Tanggal:26 April 2024

9 Jenis Kura-Kura Peliharaan Populer di Indonesia

Terdapat beragam jenis kura-kura. Kura-kura merupakan salah satu hewan reptil yang dapat hidup dalam dua habitat yaitu daratan dan lautan. Ia mempunyai ciri utama berupa cangkang kuat berbentuk cembung yang disebut sebagai kerapas. Banyak masyarakat Indonesia menyukai kura-kura untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Tentu saja karena kura-kura tergolong hewan yang jinak.

Cara pemeliharaannya pun cukup mudah. Kamu hanya tinggal membeli kandang lalu menyiapkan makanan khusus saja, lho. Sebelum memutuskan memeliharanya, kamu harus memikirkan waktu penyiapan makanan sehari-hari dan biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Mengutip dari situs Pisces Pets Emporium, kamu perlu memberi makanan kura-kura dengan 85% sayuran berserat, 10% buah-buahan, serta 5% protein. Protein yang dimaksud terdiri dari jangkrik ataupun cacing tanah.

Baca Juga | Apa Itu Deforestasi? Kenali Pengertian, Penyebab, Dampak, Dan Cara Pencegahannya

Namun, jangan terlalu banyak memberi protein, ya. Hal itu karena akan mengakibatkan kura-kura mengalami malnutrisi, pertumbuhan terhambat, bahkan dapat menyebabkan kematian dini. Tak hanya itu saja, beberapa spesies kura-kura memiliki nafsu makan yang terbilang sangat rakus dan membutuhkan asupan dalam jumlah besar.

Penasaran apa saja jenis kura-kura yang dapat dijadikan peliharaan di rumah? Yuk, simak ulasan rekomendasi kura-kura terpopuler yang ada di negara kita berikut ini!

Baca Juga | Pengertian Budidaya Beserta Manfaatnya

Jenis Kura-Kura Terpopuler

Ilustrasi Hewan Peliharaan Kura-Kura (Pexels)

Kura-kura adalah salah satu satwa reptil yang menarik perhatian banyak orang karena keunikan struktur tubuhnya dan geraknya yang lambat. Berikut ini Vocasia telah merangkum jenis kura-kura paling populer di Indonesia dari berbagai sumber, di antaranya:

1. Kura-Kura Ambon

Merupakan jenis kura-kura asli yang berasal dari Indonesia memiliki nama latin Cuora Amboinensis. Kura-kura jenis ini bisa ditemukan pada wilayah Ambon, Maluku, dan juga telah menyebar di kawasan sekitarnya, seperti Malaysia sampai daratan India. Ciri khas dari kura-kura Ambon adalah memiliki bentuk tempurung yang bulat dan menyerupai batok kelapa yang tampak sangat kokoh. Biasanya, ia berukuran sedang dan bisa bertahan hidup sampai 30 tahun lamanya.

Jenis kura-kura ini masuk ke dalam habitat air tawar. Ia memiliki harga yang tergolong terjangkau, yakni berkisar mulai dari 60k sampai 350k. Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa kura-kura Ambon masuk dalam daftar hewan yang rentan mengalami kepunahan di alam liar berdasarkan data IUCN Read. Jadi, bijaklah jika kamu ingin memelihara kura-kura jenis ini.

Baca Juga | Apa Itu Flora Dan Fauna? Pengertian Dan Contohnya Lengkap

2. Kura-Kura Matahari

Spesies Kura-Kura Jenis Matahari (Google)

Kura-kura matahari adalah satu jenis kura-kura di Indonesia yang memiliki bentuk tempurung yang unik dan berwarna eksotis, lho. Hewan ini memiliki nama latin Heosemys Spinosa. Ia juga memiliki nama lain, yakni kura-kura duri dikarenakan bagian tepi tempurung yang berbentuk duri-duri seperti pohon kaktus.

Di Indonesia, kura-kura matahari memiliki sebaran di wilayah Kalimantan dan Sumatera serta sekitarnya, seperti Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Natuna, dan Nias. Kura-kura semi akuatik ini memiliki ukuran dewasa yang lumayan besar, yakni panjang tubuh berkisar 18 sampai 22 cm dengan bobot 1 hingga 2 kg. Untuk mendapatkan kura-kura matahari tergolong cukup mudah di beberapa pet shop dan berkisar 300k hingga 700k saja.

Baca Juga | Apa Itu Reboisasi? Ternyata Penting Untuk Pelestarian Alam Loh!

3. Kura-Kura Pardalis

Karena bercorak seperti macan tutul, kura-kura jenis ini memiliki nama latin Leopard Tortoise. Mengutip dari laman Animalia, bobot dari kura-kura ini mencapai 15 sampai 54 kg, lho. Panjangnya pun tidak main-main, bisa berkisar 40 hingga 70 cm! Kura-kura jenis ini berasal dari negara Afrika dan terkenal akan kecantikan tempurungnya.

Sayangnya, kura-kura ini sangat sensitif terhadap perubahan cuaca dan iklim. Ia menyukai tempat-tempat yang hangat seperti tempat asal mereka. Hal ini akan membuatmu memerlukan perawatan ekstra dan khusus saat memelihara kura-kura pardalis di iklim tropis seperti Indonesia. Bila ingin memilikinya, kamu perlu menyiapkan kocek sebesar 300k hingga 900k.

Baca Juga | Apa Itu Aquaponik? Ketahui Sistem Budidaya Tanaman Dan Ikan Yang Mudah

4. Asian Forest Tortoise

Kura-Kura Asian Forest Tortoise (Google)

Rekomendasi yang keempat ini khusus bagi kamu yang menginginkan kura-kura untuk dijadikan peliharaan dan cocok dengan iklim di Indonesia. Asian Forest Tortoise merupakan salah satu jenis spesies yang bisa menjadi pilihanmu. Ia banyak ditemukan di Asia, termasuk juga Indonesia. Jenis kura-kura yang satu ini termasuk peliharaan yang perawatannya cukup mudah. Harganya pun tidak terlalu mahal jika dibandingkan jenis kura-kura lainnya. Ciri khas dari kura-kura ini adalah tempurungnya yang besar dan berwarna gelap serta memiliki permukaan licin.

Baca Juga | 10 Cara Memulai Usaha Hidroponik

5. Aldabra

Aldabra mempunyai nama latin Aldabrachelys Gigantean. Kura-kura Aldabra berasal dari Pulau Aldabra Atoll di Seycellessalah. Tahukah kamu bahwa kura-kura ini termasuk dalam jenis kura-kura terbesar nomor dua, lho. Panjang kura-kura ini bisa mencapai 1,2 meter dan beratnya bisa mencapai 25 kg. Habitat aslinya yaitu di semak belukar, rerumputan, dan kayu di hutan bakau. Aldabra memiliki warna gelap dan corak yang tidak mencolok seperti halnya kura-kura lainnya. Jenis kura-kura ini juga memiliki keunikan, lehernya bisa memanjang yang memiliki fungsi untuk mengambil makanan yang tinggi. Untuk harganya, kura-kura ini memiliki harga sekitar 10 hingga 30 juta.

Baca juga | Berencana Impor Hewan dari Luar Negeri? Yuk, Ketahui Caranya Berikut Ini!

6. Forsteni

Jenis Forsteni (Google)

Indonesia juga memiliki jenis kura-kura darat yang cukup banyak digemari masyarakat, Salah satunya yakni kura-kura forsteni. Ia memiliki nama latin Indotestudo forsteni. Kura-kura forsteni berasal dari Indonesia dan menjadi salah satu hewan endemis di Pulau Sulawesi. Ciri dari kura-kura forsteni adalah tubuhnya yang berwarna kuning dengan pola hitam yang menyelimuti tempurung mereka.

Walaupun tergolong kura-kura darat, ternyata ia ebih menyukai habitat dengan kondisi lembap seperti di dekat aliran sungai. Karena sulit ditemukan dan dikembangbiakkan, harga kura-kura forsteni tergolong cukup mahal, yakni berkisar antara 3 hingga 5 juta.

Baca Juga | Mengenal Terarium, Solusi Bertanam Dengan Wadah Tertutup Yang Pas Untuk Ekosistem Mini Di Rumah

7. Kura-Kura Brazil

Selanjutnya ada kura-kura Brazil yang mempunyai nama lain Red Ear Slider Turtle. Penamaannya terinspirasi dari bagian telinga kura-kura ini yang punya corak berwarna merah. Kura-kura ini berhabitat di air tawar. Ia merupakan kura-kura yang memang populer sebagai hewan peliharaan. Harganya terbilang paling terjangkau dibanding jenis lainnya. Di pasaran, kura-kura Brazil dipatok dengan harga mulai dari 50k hingga 400k saja, tergantung umur dan ukurannya.

Baca Juga | 7 Hewan Unik Indonesia Yang Terancam Punah

8. Cherry Head

Jenis Kura-Kura Cherry Head (Google)

Berikutnya ada kura-kura Cherry Head yang tergolong ke dalam jenis kura-kura darat. Ia mempunyai corak warna merah hingga jingga pada tempurung, kaki, dan kepalanya. Kura-kura yang mempunyai nama latin Geochelone Carbonaria ini habitat aslinya di Brazil dan Paraguay yang beriklim tropis sama seperti Indonesia. Untuk tipe makanannya pun tergolong ke dalam jenis hewan omnivora. Ia mampu mengonsumsi dedaunan, sayur, buah cacing, hingga serangga. Dengan perawatan yang benar, kura-kura Cherry Head punya masa hidup hingga 50 tahun, lho. Untuk harganya sendiri, kura-kura Cherry Head dipatok mulai 2 hingga 5 juta.

Baca Juga | 9+ Jenis-Jenis Kopi Terbaik Dan Populer Di Indonesia

9. Alligator

Jika dibandingkan dengan jenis kura-kura peliharaan lain dalam daftar sebelumnya, kura-kura alligator memiliki penampilan paling garang dan seram. Bukan hanya penampilannya saja, jenis kura-kura ini juga agresif dan tidak ragu untuk menggigit mangsanya bila merasa terancam dengan kondisi di sekitarnya.

Jadi, kamu perlu berhati-hati saat menggenggam kura-kura alligator. Meskipun begitu, kura-kura dengan nama latin Macrochelys Temmincki ini tetap menjadi incaran bagi beberapa kolektor hewan eksotis. Tak heran jika harga kura-kura alligator berkisar 2 hingga 6 juta. Bahkan, untuk ukuran dewasa harganya bisa sampai puluhan juta rupiah, lho! Cukup fantastis, bukan?

Nah, itulah deretan beragam kura-kura peliharaan. Dari penjelasan di atas, jenis kura-kura mana yang ingin segera kamu miliki?

Baca Juga | 7 Prospek Kerja Untuk Jurusan Biologi, Mahasiswa Baru Harus Tahu!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *