi Stockbit terdapat fitur chatting, komentar, serta info lengkap dan terbaru seputar saham.

Tak hanya itu, Stockbit juga menyediakan berbagai data yang berguna untuk analisis fundamental dan analisis teknik. Dengan begitu, Stockbit tidak hanya sekadar forum komunitas, melainkan juga menjadi penyedia informasi yang membantu investor mengambil keputusan untuk memulai investasi saham. Setoran awal untuk melakukan transaksi di Stockbit dengan sinarmas sekuritas adalah minimal sebesar Rp.500.000.

Baca Juga | Kenali Window Dressing Dalam Investasi Saham!

2. Mirae Asset Sekuritas (YP)

Selanjutnya yaitu perusahaan dari Mirae Asset Sekuritas. Ia memiliki keunggulan yang berbeda, yaitu mempunyai layanan customer service yang tersedia dalam waktu 24 jam untuk membantu investor apabila mengalami suatu kendala.

Untuk setoran awal pembukaan akunnya sebesar Rp.10.000.000 hingga Rp. 200.000.000, disesuaikan dengan akun yang dipilih. Kalian bisa memilih akun yang tersedia untuk calon investor. Sekuritas ini tidak mengenakan biaya pemeliharaan akun serta minimal batasan transfer deposit berikutnya.

Baca Juga | Daftar Saham Blue Chip 2022 Yang Perlu Kamu Ketahui!

3. Indo Premier Sekuritas (PD)

Ilustrasi Logo Indo Premier Securitas (Google)

Indo Premier Sekuritas merupakan salah satu perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia. Sekuritas ini menawarkan investasi di pasar modal, baik untuk perorangan maupun korporasi. Ia telah mengantongi izin dari OJK. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1996 dan berhasil menempatkan namanya di posisi teratas dalam persaingan pasar obligasi. Volume transaksinya telah menyentuh Rp 10 triliun dan menguasai 20% pangsa pasar.

Perusahaan yang memiliki kode PD ini menawarkan beragam produk dan layanan yang meliputi investasi jual beli saham, reksadana, investment banking, perencanaan keuangan, sales trading equity, dan fixed income bagi korporasi.

Baca Juga | Apa Itu Debt Equity Ratio?

4. Citigroup Sekuritas Indonesia (YU)

Selanjutnya ada perusahaan sekuritas lainnya yaitu Citigroup Sekuritas Indonesia. Ia merupakan perusahaan gabungan antara mitra usaha Indonesia dengan pihak Citibank Overseas Investment Corporation. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1989 dengan layanan yang ditawarkan sebagai perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek.

Baca Juga | Waspadai Investasi Bodong! Cari Tahu Ciri-Cirinya

5. Maybank Kim Eng Sekuritas (ZP)

Securiatas dari Maybank (Google)

Maybank telah mengeluarkan perusahaan bernama Maybank Kim Eng Sekuritas. Ia memberikan berbagai macam kelebihan seperti memiliki dealer yang sangat berpengalaman dan memiliki akses khusus ke berbagai acara corporate. Maybank Kim Eng Sekuritas memiliki biaya transaksi jual sebesar 0,27% dan transaksi beli 0,17%. Ia sudah terjamin oleh OJK, jadi sudah tak diragukan lagi keamanannya.

Baca juga | Dijamin OJK, 7 Aplikasi Dompet Digital Teraman

6. Mandiri Securitas (CC)

Ia merupakan anak perusahaan dari sektor essensial bank Mandiri. Sekuritas ini juga banyak dipilih oleh investor karena memiliki berbagai kelebihan. Apabila masih berstatus sebagai pelajar, kalian akan diberikan penawaran khusus.

Kalian hanya perlu melakukan setoran awal sebesar Rp. 2.000.000 saja untuk mendapatkan akun reguler. Kelebihan lain dari Mandiri Sekuritas berada di ranking kedua perusahaan sekuritas teraktif selama periode waktu dari januari hingga agustus 2021. Dengan perolehan total transaksi saham senilai 307,71 triliun dan volume 462,54 miliar saham.

Baca Juga | Apa Itu Money Game? Jangan Sampai Terjebak! Berikut Ciri Dan Cara Mewaspadainya

7. BNI Sekuritas

Bank Negara Indonesia Securitas (Google)

Anak perusahaan dari PT Bank Negara Indonesia (BNI) (Persero) Tbk ini bergerak di bidang pasar modal. Ia melayani transaksi berupa perdagangan saham, surat utang, investment banking, sampai asset management. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1995. Ia pernah meraih gelar terbaik untuk The Most Active Securities Company dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada tahun 2018. BNI Sekuritas telah diberikan izin sebagai perantara pedagang efek oleh OJK. Menawarkan pelayanan berupa investment banking, equity brokerage (perantara perdagangan efek), fixed income brokerage, mutual fund selling agent (agen penjual reksadana), dan masih banyak lagi. Di samping itu, BNI juga menjangkau pemodal yang bisa dilakukan secara online (daring). Kalian dapat mengaksesnya melalui laman situs resminya.

Baca Juga | Tips Capai Financial Freedom Di Usia Muda

8. MNC Sekuritas

Posisi ke delapan ada anak perusahaan pertama yang dimiliki sepenuhnya oleh Grup pada tahun 1989. Ia menyediakan layanan komprehensif mulai dari ekuitas, pendapatan tetap, perbankan investasi, hingga analisis untuk mengoptimalkan investasi konsumen. Hingga saat ini, perusahaan MNC memiliki lebih dari 140 titik penjualan dengan lebih dari 100.000 klien. Bisnis utamanya meliputi pialang efek, penjaminan emisi, serta penasehat keuangan.

MNC Sekuritas juga berfungsi sebagai arranger untuk membantu klien melakukan penempatan pribadi pada saham ataupun obligasi sesuai dengan keinginan mereka. Ia dapat memberikan solusi keuangan terintegrasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing klien melalui berbagai layanan.

Baca Juga | Rekomendasi Robot Trading Terbaik Auto Cuan

9. BCA Sekuritas

Bank Central Asia Securitas (Google)

Ia adalah salah satu penyedia jasa equity underwriting, capital market, debt capital market, research serta brokerage. PT Bank Central Asia sendiri merupakan pemegang saham mayoritas di perusahaan ini. Melayani transaksi penanaman modal di tanah air dengan menyediakan rekening efek dan rekening dana nasabah (RDN) bagi para investor. Sebagaimana tempat penanaman modal lainnya, layanan sekuritas ini juga memiliki beberapa keunggulan. Misalnya seperti aplikasi bernama user friendly, adanya fitur stock game untuk membantu analisis teknik, informasi naik turunnya suatu saham secara real time melalui fitur smart signal, dan kemudahan transaksi jual beli saham yang bisa dilakukan melalui laptop dan juga ponsel.

Baca Juga | Saham Gorengan Berbahaya? Ini Penjelasannya!

10. Philip Sekuritas Indonesia

Bagi yang masih berstatus mahasiswa bisa memilih Phillip Sekuritas Indonesia. Setoran awal untuk mahasiswa hanya sebesar Rp.100.000 saja. Untuk yang selain mahasiswa, harus melakukan setoran awal dengan biaya Rp. 500.000, ya.

Itulah deretan daftar sekuritas terbaik yang telah Vocasia rangkum. Pastinya, di setiap sekuritas memiliki kelebihan dan kekurangan. Kalian bisa memilih sekuritas yang disesuaikan dengan kemampuan finansial, kebutuhan, serta kenyamanan kalian, ya. Jangan hanya sekadar membelinya saja, tetapi perhatikan juga bahwa perusahaan yang dituju sudah terdaftar pada OJK.

Baca Juga | Apa Itu Volatilitas? Berikut Jenis, Penyebab, Dan Pengaruhnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *