Tanggal:14 June 2024

Apa Itu SEO Marketing?

SEO

Baca Juga | Pengertian Sosial Media Marketing Beserta 5 Manfaatnya

Beberapa di antara kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini, terutama bagi Anda yang memiliki website atau blog. Website merupakan salah satu platform yang digunakan oleh perusahaan/pebisnis dalam melakukan promosi barang atau jasa. Dengan SEO, website akan lebih mudah menduduki halaman pertama di hasil mesin pencari, seperti Google. Search Engine Optimization menjadi kewajiban bagi para pebisnis untuk menerapkannya sebagai salah satu strategi pemasaran. Mari kita kupas lagi SEO dengan berbagai penjelasan di bawah ini.

Baca Juga | Apa itu Target Market?

Pengertian SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah upaya yang dilakukan untuk megoptimalkan suatu website agar berada di posisi teratas mesin pencarian organik/search engine. Website bisa muncul di hasil pencarian organik (tidak berbayar) jika relevan dengan keyword yang dicari. Jika suatu website mendapat peringkat terbaik di hasil mesin pencarian, maka potensi

Baca Juga | Apa Saja Manfaat Dari Social Media Marketing? Yuk simak!

Ilustrasi SEO (techfor.id)

Manfaat Menggunakan SEO

Pada penjelasan sebelumnya sudah dibukakan mengenai tujuan dasar SEO, namun masih banyak lagi hal-hal yang akan kita peroleh dari penggunaan SEO.

1. Meningkatkan kuantitas trafik pengunjung

Search Engine Optimazation memberikan peluang besar bagi Anda untuk memperoleh jumlah trafik pengunjung yang meningkat.

Baca Juga | 7 Tips SEO Agar Jumlah Pengunjung WordPress Meningkat

2. Memperoleh trafik pengunjung yang berkualitas

Mereka yang melakukan pencarian di mesin pencarian adalah mereka yang mempunyai minat dan kebutuhan akan sesuatu, sehingga mereka yang mengunjungi website Anda memiliki potensi yang lebih besar untuk melakukan transaksi untuk produk atau jasa Anda.

Baca Juga | 5 Tips Pasang Iklan di Tokopedia Agar Jumlah Pengunjung Meningkat

3. Meningkatkan konversi bisnis

Meningkatnya jumlah trafik pengunjung membuat nilai konversi juga ikut meningkat. Jangan lupa untuk menargetkan keyword transactional untuk memperoleh pengunjung yang akan membeli produk atau jasa yang dijual.

Baca Juga | 8 Cara Mengoptimalkan Facebook page untuk Promosi Penjualan Produk

4. Menjangkau audiens yang lebih luas

Pentingnya menerapkan keyword yang informasional dan melakukan optimasi pada on page dan off page membuat website Anda akan berhasil menjangkau audiens yang luas.

Baca Juga | 6 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Blogging

5. Mendapatkan keuntungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang

Search Engine Optimization menawarkan Anda memperoleh keuntungan dalam jangka waktu panjang. Untuk itu, optimasi website harus terus dilakukan agar up-to-date jugadengan algoritma Google.

Baca Juga | 9 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online yang Harus Kamu Ketahui!

6. Membangun brand

Penting bagi pebisnis untuk selalu memperhatikan nama dan brand agar tetap eksis di tengah pasar. Hal ini jugalah yang dilakukan SEO pada website Anda dalam meningkatkan kualitas brand. Semakin sering website Anda muncul di mesin pencarian, semakin meningkat pula brand awareness pada bisnis Anda.

Baca Juga | 4 Tips Membangun Branding Bisnis Jasa, Maksimalkan Peluang yang Ada!

7. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Sebagian besar pelanggan tertarik pada website yang muncul di halaman pertama dan yang berada di peringkat teratas pada hasil pencarian mereka.

Baca Juga | 5 Tips untuk Branding Diri di Sosial Media, Ciptakan Aura Positifmu!

8. Tidak mengeluarkan biaya iklan

Dengan SEO, Anda bisa mendapat pengunjung dengan tidak membayar biaya iklan (organik) karena mereka yang mengklik website Anda bukan karena iklan.

Baca Juga | 8 Teknik yang Ampuh Beserta Panduan untuk Melakukan SEO

Cara Kerja SEO

Dengan berbagai manfaat yang dihasilkan oleh SEO pada bisnis Anda, tidak membuat cara kerja SEO semudah yang dibayangkan. Ada beberapa teknik untuk mengoptimalkan website berada di halaman pertaman mesin pencari. Search engine memiliki 3 tugas utama dalam melakukan pencarian atas keyword yang Anda masukkan, yaitu sebagai berikut.

Crawling

Crawling merupakan tahap awal dalam kerja SEO. Crawling bertujuan untuk mengumpulkan berbagai informasi dari seluruh website di berbagai halaman dan link.

Indexing

Setelah informasi terkumpul, web crawler akan menyimpan informasi tersebut pada entry list: index.

Ranking

Di sini mesin pencari akan menampilkan konten sesuai dengan hasil pencarian yang paling sesuai secara berurutan (peringkat).

Baca Juga | Lulus SMA dan Nganggur? Ini 15 Usaha Menjanjikan untuk Lulusan SMA seperti Dirimu!

Mesin pencari kemudian menggunakan aturan yang disebut algoritma untuk memastikan orang-orang yang melakukan pencarian dapat memperoleh informasi-informasi yang relevan dari berbagai sumber terpercaya. google memiliki algoritma update yang selelau mengalami perubahan mengikuti dengan perkembangan teknologi. Terdapat beberapa algoritma yang perlu Anda tahu, diantaranya:

  • Panda, yaitu algoritma yang berkaitan dengan aktivitas penyaringan, penghargaan, pemberian penalti pada website.
  • Penguin, yaitu algoritma yang berfungsi untuk mencegah terjadinya spamdexing.
  • Hummingbrid, yaitu algoritma yang menjalankan fungsi untuk menignkatkan kualitas dari algoritma panda dan algoritma penguin.

Selain itu, dalam SEO terdapat beberapa metrik yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan performa website, contoh melakukan audit pada core web vital, robot.txt, sitemap, breadcrumbs, page speed, dan sebagainya yang juga dapat Anda lihat di Google tools, yaitu Google Search Console (GSC) dan Google Analytics (GA).

Baca Juga | 6 Cara Mengoptimalkan Website

Itulah pembahasan tentang SEO yang kiranya dapat membantu Anda untuk memahami SEO beserta dengan cara kerjanya. Yang perlu diingat bahwa untuk menjadi ahli SEO memang tidak mudah, tetapi tidak dapat dipungkiri untuk kita dapat menjadi ahli di dalamnya, asal kita memiliki nilai belajar yang tinggi dan keberanian untuk mengakplikasikannya (learn by doing).

Baca JugaPengertian Google Analytics dan Cara Penggunaannya

Agar lebih paham lagi tentang SEO Marketing, kamu bisa mengikuti kursus digital marketing di Vocasia! Murah, Lengkap, Mudah dipahami!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *