Tanggal:17 June 2024
Perbedaan Toner dan Essence

Yuk Ketahui Perbedaan Toner dan Essence!

Bagi kamu yang rajin melakukan perawatan kulit pasti sudah tidak asing dengan toner dan essence. Toner dan essence adalah rangkaian produk skincare (perawatan kulit) yang diaplikasikan pada wajah sehari-hari. Namun, karena memiliki tekstur yang mirip, banyak orang yang sering menganggap keduanya sama. Padahal, toner dan essence mempunyai kegunaan yang berbeda lho! Untuk mengurangi kebingungan yuk ketahui perbedaan toner dan essence!

Baca Juga : Yuk Ketahui Jenis Kulit Kita

Nah, sebelum mengetahui perbedaan toner dan essence. Alangkah lebih baik pahami dulu apa itu toner dan essence. Simak dengan seksama ya Sobat Vocasia!

Toner dan Fungsinya

toner adalah

ilustrasi toner

Toner adalah produk skincare dengan tekstur sangat cair layaknya micellar water. Biasanya toner diaplikasikan setelah mandi dengan cara ditepuk secara halus atau dituangkan di atas kapas lalu diusapkan pada wajah. Toner berfungsi untuk membersihkan kulit wajah dan mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah.

Baca Juga : Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan

Terdapat dua jenis toner, yaitu: toner hydrating dan toner exfoliating. Toner hydrating berfungsi untuk mengembalikan kelembapan kulit setelah mencuci wajah. Pada umumnya, pH wajah seseorang akan naik setelah melakukan proses cleansing dengan produk face wash. Akibat pH yang tidak seimbang, kulit wajah bisa mengalami kekeringan, mengelupas, bersisik, hingga gatal-gatal. Itulah mengapa toner disarankan sebagai produk pertama dalam rangkaian skincare setelah membersihkan wajah.

Baca Juga : Perawatan Wajah Alami

Sementara itu, toner exfoliating dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, aplikasi toner sebelum langkah skincare lainnya dapat membuat formula dalam produk skincare selanjutnya terserap secara maksimal. Toner mengandung berbagai bahan aktif seperti vitamin dan acid yang bermanfaat lebih dari sekadar menyeimbangkan pH kulit.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Pori-pori

Apa saja fungsi toner yang dipasarkan masa kini?

1. Melembapkan Kulit

Sesuai dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa toner berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit usai mencuci wajah. Selain itu, toner juga memberikan kelembapan pada wajah karena adanya kandungan mineral oil, asam amino, dan hyaluronic acid.

Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Wajah

2. Mengatasi Masalah Minyak Berlebih

Toner adalah golongan astringent yang dapat membantu mengurangi sebum atau minyak yang bersarang di permukaan kulit. Dengan begitu, toner mencegah kulit tampak mengkilap sehingga riasan wajah menjadi lebih awet.

Baca Juga : Serum Kulit Berminyak

3. Menghilangkan Jerawat

Kondisi wajah yang berjerawat golongan ringan dapat diatasi dengan mudah menggunakan toner yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Kandungan tersebut dapat membersihkan pori-pori kulit sehingga mencegah munculnya jerawat dan komedo. Sementara itu, untuk membantu memudarkan noda hitam bekas jerawat bisa menggunakan toner dengan kandungan asam glikolat.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Skin Barier

NB: Toner boleh diaplikasikan pada semua tipe kulit tetapi kulit yang berminyak dan berjerawat lebih direkomendasikan untuk menggunakannya.

Baca juga:

Essence dan Fungsinya

essence adalah

ilustrasi essence

Ketimbang toner, essence memiliki tekstur yang lebih kental karena kandungan konsentrasi yang tinggi. Bahan dasar essence adalah air dan berasal dari gabungan toner dan serum. Essence juga disebut sebagai vitamin harian kulit. Bahan-bahan yang terkandung dalam essence mengikat molekul air dari dalam kulit sehingga menjadi tetap kenyal, lembap, dan terhidrasi.

Baca Juga : Jenis-jenis Masker

Fungsi utama essence adalah melembapkan dan mempersiapkan kulit agar produk skincare selanjutnya dapat diserap secara baik. Aplikasi essence setelah toner bisa menjadi solusi utama bagi yang memiliki kulit wajah yang kering. Cara penggunaan essence tidak jauh beda dengan toner, yaitu diusapkan lalu diratakan sembari memijat dari bawah ke atas dengan gerakan memutar pada wajah. Setelah itu, tepuk perlahan seluruh area wajah agar essence lebih cepat meresap ke dalam pori-pori kulit. Setelah menggunakan essence, barulah produk skincare selanjutnya dapat diaplikasikan pada wajah, seperti serum, moisturizer, maupun sunscreen.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bibir Hitam

Apa saja fungsi essence yang dipasarkan masa kini?

1. Membantu Peresapan Bahan Aktif ke Dalam Kulit

Essence adalah pembuka jalan bagi kandungan skincare lainnya agar bisa masuk lebih mudah ke dalam pori-pori kulit sehingga kulit mendapatkan nutrisi secara maksimal. Apabila lapisan terluar kulit tidak ternutrisi dengan baik, maka hasil perawatan yang dilakukan menjadi kurang maksimal.

2. Mencegah Penuaan Dini

Penggunaan essence yang rutin dapat mencegah penuaan dini dan membuat kulit wajah terlihat lebih muda karena kandungan antioksidan yang mampu melindungi berbagai efek buruk dari sinar UVA dan UVB.

NB: Essence direkomendasikan bagi pemilik kulit kering karena wajah dapat terhidrasi dengan baik.

Baca juga:

Perbedaan Toner dan Essence

Setelah menyimak penjelasan tentang toner dan essence, kamu pasti sudah memiliki gambaran tentang perbedaan toner dan essence. Sederhananya, toner berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit dan menganggkat sel kulit mati, sedangkan essence berfungsi untuk menutrisi kulit dan membantu peresapan kandungan skincare lainnya ke dalam kulit. Lalu, apakah keduanya bisa digunakan dalam satu rangkaian perawatan kulit sehari-hari? Tentu saja bisa! Pengaplikasian toner dilakukan terlebih dahulu, dilanjutkan dengan pengaplikasian essence.

Baca juga: 7 Merek Skincare Murah Tapi Kualitas Gak Murahan, Lokal Punya!

Nah, demikianlah perbedaan toner dan essence untuk menambah pengetahuan Sobat Vocasia tentang perawatan kulit. Dengan mengetahui beda toner dan essence, kamu bisa melakukan rutinitas perawatan wajah yang benar dan sesuai kebutuhan. Cantik memang tidak harus putih tetapi perawatan wajah adalah bagian dari kesehatan kulit.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *