Tanggal:18 July 2024
Manfaat menggunakan video marketing (pexel.com/Emmanuel Ikwue)

5 Manfaat Video Marketing yang Wajib Anda Ketahui

Video Marketing adalah suatu metode pemasaran baru dalam marketing online yang menggunakan media Video. Video Marketing merupakan strategi terbaik pemasaran bisnis atau brand Anda di era digital ini. Video ini menampilkan sebuah gambar dan audio secara bersamaan agar mudah diserap audiens, sekaligus membuat audiens menjadi customer Anda.

Baca Juga : Cara Download Video Instagram Dengan Mudah

Google sendiri mencontohkan bagi setiap perusahaan yang ingin memasarkan di era digital ini, membuat konten video memang merupakan pendekatan yang bijak. Di mesin pencari seperti Google, konten video biasanya mendapat peringkat yang sangat tinggi, dan orang cenderung mengkliknya. Pemasaran video memainkan peran yang sangat penting dalam memperluas aktivitas pelanggan dan merek potensial Anda.

Baca Juga : 5 Software Editing Video Yang Lagi Rame Di Social Media

Manfaat Menggunakan Video Marketing untuk Bisnis Anda

Manfaat menggunakan video marketing (pexels.com/Orlando allo)

Manfaat menggunakan video marketing (pexels.com/Orlando allo)

  1. Mengenalkan brand dan produk

Dengan melakukan promosi video marketing terbukti efektif untuk mengenalkan sebuah produk bisnis. Banyak pembisnis melakukan promosi menggunakan media sosial seperti youtube, Twitter, Facebook. Selain menggunakan jejaring sosial, Anda juga bisa menaruh link di situs Anda agar pengunjung website dapat menonton video produk yang ditawarkan. ujuan dari video marketing adalah agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui produk bisnis Anda.

Baca Juga : 8 Aplikasi Untuk Edit Video Di HP

  1. Mampu menarik perhatian dan membangun kepercayaan

Video blog dapat memberikan gambaran secara detail mengenai layanan atau produk yang perusahaan Anda miliki kepada target market dengan durasi singkat.  Dengan demikian membudahkan seseorang. memberikan gambaran secara detail ini dapat membangun kepercayaan di dalam diri target market. Diperlukan juga menghasilkan video blog dengan kualitas bagus.

Baca Juga : Cara Agar Resolusi Video Tiktokmu Berkualitas

  1. Meningkatkan kualitas produk suatu bisnis

Video marketing ini berguna untuk menghindari dari serangan black campaign oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Anda dapat membuat video marketing berupa testimonial dari pelanggan setia Anda. Adapun Anda juga dapat membuat video produksi produk, company profil dan lain-nya. Agar calon konsumen percaya akan perusahaan dan kualitas bisnis Anda.

Baca Juga : 5 Cara Agar Video TikTok Kamu FYP

  1. Lebih menjangkau konsumen lebih luas

Video salah satu media yang lebih mudah menyebar dan viral. Dengan mudahnya video blog menjadi viral maka akan berdampak pada keefektifan pemasaran dari segi waktu. Terutama dari segi biaya yang minim. Perusahaan tak perlu lagi terlalu menghamburkan uang untuk beriklan di televisi dengan biaya selangit dalam sekali tayang. Promosi bisnis dengan cara ini juga berperan untuk meluaskan target pasar dari bisnis Anda hingga tak terbatas. Seluruh dunia dapat melihat video marketing yang telah Anda buat, sehingga potensi jangkauan pasar Anda akan menjadi sangat besar dan luas. Kemudahan dalam mengakses internet kini menjadikan kesempatan untuk mengembangkan bisnis Anda ke kancah Internasional semakin mudah.

Video marketing adalah cara yang tepat dalam mengenalkan produk yang Anda jual untuk tampil menonjol, dibanding dengan pendekatan marketing yang hanya menggunakan teks. Jika Anda membuat video marketing dengan benar, pendekatan ini akan membantu Anda untuk meraih konsumen baru serta membuat mereka menjadi konsumen yang loyal. Jadi buatlah video marketing yang bagus agar bisnis Anda cepat berkembang.

Baca Juga : 5 Jenis Konten Video Yang Dapat Menghasilkan Uang

  1. Lebih meningkatkan SEO dan email marketing

Video adalah alat yang paling mudah meningkatkan search engine optimization (SEO) bagi sebuah website. Karena video begitu mudah viral dan ditonton hingga jutaan orang. Bahkan penelitian Forrester menemukan bahwa kehadiran video pada halaman website membuatnya lebih cenderung muncul pada halaman pertama SERPs.

Selain itu email marketing juga salah satu strategi marketing yang masih paling efektif sampai saat ini. Karena email marketing langsung tertuju pada pelanggan sehingga dapat mendatangkan laba lebih pasti daripada alat pemasaran yang lain.  email marketing dapat Anda isi dengan link berupa video blog yang menarik, maka pelanggan Anda tak akan bosan untuk mendapatkan berbagai email dari Anda. Dan dalam waktu bersamaan Anda dapat lebih cepat mempengaruhi pelanggan untuk cepat bertindak.

Alasan Anda harus coba menggunakan video sebagai alat pemasaran. Bahkan pemasaran video yang bagus dan menguntungkan memang membutuhkan waktu dan proses. Selamat mengembangkan usaha Anda dan semoga berhasil!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *