Tanggal:22 July 2024
Usaha atau bisnis untuk lulusan SMA.

Lulus SMA dan Nganggur? Ini 15 Usaha Menjanjikan untuk Lulusan SMA seperti Dirimu!

Selepas lulus kuliah, orang-orang sibuk untuk mencari pekerjaan. Begitupun mereka yang baru saja lulus dari bangku SMA, dan tak memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan. Adanya hal tersebut akhirnya menimbulkan persaingan yang ketat di antara keduanya untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan mengandalkan ijazah S-1, para sarjana tersebut bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang mereka idam-idamkan. Menggeser kesempatan bagi para lulusan SMA yang juga ingin merasakan hal yang sama. Lalu, apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan pekerjaan guna menghidupi kehidupan selepas sekolahnya? Apalagi mencari pekerjaan sangat sulit dirasakan oleh mereka yang harus bersaing dengan para lulusan S-1, S-2, SMK, dan lain sebagainya yang tentunya memiliki keterampilan yang memadai?

Nah, jika kamu yang lulusan SMA merasakan pengalaman seperti di atas tak perlu cemas lagi! Banyak sekali pekerjaan yang bisa kamu jalani untuk membiayai kehidupanmu, seperti daftar usaha atau bisnis yang akan dijelaskan padamu berikut ini. Langsung saja, tanpa basa-basi, berikut 15 usaha menjanjikan untuk lulusan SMA.

1. Kasir

Seorang kasir.
Seorang kasir. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #1 yang bisa dilakukan oleh lulusan SMA sepertimu adalah dengan menjadi seorang kasir. Kamu bisa menjadi kasir dimana pun. Kelontong, minimarket, toko-toko pinggir jalan, restoran, dan lain sebagainya. Peluangnya sangat besar karena banyaknya usaha yang membutuhkan seorang kasir. Oleh karena itu, kirim CV kamu ke berbagai usaha yang membuka lowongan menjadi kasir. Dengan memutuskan menggeluti pekerjaan ini, kamu pun tak harus memiliki kemampuan lain loh! Hanya cukup pandai berhitung dan jujur, kamu sudah sangat cocok menjadi seorang kasir.

2. Les Privat

Membuka jasa les privat.
Membuka jasa les privat. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #2 yang bisa kamu lakukan sebagai lulusan SMA adalah membuka les privat. Kamu merasa bahwa kamu pandai di pelajaran matematika atau bahasa Inggris, dan pelajaran lainnya? Manfaatkan kepintaranmu tersebut untuk menghidupi dirimu sendiri dengan cara membuka les privat ini. Kamu bisa membuka les privat ke anak-anak di lingkungan sekitarmu tinggal dengan mematok harga les semaumu nih!

3. Dropshipper

Seorang dropshipper.
Seorang dropshipper. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #3 untuk lulusan SMA selanjutnya adalah menjadi seorang dropshipper. Bisnis ketiga ini sebetulnya tak membutuhkanmu untuk mengeluarkan modal sama sekali. Sayangnya, bisnis ini tak bisa kamu jadikan bisnis utama. Hal itu karena pesanan masuk yang tak bisa diprediksi dan tentu saja tak bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hidupmu. Jadi, bisnis ini cocok dijadikan sebagai bisnis sampingan saja!

Baca juga :

5 Cara Menjadi Dropshipper Di Tokopedia

Mekanisme Atau Cara Kerja Dari Dropship

4. Content Creator

Seorang content creator.
Seorang content creator. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #4 yang bisa kamu lakukan selepas lulus dari bangku SMA adalah menjadi seorang content creator. Kamu suka membuat video dan memiliki kemampuan editing? Nah, kamu bisa memanfaatkannya nih dengan menjadi content creator. Kamu bisa membuat konten video dengan tema-tema yang kamu sukai. Memang dengan memutuskan menjadi seorang content creator, kamu tak langsung mendapatkan hasil yang diinginkan, karena semua itu butuh waktu untuk dapat meraih views dan iklan yang banyak. Namun, jika kamu konsisten dan rajin membuat konten menarik, serta promosi, tentunya usahamu tersebut dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Baca juga :

Apa Itu Content Creator Dan Bagaimana Cara Membangunnya?

6 Alasan Kenapa Dibutuhkan Content Creator Dalam Promosi Bisnis

5. Customer Service atau Admin

Seorang customer service atau admin.
Seorang customer service atau admin. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #5 yang bisa kamu lakukan selepas lulus SMA adalah dengan menjadi seorang customer service (CS) atau yang lebih dikenal dengan sebutan admin. Ketika menjadi seorang CS atau admin, pastikan agar kamu memiliki keahlian komunikasi ya! Hal itu karena nantinya, CS atau admin tersebut bertugas untuk berkomunikasi langsung dengan pembeli. Nah, kamu bisa menjadi seorang CS atau admin di toko offline atau online. Kirim saja CV-mu ke lowongan CS atau admin yang tersedia ya!

Baca juga :

Perbedaan Teller Dan Customer Service, Apa Aja Ya?

6 Cara Tepat Menangani Komplain Pelanggan

6. Endorsement

Buka jasa endorsement.
Buka jasa endorsement. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #6 yang bisa kamu coba selepas lulus dari SMA adalah dengan membuka usaha endorsement. Kamu memiliki followers sosial media yang banyak? Nah, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuka usaha endorsement ini, nih! Bukalah jasa endorsement barang/produk dan jalin kerjasama dengan usah-usaha di luaran. Hanya bermodalkan sosial media, kamu sudah bisa mendapatkan uang.

Baca juga :

Mengenal Apa Itu Endorse Beserta Kelebihannya

9 Strategi Promosi Untuk Mengembangkan Bisnismu!

7. Penulis

Seorang penulis.
Seorang penulis. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #7 yang bisa kamu geluti selepas SMA selanjutnya adalah menjadi seorang penulis. Jika kamu hobi dan memiliki bakat dalam menulis cerita, maka pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu lakukan. Dengan menjadi seorang penulis, bisa saja karya yang telah kamu buat diterbitkan oleh penerbit dan cetak berulang kali, atau bahkan hingga dibuat filmnya!

Baca juga :

Yuk Mengenal Apa Itu Writer’s Block Beserta Cara Mengatasinya

5 Skill Yang Harus Di Kuasai Jika Ingin Menjadi Seorang Penulis

8. Pulsa, Kuota, Listrik

Jual pulsa, kuota, dan lainnya.
Jual pulsa, kuota, dan lainnya. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #8 untuk lulusan SMA sepertimu adalah dengan berjualan pulsa, kuota, token listrik, dan lain sebagainya. Bisnis ini memiliki prospek yang menjanjikan. Nah, kamu juga bisa memulainya nih. Kamu bisa menjualnya ke tetangga-tetanggamu atau bahkan via online dengan pembayaran melalui tranfer bank/emoney.

9. Buka Warung

Buka warung.
Buka warung. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #9 yang bisa kamu lakukan setelah lulus SMA adalah membuka warung. Warung di sini bukan warung besar yang tentunya membutuhkan modal besar. Nah, maksud warung di sini adalah warung yang menjual es kocok, sosis bakar, bakso bakar, dan lain sebagainya. Dengan menargetkan anak-anak kecil, tentunya warungmu tersebut akan laku keras!

10. Jasa Ketik dan Print

Buka jasa ketik dan print.
Buka jasa ketik dan print. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #10 yang bisa kamu lakukan selepas lulus SMA adalah dengan membuka jasa ketik dan print. Banyak siswa di luaran sama tak memiliki laptop dan harus mengerjakan tugas mereka di warnet. Nah, kamu bisa memfasilitasi mereka dengan membuka usaha ini, nih!

Baca juga :

4 Tips Agar Tidak Mudah Typo

8 Bisnis Dengan Modal Kecil, Untung Besar

11. Kerajinan Tangan

Jual kerajinan tangan.
Jual kerajinan tangan. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #11 untuk lulusan SMA selanjutnya adalah dengan menjual kerajinan tangan. Kamu suka melukis? Merajut? Membuat kerajinan dari tanah liat? Nah, juallah kerajinan-kerajinan tersebut! Kamu bisa menjualnya lewat online juga loh!

Baca juga :

Peluang Bisnis! 10 Kerajinan Tangan Yang Bisa Jadi Cuan

9 Ide Bisnis Kerajinan Kain Perca Wajib Kamu Coba!

12. Desain Grafis

Buka jasa desain grafis.
Buka jasa desain grafis. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #12 yang juga bisa kamu lakukan selepas SMA adalah dengan membuka jasa desain grafis. Jika kamu suka dan memiliki keahlian dalam mendesain, maka bisnis ini sangat cocok untukmu. Kamu bisa membuka jasa desain grafis ini ke teman-temanmu, gurumu, atau usaha-usaha lain.

Baca juga :

Langkah Awal Belajar Desain Grafis Dengan Corel Draw

5 Software Terbaik Gratis Untuk Belajar Desain Grafis

13. Driver Ojek Offline atau Online

Driver ojek.
Driver ojek. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #13 untuk lulusan SMA yang bisa kamu coba lakukan adalah dengan menjadi seorang driver ojek motor. Ketika ingin menggeluti usaha ini, pastikan agar kamu memiliki SIM berkendara ya! Nah, kamu bisa memilih nih untuk menjadi seorang driver ojek online atau ojek biasa.

14. Jasa Pengiriman

Driver di jasa pengiriman barang.
Driver di jasa pengiriman barang. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #14 ini tak berbeda jauh dengan menjadi seorang driver ojek sebelumnya. Hanya saja di sini, kamu menjadi seorang driver di sebuah jasa pengiriman. Jadi, yang kamu antarkan bukanlah orang, melainkan barang pesanan. Nah, untuk melakukan usaha ini, kamu juga harus punya SIM berkendara ya!

Baca juga :

Ini Lho Cara Franchise Ninja Express, Bisnis Yang Peluang Suksesnya Besar!

Berikut Ini Cara Franchise Anteraja, Jasa Pengiriman Jadi Pekerjaan Populer Di Masa Pandemi Covid-19?

15. Waitress

Seorang waitress atau pelayan.
Seorang waitress atau pelayan. Sumber: Pexels

Usaha atau bisnis #15 yang bisa kamu lakukan selepas lulus dari bangku SMA adalah menjadi pelayan di restoran. Di dalam melakukan pekerjaan ini, kamu tak harus punya skill khusus nih. Kamu hanya perlu bersikap ramah dengan pengunjung dan melayani mereka dengan baik.

Tertarik membuka usaha? Baca juga :

4 Peluang Usaha Menjanjikan Tahun 2021 Yang Bisa Kamu Coba!

3 Peluang Usaha Di Bidang Jasa Yang Semakin Diminati

13 Peluang Usaha Rumahan Paling Menjanjikan, Harus Coba!

13 Peluang Usaha Makanan Paling Laris 2022, Pasti Untung!

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *