Tanggal:29 April 2024

Yuk, Intip Jenis dan Manfaat Seorang Influencer

Dalam aspek pemasaran, peran tokoh publik sangatlah penting. Kamu tentu saja merasakan betul peranan tokoh yang dikenal publik sebagai penunjang keberhasilan pemasaran. Saat kamu membangun sebuah bisnis pastinya membutuhkan awareness dari masyarakat luas. Kamu perlu mengenal apa itu influencer sebagai jembatan penghubung kesuksesan aspek pemasaran. Influencer adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat luas. Misalnya saja seorang selebgram, blogger, youtuber atau public figure yang berperan sangat penting menumbuhkan awareness produk.

Baca Juga | Influencer Marketing: Pengertian, Strategi, Dan Jenisnya

Kamu tentunya mengenal beragam sosok influencer di dunia maya. Banyaknya sosok influencer tersebut tentulah memiliki pengaruh dan cirinya masing-masing. Kamu dapat menjadikannya idola sebagai bagian dari gaya hidup ke arah positif. Influencer adalah seseorang yang dianggap memiliki power dihadapan publik dalam mendongkrak kesadaran publik akan suatu brand. Hal ini dapat kamu manfaatkan sebagai bagian dari strategi jitu keberhasilan pemasaran. Dalam dunia pemasaran juga dikenal istilah influencer marketing yang berfokus pada pemasaran produk atau jasa saja. Kamu bisa menggunakan jasa influencer sebagai modal untuk membawa ketenaran pada bisnis yang sedang dibangun. Yuk, simak seluk-beluk seorang influencer mulai dari jenis hingga manfaat yang ditawarkan.

Baca Juga | 7 Instagram Tools Untuk Bisnismu

Jenis Influencer

1. Mikro

Ilustrasi Influencer Mikro (Instagram)

Influencer mikro merupakan seorang tokoh publik yang memiliki kurang lebih 10.000 followers di dunia maya. Seorang influencer tentu dikenal berkat pengikutnya di kancah maya. Pengaruh yang diberikannya dapat mengubah pandangan seseorang secara luas. Influencer pun dapat menjangkau beragam kalangan pada linimasa yang dimilikinya. Kamu dapat ikut serta menerapkan sisi positif yang ditawarkannya pada setiap postingan. Influencer mikro memang cenderung berskala kecil terutama dalam basis pemasaran. Namun, adanya influencer mikro tersebut tetap memberikan dampak sesuai sasaran yang telah ditargetkan. Contoh influencer mikro misalnya saja @herrysw, @ryandiap, dan @nabilladp.

Baca Juga | 5 Tips Memilih Tempat Pelatihan Digital Marketing Terpercaya

2. Makro

Ilustrasi Influencer Makro (Instagram)

Influencer jenis ini sudah cukup dikenal luas meskipun belum terkenal layaknya selebriti papan atas. Influencer makro biasanya memiliki jumlah pengikut berkisar 100.000 ke atas. Kamu bisa merasakan pengaruh seorang influencer saat melihat beberapa postingan di akun pribadinya. Seorang influencer dapat memberikan pengaruh besar pada sebuah kesuksesan aspek pemasaran. Influencer makro pun sama halnya influencer lain yang penuh dengan sorotan publik. Kamu bisa meniru dan menerapkan apa yang ditawarkan, namun tetap sejalan dengan diri kamu pribadi, ya. Sorotlah apa yang sesuai dan patut untuk dicoba. Hal ini karena influencer makro memiliki kapasitas yang lebih besar dibanding influencer mikro.

Baca Juga | Apa Itu Market Research?

3. Premium

Ilustrasi Influencer Premium (Instagram)

Kamu tentu saja mudah mengenali influencer premium. Influencer premium memiliki jumlah followers yang sangat banyak bilang dibandingkan influencer jenis lain. Sosoknya sangat mudah dikenal di mata masyarakat. Kamu pun tentu sudah mengenal seperti halnya Raffi Ahmad, Luna Maya, Syahrini dan lain sebagainya. Seorang premium influencer umumnya memiliki jutaan followers. Jangkauan pasar dari influencer premium luar biasa luas. Kamu bisa menargetkan berbagai jenis kalangan yang tersebar di berbagai wilayah. Dalam segi pemasaran, influencer premium terbilang sangat berpengaruh besar mendukung promosi produk. Namun, kamu tetap perlu memikirkan kesesuaian produk dengan budget yang dimiliki.

Baca Juga | Apa Itu Soft Selling?

4. Selebgram

Ilustrasi Selebgram (Instagram)

Selebram atau selebriti Instagram adalah influencer yang berfokus pada media sosial Instagram saja. Sosoknya aktif berselancar di linimasa Instagram. Kamu bisa menjumpai beragam postingannya di media sosial tersebut. Di era sekarang pengguna Instagram sudah sangatlah banyak. Kamu dapat memanfaatkan hal ini untuk meraup target pasar sebanyak mungkin. Memanfaatkan peran selebgram dalam pemasaran produk bisa menjadi solusi jitu. Kamu bisa menggunakan jasanya sebagai modal utama memperkenalkan produk yang dipasarkan. Sosok selebram seperti halnya Awkarin, Dian Pelangi, dan Rachel Vennya pasti sudah akrab di telinga kamu. Sebagai seorang pebisnis, kamu dapat menggunakan jasa influencer jenis ini, ya.

Baca Juga | 8 Tips Cara Beriklan Di TikTok Ads Dengan Mudah

5. Youtuber

Ilustrasi Youtuber (Youtube)

Saat ini Youtube menjadi platform yang banyak digandrungi berbagai kalangan. Anak muda hingga usia dewasa banyak mengakses platform ini. Peran youtuber pun sangat ikut andil di dalamnya sebagai penghibur maupun pemberi edukasi. Namun, aspek pemasaran tak luput dari genggaman peran seorang youtuber. Misalnya saja Atta Halilintar, Ria Ricis, Rachel Goddard, Naisa Alifia Yuriza, dan Deddy Corbuzier. Sosok tersebut sangat mampu memberikan pengaruh terhadap pemasaran sebuah bisnis. Kamu bisa memakai jasanya sebagai sarana memperkenalkan dan melancarkan promosi produk. Youtuber dapat membuat konten video menarik yang bisa menggugah selera penontonnya untuk ikut menggunakan produk yang ditawarkan. Tentu saja dengan kemasan berbagai gaya ciri khas masing-masing.

Baca Juga | Apa Itu Flywheel Marketing?

6. Blogger

Ilustrasi Blogger (Blog)

Peran seorang blogger juga turut andil menduduki posisi influencer. Blogger memiliki pengaruh melalui tulisan yang dibuat dalam setiap blognya. Kamu bisa memanfaatkan seorang blogger untuk melakukan promosi produk, review produk, dan memberikan penjelasan tertentu melalui tulisannya. Para pembaca pun dapat menyimak dan ikut merasakan manfaat yang ditawarkan dari produk tersebut. Kamu dapat menggandeng blogger sebagai sosok yang berperan penting pada aspek pemasaran. Contoh blogger yang bisa menjadi influencer adalah Iwan Banaran, Sonia Eryka dan Julia, serta Marius pemilik anakjajan.com.

Baca Juga | 3 Jenis Tingkatan Influencer yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat Influencer

  1. Membuat produk menjadi pusat perhatian
  2. Membuat konsumen lebih percaya akan produk yang dipasarkan
  3. Mendongkrak penjualan
  4. Menjangkau lebih banyak target konsumen
  5. Membangun kedekatan dengan konsumen
  6. Meningkatkan brand awareness

Baca Juga | Berikut Kisaran Gaji Seorang Brand Ambassador

Nah, itulah penjelasan mengenai seluk-beluk sosok influencer. Kamu bisa mempelajari berbagai jenisnya dan menerapkannya sesuai kebutuhan pemasaran. Kemudian, kamu juga bisa menyesuaikan dengan skala bisnis yang sedang digeluti. Hal ini tentu dapat menjadi tolak ukur dalam memakai jasa seorang influencer. Kamu bisa merasakan manfaatnya saat produk kamu mulai dikenal secara luas. Jangan lupa tentukan jenis influencer yang sesuai, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga | Berikut Cara Meningkatkan Omzet Penjualan

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *