Tanggal:02 May 2024

Yuk Ketahui Apa Sih Perbedaan Antara SEO dan SMM

Ilustrasi online marketing (pexels.com/serpstat)

Baca Juga | Cara Belajar Digital Marketing sampai Mahir

Dalam bidang digital khususnya bagi content writer sudah tidak asing lagi mendengar SEO dan SMM. Menjadi content writer memerlukan beberapa cara agar hasil tulisannya bisa menduduki tingkat pertama di halaman pertama penelusuran Google. Perlu adanya strategi khusus salah satu yang paling berpengaruh adalah SEO dan SMM. Nah untuk Anda yang belum tahu perbedaan antara SEO dan SMM simak penjelasan berikut ini.

SEO (Search Engine Optimization)

Ilustasi penjelasan dan manfaat SEO (pixabay.com/EstudioWebDoce)

Baca Juga | Apa Sih Perbedaan Sales dan Marketing? Cek 4 Perbedaannya Berikut Ini!

Pengoptimalan mesin telusur atau biasanya disebut dengan SEO adalah Teknik pengelolaan website dari segala aspek seperti sistem dan konten. agar bisa bekerja dengan optimal hingga memperoleh peringkat teratas dalam pencarian. Maka Anda diperlukan melakukan riset keyword terlebih dahulu.  Selain itu SEO juga mempunyai manfaat bagi pemilik web, yaitu :

1. Meningkatkan Traffic Pengunjung

Dengan adanya SEO jumlah trafik pengunjung website Anda akan meningkat secara organic. Menggunakan SEO ini tidak mengeluarkan biaya apapun untuk promosi iklan.

2. Meningkatkan Nilai Konversi Bisnis

Baca Juga | 4 Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnismu!

Dengan adanya SEO nilai konversi akan meningkat. Pastikan melakukan target keyword transactional untuk mendapatkan pengunjung yang ingin membeli produk Anda.

3. Menjangkau User Lebih Luas

Baca Juga | 6 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Blogging

Cukup membuat artikel di blog Anda dengan menggunakan keyword serta melakukan optimasi yang baik dengan on page , maupun off page.

4. Mendapatkan Keuntungan Bisnis dalam Jangka Panjang

Baca Juga | 8 Manfaat Website untuk Meningkatkan Bisnis Online Kamu

Lakukan optimasi pada website Anda secara berkala dan melakukan riset competitor dan mengikuti perkembangan dari algoritma Google. Maka Anda akan mendapatkan keuntungan atau profit dalam jangka waktu panjang.

Jadi ketika Anda memilih menggunakan metode SEO maka Anda harus menggugah konten sebanyak mungkin, kemudian melakukan analisis. SEO yang berkaitan dengan tingkat kepuasan pengunjung. Pengunjung akan menyukai website jika konten mudah dimengerti dan jelas.

Kelebihan Metode SEO

Baca Juga | 10 Rekomendasi SEO Tools Terbaik dan Gratis

Dalam melakukan bisnis metode SEO memiliki kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan trafik pengunjung ke situs web
  • Mendapatkan pengunjung yang sudah tertarget
  • Memiliki banyak software pendukung
  • Lebih mudah memantau traffic pengunjung
  • Meningkatkan visibilitas website

Kekurangan Metode SEO

Baca Juga | Apa Itu Email Marketing dan Seperti Apa Contohnya

Dalam melakukan bisnis metode SEO memiliki kekurangan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak dapat dilakukan secara instant
  • Memiliki kompetisi yang lebih ketat
  • Harus mengikuti perkembangan algoritma dan sistem kerja
  • Sangat bergantung dari search engine

SMM (Sosial Media Marketing)

Ilustrasi Penggunaan Sosial Media (Pexels.com/Tracy Le Blanc)

Ilustrasi Penggunaan Sosial Media (Pexels.com/Tracy Le Blanc)

Baca Juga | Pengertian Sosial Media Marketing Beserta 5 Manfaatnya

SMM atau Social Media Marketing adalah metode yang melibatkan konten sebagai bentuk pemasaran internet pada media sosial untuk mencapai tujan pemasaran dan memaksimalkan website. Pemasaran media sosial ini bisa berupa postingan teks, gambar, video, dll yang mendorong audiens, serta iklan berbayar.

SMM melibatkan iklan berbayar melalui sosial media misalnya, iklan di Instagram dan facebook. Metode ini dapat memperluas jangkauan konsumen. Manfaat SMM untuk bisnis, yaitu:

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Baca Juga | 6 Sektor Bisnis yang Tahan Krisis, Besar Peluang Suksesnya!

Hampir semua orang menggunakan sosial media, melalui sosial media Anda dapat menemukan konsumen baru, selain itu sosial media juga dapat membantu Anda memperluas jangkauan pasar.

2. Mempermudah Berinteraksi dengan Konsumen

Baca Juga | 5 Cara Mencari Pembeli dan Pelanggan dari Luar Negeri

Manfaat menggunakan sosial media marketing adalah memudahkan penjual melakukan interaksi dengan calon pembeli secara media sosial lebih mudah dalam pengoperasiannya. Selain itu, penjual juga akan lebih cepat dan mudah merespon melalui sosial media dibandingkan dengan website.

3. Membuat Pengunjung Website Meningkat

Dalam dunia bisnis setiap pemilik bisnis harus mempunyai website. Karna website adalah sebuah representasi bisnis Anda. Semakin banyak pengunjung yang mengunjungi website Anda maka peluang pendapatan akan semakin meningkat. Anda bisa menggunakan sosial media, dengan melakukan promosi iklan dan menuntun pengguna media sosial membuka website Anda.

Baca Juga | 7 Cara Mudah Desain Website, Pengunjung Langsung Meningkat!

Maka buatlah desain yang menarik di website Anda berikan informasi – informasi yang membuat pengunjung tertarik menjadi konsumen Anda. Jika mereka tertarik, memungkinkan mereka akan melakukan share ke berbagai orang – orang terdekatnya. Hal ini dapat memberikan hal positif untuk kemajuan website Anda.

4. Memberikan Feedback

Baca Juga | Memahami Perbedaan KOL dengan Influencer

Ketika Anda menggunakan media sosial untuk bisnis online Anda pastinya Anda akan merasakan timbal balik atau feedback yang Anda dapat. Feedback ini bisa berupa negative dan positif. Tentunya ini berasal dari sudut pandang dari konsumen Anda. feedback yang diberikan konsumen bisa berupa kritik dan saran dari yang mereka rasakan selama menjadi customers Anda pastinya ini bisa menjadi informasi penting untuk meninjau produk Anda dan dapat membantu meningkatkan kualitas bisnis serta melakukan improvisasi terhadap layanan.

5. Customer Service

Baca Juga | 5 Tips Menjadi Resepsionis Profesional yang Andal Berkomunikasi

Dengan menyediakan layanan customer service Anda dapat mengetahui respon dari pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan secara online. Hal ini berguna untuk perkembangan bisnis yang Anda jalanin sehingga dapat meningkatkan kualitas dan mencegah adanya komentar negative yang dapat merusak reputasi bisnis Anda.

Kelebihan Metode SMM

Dalam melakukan bisnis metode SMM memiliki kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Harga relative lebih murah
  • Iklan berbayar yang lebih fleksibel
  • Sebagai media penghubung konsumen

Baca Juga | Mengenal SEO Marketing

Nah, itu semua adalah penjelasan dari SEO dan SMM. Dari masing – masing penjelasan Anda bisa menentukan manakah yang lebih cocok dengan bisnis mu ya. Semoga berhasil!

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *