Tanggal:02 May 2024

7 Alat Baking untuk Pemula, Pecinta Kue Wajib Punya!

Halo, Sobat Vocasia si Pecinta Kue! Kira-kira kue apa, nih, yang mau kamu buat hari ini? Atau kamu ada rencana buat kue untuk akhir pekan? Nah, buat kamu yang tertarik untuk membuat kue, pasti mau mempunyai alat baking untuk pemula yang lengkap dong?

Emang sih, ada puluhan hingga ratusan alat baking di dunia, tetapi gak semuanya digunakan secara bersamaan. Plus, jika kamu memanggang kue di rumah, kamu mungkin hanya membutuhkan 5-10 alat untuk membuat resep kue.

So, buat kamu yang masih pemula atau dalam tahap belajar, gak perlu membeli puluhan alat baking untuk membuat kue. Sebagai modal awal untuk mempelajari cara membuat kue, kamu hanya perlu memilih alat baking yang kamu butuhkan.

Nah, biar kamu gak salah beli, Vocasia akan menyarankan 7 alat baking untuk pemula yang perlu kamu miliki. Yuk, dibaca sampai akhir, ya!

Alat Baking untuk Pemula yang Penting Kamu Miliki!

Berikut ini adalah 7 alat baking untuk pemula yang bisa kamu beli untuk mempelajari cara membuat kue, check it out!

1. Alas Adonan (Baking Mat)

Ilustrasi Baking Mat (Sumber: Freepik.com)

Hal pertama yang kamu butuhkan adalah alas adonan. Hal ini sangat penting terutama buat kamu yang suka memanggang roti. Pemula yang sedang atau akan belajar membuat kue wajib memiliki baking mat

Alas adonan yang populer saat ini adalah alas adonan silikon. Tidak lengket, ringan, mudah dicuci, mudah kering, dan mudah disimpan. Ketebalan bahan silikon juga luar biasa. Jadi, cocok banget buat kamu yang ingin belajar memanggang roti.

Harganya juga tidak terlalu mahal. Beberapa merek alas adonan berkualitas tinggi di pasaran memiliki kisaran harga mulai dari Rp70.000 hingga Rp150.000.

2. Timbangan (Measuring Tools)

Seperti resep lainnya, membuat kue dan roti membutuhkan dosis yang tepat. Oleh karena itu, diperlukan alat ukur yang disebut juga timbangan. Timbangan di sini bukan hanya merujuk pada timbangan pada kue besar, loh ya.

Sebagai seorang pemula, kamu bisa mulai dengan membeli measuring spoon atau sendok takar. Kamu juga bisa membeli timbangan dapur secara langsung jika membutuhkan ketelitian yang lebih.

Ada dua jenis timbangan dapur yang umum digunakan, yaitu timbangan analog dan timbangan digital. Timbangan analog lebih besar, tetapi mengukur lebih akurat dan dapat digunakan tanpa baterai. Sedangkan timbangan digital, memiliki akurasi yang berbeda (-/+ 1gr), ukuran yang lebih kecil, dan hanya dapat digunakan dengan baterai. 

Harga keduanya juga sangat bervariasi tergantung merek dan skala ukuran, mulai dari Rp50.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Baca Juga: Beda Kompor Induksi VS Kompor Listrik, Mana Yang Lebih Unggul?

3. Pengocok Adonan (Whisk and Mixer)

Ilustrasi MIxer (Sumber: Freepik.com)

Walaupun pengocok adonan bisa diganti dengan sendok atau garpu, tetapi dengan alat ini kamu dapat dengan mudah mempercepat proses pencampuran dan penyebaran adonan,

Alat ini menjadi sangat penting ketika kamu kesulitan untuk mencampur adonan bertekstur rumit seperti adonan roti yang harus kalis atau adonan telur yang harus mengembang hingga stiff peaks. 

Selain itu, kamu juga dapat membeli pengocok adonan manual yang murah dan mudah yang disebut dengan whisk. Whisk atau yang sering disebut pengocok telur bisa menjadi pilihan pertama kamu sebelum membeli mixer yang harganya lebih mahal.

4. Loyang (Baking Pan)

Adonan untuk kue dan roti harus dibentuk dalam wadah sebelum matang. Wadah ini dapat memudahkan proses pemanggangan dan menambah estetika pada kue/roti kamu. Wadah yang digunakan sebagai pencetak disebut loyang.

Loyang sendiri memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Dari lingkaran, kotak, dan persegi panjang hingga bentuk bunga dan hewan. Nah, buat kamu yang masih pemula, kamu bisa memulainya dengan membeli loyang berkualitas yang berukuran kecil/sedang, bulat/persegi, dan tentunya terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan.

Baca Juga: Franchise Holland Bakery, Roti Modern Berkualitas Premium

5. Penggilas Adonan (Rolling Pin)

Ilustrasi Rolling Pin (Sumber: Freepik.com)

Rolling pin adalah alat memanggang yang penting bagi siapa saja yang suka memanggang roti dan kue kering. Proses rolling biasanya diperlukan untuk membuat donat, bakpia, cinnamon rolls, dan aneka roti lainnya.

Kamu memerlukan penggilas adonan untuk membantu menggulung atau menggiling adonan menjadi tipis dan rata agar prosesnya lebih mudah. Adapun rolling bar memiliki berbagai jenis yang terbuat dari stainless steel, silikon, akrilik dan bahkan marmer. 

Namun, yang paling populer adalah rolling pin kayu. Rolling pin kayu tidak hanya lebih murah, tetapi juga lebih tahan lama dan tidak licin. Tetapi, kamu juga bisa memilih rolling pin berdasarkan kebutuhan dan keinginan kamu.

Jika kamu menginginkan penggulung yang ringan, tidak lengket, dan berwarna-warni, kamu dapat memilih penggulung silikon. Atau, jika kamu menginginkan rolling pin yang mudah dibersihkan, kamu bisa memilih rolling pin stainless steel atau akrilik.

Karena bahan dan ukuran yang berbeda, harganya juga berbeda. Kamu bisa mendapatkan rolling pin dengan harga mulai dari Rp20.000 hingga ratusan ribu tergantung bahan dan kualitasnya.

6. Pemanggang (Toaster Oven)

Kalau kamu ingin mempelajari cara memanggang beberapa jenis kue, pertimbangkan untuk membeli oven pemanggang roti atau toaster oven.

Tidak seperti oven besar, oven pemanggang roti berukuran kecil, mudah digunakan, dan mudah disimpan. Fungsi oven pemanggang roti juga beragam. Beberapa fitur dari oven pemanggang roti yang ada termasuk kontrol suhu, timer, indikator kematangan, dan kontrol panas atas dan bawah.

Harganya memang relatif tinggi, jadi kamu harus melakukan riset sebelum membeli pemanggang roti yang sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Baca Juga: Bisnis Roti Kekinian Dengan Buka Franchise Rokupang

7. Rak Pendingin (Cooling Rack)

Ilustrasi Colling Rack (Sumber: Freepik.com)

Last but not least, alat ini membantu kamu menyelesaikan kue atau roti sebelum disajikan. Namanya cooling rack atau rak pendingin. Seperti namanya, ini adalah rak yang mendinginkan kue dan roti panggang. 

Tahukah kamu bahwa kue dan roti membutuhkan tempat untuk menyelesaikan proses pematangannya?

Dengan kata lain, bahkan setelah kue atau roti dipanggang, kue harus didinginkan agar udara panas di dalam roti dapat keluar dengan lancar. Oleh karena itu, diperlukan rak pendingin dengan celah di bagian bawah agar bagian atas dan bawah roti/kue terekspos dan proses pemanggangan dapat terselesaikan dengan baik.

Selain itu, rak pendingin juga dapat membantu kamu menghias kue/roti kamu, loh! Mulai dari Rp30.000, kamu sudah bisa mendapatkan rak pendingin berukuran sedang (28 x 25,5 x 2 cm) yang pasti sangat cocok untuk menyelesaikan kue kamu.

Itu dia alat baking untuk pemula yang bisa kamu beli. Bagaimana? Kira-kira alat baking apa nih yang ingin kamu beli? Jangan lupa untuk membeli alat baking sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu, ya!

Hobi memasak atau membuat kue ternyata juga bisa membuatmu mengetahui potensi dirimu, loh. Seperti hobi memasak yang ternyata memiliki citra rasa lezat, dan akhirnya kamu memutuskan untuk berbisnis kuliner. Di Vocasia, terdapat beberapa pilihan kursus online terkait hobi dan lifestyle yang bisa kamu ikuti. Cek selengkapanya di sini.

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *