Tanggal:30 May 2024

15 Oleh-Oleh Kekinian Khas Semarang Yang Wajib Dicoba

Kota Semarang adalah kota yang dikenal sebagai pusat perdagangan dan kota jasa. Banyak sekali sejarah di kota Semarang, salah satunya adalah bangunan Lawang Sewu. Selain sejarah yang terdapat di kota Semarang, kuliner-kuliner yang terdapat di Semarang juga tidak kalah menarik, lho. Kuliner-kuliner ini termasuk oleh-oleh kekinian yang wajib kamu coba. Yuk, kita intip apa aja oleh-oleh khas Semarang yang kekinian!

1. Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu
Kue Sarang Madu. Photo: Tagar.id

Kue khas Semarang ini wajib kamu coba. Kue yang berasal dari zaman kuno ini datang dari Welahan. Bahan-bahan dasar dari kue tersebut adalah tepung beras, santan, dan olesan gula merah di atasnya. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau, dengan membayar 20 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan 1 box. Relatif murah bukan?

Baca Juga: Makanan Berwarna Biru yang bikin Mood Naik, Wajib Kamu Coba!

2. Tahu Petis

Tahu Petis & Cabai Rawit
Tahu Petis & Cabai Rawit. Photo: GoTravelly

Jenis tahu yang satu ini sangat berbeda dari tahu-tahu lainnya karena isi dari tahu petis ini berisikan petis. Kamu juga wajib untuk mencicipinya dengan saus dan cabai rawit yang bikin enak dan super lezat. Petis sendiri adalah olahan yang berisikan cumi dan udang. Rasa dari petis sendiri sangat enak dan gurih, hal itu yang membuat tahu petis banyak penyukanya. Harga dari tahu petis sangat terjangkau untuk dibeli. Kamu wajib coba tahu yang gurih ini kalau ke Semarang!

Baca Juga:

3. Tahu Pong Semarang

Tahu Pong Semarang
Tahu Pong Semarang. Photo: Resep Makanan Tradisional Indonesia

Kalau tadi ada tahu petis, oleh-oleh khas Semarang juga punya jenis tahu yang berbeda, yaitu Tahu Pong Semarang. Tahu Pong sendiri berbeda karena komposisi dari tahu itu dicampur dengan bahan-bahan yang tentunya beda dari tahu biasanya. Dengan kamu sajikan bersama kecap atau cabai rawit, kamu sudah dapat menyantapnya dengan lezat. Minat coba?

Baca Juga: Makanan Pembesar Otot yang Wajib Kamu Konsumsi

4. Tumpi

Tumpi
Tumpi. Photo: RESEP.US

Makanan yang satu ini hampir mirip dengan keripik tempe, peyek dan jenis-jenis kerupuk lainnya. Oleh-oleh khas Semarang satu ini dapat kamu jadikan makanan kering yang kamu bisa berikan ke kerabat kamu jika sedang ke Semarang. Hal yang membuat unik dari tumpi adalah bahan dasar makanan ini adalah kacang hijau. Rasa dan bentuk juga memiliki kemiripan dengan peyek yang gurih dan lezat. Untuk harga, sangat terjangkau di kisaran sepuluh ribuan. Jangka waktu untuk dimakan tumpi sendiri juga lumayan lama, jadi tenang saja kalau kamu mau beli untuk oleh-oleh ya! Minat coba?

Baca Juga: Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Kamu Doyan

5. Wingko Babat

Wingko Babat
Wingko Babat. Photo: Mojok.co

Oleh-oleh khas Semarang yang satu ini terbuat dari olahan kelapa muda yang dicampur dengan tepung beras, tepung, ketan dan juga gula. Rasa dari wingko babat sendiri adalah manis yang bisa buat kamu ketagihan ingin makanin terus. Peminat dari wingko sendiri sangat banyak karena rasa yang sangat lezat bikin nagih terus. Jangan lupa, salah satu wingko yang kamu harus coba adalah wingko babat yang memiliki tulisan Cap Kereta Api. Tidak usah khawatir dengan kadaluarsa wingko, karena wingko dapat bertahan lama jika kamu ingin membawa pulang dari Semarang. Yuk cobain wingko babat!

Baca Juga:

6. Brownies Opium

Brownies Opium
Brownies Opium. Photo: Shopee

Makanan khas Semarang yang satu ini wajib kamu coba karena sangat lezat dan brownies yang satu ini ternyata tidak terbuat dari opium lho. Brownies Opium sendiri adalah nama toko yang terdapat di Semarang. Tetapi, rasa brownies di toko ini sangat lezat dan kamu wajib mencobanya. Tertarik?

Baca Juga:

7. Kopi Banaran

Kereta Jalan Kopi Banaran
Kereta Jalan Kopi Banaran. Photo: Detik Food

Tidak hanya menjual kopi, tetapi Kopi Banaran adalah wisata setempat. Mereka juga menjual banyak oleh-oleh lainnya, tidak hanya kopi. Akses untuk menuju tempat ini juga bervarian, dengan umum atau pribadi kamu dapat mengaksesnya. Kamu berminat mengunjunginya?

Baca Juga: Daftar Toko Roti di Semarang yang Wajib Kamu Coba Rotinya

8. Ayam Tulang Lunak Semarang

Ayam Tulang Lunak & Sambal
Ayam Tulang Lunak & Sambal. Photo: Facebook

Kalau hidangan yang satu ini memang sangat populer di banyak daerah di Indonesia. Tetapi, Ayam Tulang Lunak Khas Semarang ini wajib kamu coba karena banyaknya varian yang tersedia seperti ayam panggang, ayam bakar, dan ayam goreng. Harga yang relatif terjangkau juga alasan kamu harus coba oleh-oleh khas Semarang ini.

Baca Juga: Cara-Cara Kamu untuk Ternak Udang di Rumah

9. Tomat Rasa Kurma

Tomat Rasa Kurma
Tomat Rasa Kurma. Photo: MEDIAJABAR.com

Tomat rasa kurma, rasanya gimana ya? Oleh-oleh yang satu ini memang sangat unik dari namanya, tetapi bentuk dan wujudnya ternyata beneran mendeskripsikan makanan ringan yang satu ini. Biasanya, warga setempat menyebutnya torakur, singkatan dari tomat rasa kurma. Oleh-oleh ini cukup terbilang kekinian karena dari nama dan konsepnya yang sangat unik. Awal mula makanan ini dikemukakan oleh Sri Ngestiwati dan banyak sekali peminatnya karena makanan ringan ini dapat bertahan selama 5-6 bulan. Unik bukan?

Baca Juga: Buah Asal Indonesia yang Mendunia

10. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang & Cabe Rawit
Lumpia Semarang & Cabe Rawit. Photo: Endeus.TV

Kalau oleh-oleh yang satu ini sudah pasti wajib kamu harus cobain kalau kamu berkunjung ke Semarang. Rasanya tidak sah kalau kamu belum coba makanan khas Semarang ini karena oleh-oleh yang satu ini harus wajib kamu beli. Berbagai macam toko dan restoran yang sudah menjual lumpia, maka dari itu kamu wajib cobain berbagai macam lumpia. Dengan isi  yang berbeda-beda seperti daging, keju, ayam dan masih banyak lagi yang membuat lumpia sangat enak dan lezat untuk dicoba. Kamu sudah coba?

11. Bandeng Presto

Bandeng Presto. Photo: IDN Times

Olahan ikan bandeng ini merupakan salah satu oleh-oleh terkenal di Semarang. Seperti namanya. Ikan bandeng ini dimasak dengan cara dipresto agar tulang-tulangnya bisa lunak dan mudah dimakan. Jadi, kamu bisa puas menikmati rasa bandeng yang nikmat tanpa harus takut tersedak duri ikan yang banyak.

12. Tahu Bakso Ungaran

Tahu Bakso Ungaran. Photo amki.or.id

Tak hanya tahu petis dan tahu pong, terdapat oleh-oleh Semarang kekinian yang berbahan dasar tahu, yaitu tahu bakso khas Ungaran. Tahu bakso dari Ungaran ini menggunakan daging sapi asli yang membedakannya dengan tahu bakso yang lainnya. Ada dua pilihan tahu bakso yang bisa kamu coba, yakni tahu bakso goreng dan tahu bakso kukus atau rebus. Keduanya sama-sama lezat!

13. Moaci Gemini

Moaci Gemini. Photo: Liputan6.com

Oleh-oleh Semarang kekinian lainnya adalah mochi atay moaci. Dari sekian banyaknya merek mochi yang ada di pasaran, Moaci Gemini adalah yang paling populer. Di Moaci Semarang kamu bisa mendapatkan berbagai macam mochi dengan pilihan rasa berbeda mulai dari isian kacang hingga rasa buah-buahan. Ciri khas dari moaci ini adalah penggunaan biji wijen untuk membuatnya tidak lengket tanpa harus belepotan tepung.

14. Roti Brilian Semarang

Roti Brilian. Photo: GrabFood

Roti Brilian merupakan rekomendasi oleh-oleh Semarang yang kekinian. Roti yang sudah ada sejak tahun 80-an dan sudah sangat terkenal di Semarang menjual roti yang memiliki ciri khas bentuk roti yang berlapis dengan berbagai macam pilihan rasa. Beberapa contohnya seperti roti rasa cokelat, keju, almond, kismis, dan juga Oreo yang sangat nikmat dan jadi favorit banyak orang.

15. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel. Photo: detikFood

Selain Roti Brilian, roti ganjel rel juga termasuk salah satu oleh-oleh khas Semarang yang wajib kamu beli. Roti yang sudah ada sejak zaman penjajahan ini memiliki bentuk memanjang dengan tekstur alot dan bantat. Sehingga masyarakat sering menyamakannya dengan balok kayu yang menjadi bantalan rel kereta api. Walaupun teksturnya alot, aroma dari kue ini sangat khas karena menggunakan rempah seperti kayu manis ke dalam adonannya.

Itu dia 15 oleh-oleh kekinian khas Semarang yang wajib kamu beli dan coba. Pastikan kamu tahu bagaimana ketahanan makanan tersebut terlebih apabila perjalanan yang kamu tempuh memakan waktu berhari-hari. Maka dari itu, kamu harus pintar untuk memilih makanan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh dengan estimasi waktu perjalanan, ya!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *