Tanggal:14 May 2024

7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Super Ampuh!

Hayo, siapa yang punya masalah dengan bekas jerawat di wajah? Duh, bekas jerawat di wajah memang seringkali membuat kita gak nyaman dan mengganggu penampilan, ya, Sobat Vocasia. Eits, tapi jangan galau, karena masih banyak, loh, cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu lakukan untuk membuat wajahmu tampak bersih dan sehat. Wow, gimana caranya?

Nah, sebelum memutuskan perawatan wajah di klinik kecantikan, kamu bisa mencoba berbagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami di rumah, loh! Perawatan wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami tidak hanya mudah dilakukan, tetapi juga murah dan memiliki efek samping yang minim.

So, ini dia cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dari Vocasia yang simple dan pastinya bisa kamu lakukan walaupun di rumah aja! Happy reading and enjoy!

Apa Sih Penyebab Timbulnya Bekas Jerawat?

Ilustrasi Wanita dengan Bekas Jerawat (Sumber: Freepik.com)

Sebelum kamu mengetahui apa saja cara menghilangkan bekas jerawat, kamu perlu mengetahui apa penyebab dari timbulnya bekas jerawat. Bekas jerawat dapat muncul karena terjadinya hiperpigmentasi pasca inflamasi yang disebabkan oleh peradangan jerawat. Kondisi ini sangat mengganggu, terutama hiperpigmentasi, yang bisa muncul pada semua jenis kulit wajah.

Terkadang masalah jerawat ini berlangsung pada saat datangnya siklus menstruasi yang membawa jerawat baru. Duh, kalau udah begini rasanya stres banget gak sih, girls? Bekas jerawat ini biasanya muncul dalam bentuk lipatan, lubang, atau lesung di kulit. Salah satu jenis jerawat yang paling sering menimbulkan bekas adalah jerawat nodul dan kista. Namun, bekas jerawat umumnya juga bisa disebabkan oleh kebiasaan kamu yang memencet jerawat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Aman dan Ampuh Banget! 

Ilustrasi Wanita dengan Bekas Jerawat (Sumber: Freepik.com)

Ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa kamu coba, tentunya anti ribet dan simple banget! Bahan-bahan alami ini bisa kamu jadikan masker agar bisa menghilangkan bekas jerawat. Untuk lebih detailnya, Vocasia telah merangkum sederet cara menghilangkan bekas jerawat yang aman dan ampuh banget. Penasaran ada apa saja? Yuk, cus, langsung aja dibaca!

1. Menggunakan Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya (Sumber: Freepik.com)

Kamu bisa menggunakan lidah buaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat karena mengandung aloin, senyawa yang dapat mencerahkan area gelap pada kulit dan mengurangi pigmentasi kulit. Selain itu, lidah buaya juga mengandung polifenol, bahan alami yang membantu membersihkan jerawat dan bekasnya. Tanaman hijau berduri ini juga dikenal karena sifat pelembabnya yang dapat mengurangi kemerahan.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya ini sangat mudah digunakan. Pertama-tama kamu kupas kulit daunnya, kemudian ambil gel lidah buaya yang transparan, dan lumatkan. Gunakan gel ini sebagai masker dengan mengoleskannya ke bekas jerawat dengan gerakan melingkar. 

Selanjutnya, kamu diamkan selama kurang lebih 30 menit dan jangan sampai terlalu kering. Setelah itu, bilas wajah kamu dengan air bersih. Kamu bisa mengulangi cara ini sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang memuaskan!

Jika kamu tidak ingin repot mengambil ampas lidah buaya langsung dari tanamannya, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya asli yang tersedia di pasaran. Namun, pastikan kamu membeli produk yang aman dan terdaftar BPOM, ya!

Baca Juga: 10+ Rekomendasi Serum Untuk Kulit Berjerawat

2. Menempelkan Irisan Mentimun

Menurut dr. Abdurrahman Raghrib, seorang dermatologist dan dokter kulit yang dikutip dari Arabnews.com, mentimun kaya akan antioksidan, seperti vitamin A, vitamin C dan mineral magnesium, yang sangat bermanfaat untuk kulit. Selain itu, mentimun juga bisa melembabkan sekaligus menghidrasi kulit kamu. Dengan kandungan tersebut, bekas jerawat yang terdapat di wajah kamu juga bisa hilang, loh!

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan mentimun tidaklah sulit. Caranya adalah dengan memotong mentimun menjadi irisan tipis dan letakkan di bagian wajah kamu yang terdapat bekas jerawat. Biarkan kurang lebih selama 30 menit sebelum kamu membilasnya dengan air dingin. 

Jika jerawat kamu masih meradang, kamu juga bisa menggunakan timun. Berdasarkan informasi dari Healthline, minyak esensial dalam timun dapat mengeringkan dan dapat meredakan atau menenangkan jerawat saat meradang.

3. Perasan dan Irisan Lemon

Ilustrasi Lemon (Sumber: Freepik.com)

Lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kandungan vitamin C dan antioksidannya dikatakan sangat baik untuk memudarkan bekas jerawat di wajah. Lemon mengandung asam Alfa-Hidroksi Alami (AHA) yang membantu menghilangkan komedo dan bekas jerawat. AHA juga bekerja untuk mempromosikan penyembuhan dan peremajaan kulit.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon sangatlah mudah. Potong lemon menjadi dua dan peras jusnya. Selanjutnya, oleskan jus lemon ke bekas jerawat. Kemudian biarkan mengering sebelum membilas wajah dengan air bersih. Masker ini bekerja pada tingkat kulit yang paling dangkal, loh, kecuali kamu memiliki luka terbuka.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa menempelkan irisan lemon segar ke bekas jerawat kamu. Kamu bisa mengulangi perawatan ini sebanyak 2-3 kali sehari agar mendapatkan hasil yang terbaik. Tetapi sayangnya, pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari penggunaan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat karena rentan terhadap iritasi.

Baca Juga: 6 Makanan Dan Minuman Ini Bisa Mencegah Jerawat!

4. Membuat Masker Madu

Bahan alami lain yang bisa menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan madu sebagai masker wajah. Madu tidak hanya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat secara alami, tetapi juga mempercepat penyembuhan luka dan mengangkat sel kulit mati, sehingga mengurangi kemungkinan terbentuknya jaringan parut pada luka. Madu telah lama dikenal sebagai bahan pengobatan tradisional karena berbagai manfaat dan nilai gizinya.

Cara pertama menghilangkan bekas jerawat dengan madu adalah dengan mengoleskannya ke wajah. Setelah itu, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat, lalu bilas hingga bersih dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori di wajah kamu. Bagaimana? mudah banget kan cara membuatnya? 

5. Usap dengan Minyak Kelapa

Selain airnya, kamu uga bisa menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami dan efektif. Minyak kelapa mengandung antioksidan, vitamin E dan vitamin K yang mendorong perbaikan dan pertumbuhan jaringan kulit yang sehat. Ia juga memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat mencegah munculnya bekas jerawat baru.

Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan minyak kelapa, cukup gosokan satu sendok teh minyak kelapa di antara telapak tangan kamu. Kemudian, usapkan ke seluruh wajahmu, terutama bekas jerawat. Biarkan semalaman dan bersihkan keesokan paginya. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya kamu melakukannya setiap hari agar bekas jerawatnya cepat hilang.

Baca Juga: 9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

6. Menggunakan Gula Pasir

Girls, tau gak, sih? Gula pasir mengandung asam glikolat dan alfa hidroksi, yang membantu membersihkan sel kulit mati dan membantu membentuk jaringan sel yang baru. Kandungannya ini memungkinkan kamu untuk menggunakan gula pasir untuk menghilangkan bekas jerawat.

Caranya sederhana banget, kamu cukup menambahkan gula dan minyak zaitun dengan takaran 2 banding 1. Selanjutnya, kamu juga perlu menambahkan 5 tetes air jeruk lemon. Campur semua bahan jadi satu, aduk sampai rata lalu oleskan ke wajah seperti menggunakan scrub pada umumnya. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari, ya!

7. Mengoleskan Baking Soda

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda dapat menyeimbangkan pH kulit wajah kamu dan berfungsi sebagai pengelupasan alami. Dengan demikian, kandungannya dapat mengangkat sel kulit mati, membuat wajah tampak lebih segar tanpa merusak kulit di sekitar bekas luka sekaligus untuk mengurangi bekas jerawat.

Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan air. Oleskan campuran tersebut ke bekas jerawat dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Disarankan agar kamu mengoleskan pelembab wajah segera setelah menggunakan baking soda untuk mencegah kulit kamu mengering.

Baca Juga: Rekomendasi 11 Scrub Wajah Terbaik

Secara umum, berbagai bahan alami yang disebutkan di atas aman untuk digunakan pada kulit kamu. Namun, beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu. Jika kamu memiliki alergi, hentikan penggunaan segera dan konsultasikan dengan dokter, ya!

Di sisi lain, tentu butuh waktu untuk menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami. Oleh karena itu, lakukan dengan sabar, konsisten, dan alami untuk menghilangkan bekas luka wajah tersebut di atas. Keep fighting, Sobat Vocasia!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *