Tanggal:17 June 2024

6 Makanan dan Minuman Ini Bisa Mencegah Jerawat, Wajib Kamu Konsumsi!

Jerawat adalah masalah yang berada dalam kulit kamu yang sering terjadi ketika folikel rambut (tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak. Jerawat sering muncul dengan ditandainya oleh munculnya bintik-bintik di berbagai bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan juga dada. Tetapi, banyak juga jerawat di bagian-bagian tubuh lainnya, walaupun hal tersebut tidak sering terjadi dibandingkan dengan bagian-bagian yang sering seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Baca Juga : Jenis Kulit

Saat kamu sedang mengalami jerawat mau yang ringan atau berat, kamu pasti akan merasa tidak pede pada saat di keramaian atau dimanapun yang bukan di dalam lingkungan rumah. Jerawat cenderung membuat penampilanmu menjadi kurang indah karena adanya benjolan seperti memar, terutama jerawat yang berada dalam wajah dan leher kamu. Tidak hanya menggunakan obat untuk menghilangkan jerawat, tetapi dengan mengkonsumsi makanan yang kamu makan itu juga dapat mempengaruhi jerawat di tubuhmu lho. Banyak makanan yang dapat menimbulkan jerawat, tetapi apakah ada makanan yang dapat mencegah dan menghilangkan jerawat? Berikut 6 makanan yang bisa mencegah jerawat!

Baca Juga : Cara Perawatan Wajah Secara Alami Di Rumah

1.  Brokoli

Fresh Brocoli
Fresh Brocoli. Photo: Pixabay

Kamu wajib makan-makanan sehat seperti sayuran yang satu ini. Brokoli dapat membantu kamu untuk menghilangkan jerawat karena kandungan Brokoli yang terdapat vitamin dan antioksidan. Kedua hal tersebut dapat membantu kamu untuk memberikan nutrisi dan vitamin bagi kulit dan melindungi kerusakan pada kulit kamu. Jadi wajib ya kamu untuk mengkonsumsi sayuran, terutama Brokoli ini.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

2.  Alpukat

Avocados
Avocados. Photo: Pixabay

Buah Alpukat mungkin sering kamu konsumsi sebagai jus atau dijadikan saus Guac untuk Nachos. Tetapi kamu sudah tahu belum kalau Alpukat juga merupakan salah satu makanan yang bisa mencegah jerawat. Buah Alpukat sendiri sudah sering menjadi salah satu bahan untuk pembuatan produk-produk perawatan untuk kulit. Alpukat memiliki kandungan vitamin-vitamin seperti vitamin C dan vitamin E. Untuk menjaga kesehatan kulitmu seperti peradangan kulit dan kelembapan kulit, vitamin C dan vitamin E adalah jawabannya. Dengan kamu konsumsi Alpukat, dijamin kulitmu akan terhindar dari jerawat.

Baca Juga : Urutan Skincare Pagi dan Malam

3. Wortel

Fresh Carrot
Fresh Carrot. Photo: Pixabay

Sayuran ini terkenal dari manfaatnya untuk mata kita agar selalu sehat dan tidak mengalami penyakit seperti rabun dan lain-lain. Wortel ini sering digunakan untuk makanan seperti sop, tumisan sayur-sayuran, kue, dan dibuat menjadi minuman seperti jus. Vitamin yang terkandung dalam Wortel adalah vitamin A, yang dimana sangat baik untuk membantu pertumbuhan kulit dan juga mata. Karena Wortel dapat membantu kulit kamu, hal ini juga akan otomatis akan mencegah kamu dari jerawat di badan kamu. Jadi sering-sering kamu konsumsi wortel, kesempatan kamu akan ada jerawat akan sangat minim.

4.  Ikan

Salmon with Side Veggies
Salmon with Side Veggies. Photo: Pixabay

Jenis makanan yang satu ini pasti kamu pernah coba. Ikan dapat disajikan dengan di kukus, di goreng, di bakar, dan ditumis oleh berbagai macam bumbu, sayuran dan bahan-bahan lainnya. Kandungan asam lemak yaitu Omega 3 yang terdapat dalam Ikan. Ikan juga membantu tubuh kita dalam mengurangi dan meminimalisasikan terjadinya peradangan pada tubuh kita. Jadi bagi kamu yang suka makan Ikan, sudah bagus banget karena akan membantu kamu mencegah jerawat dan melindungi pertumbuhan di kulit kamu. Kalau kamu sendiri makan Ikan, sukanya di goreng atau di bakar?

5.  Air Putih

Mineral Water
Mineral Water. Photo: Pixabay

Jenis minuman ini memang sangat praktis dan gampang untuk kamu coba. Bagaimana tidak, dengan kamu sering mengkonsumsi air putih, kamu sudah membantu tubuh kamu untuk mencegah datangnya jerawat. Dalam satu hari, seseorang dianjurkan minum 8 gelas air putih, untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini juga guna mencegah kamu dari dehidrasi, karena jika kamu mengalami dehidrasi, itu sangat bahaya bagi kesehatan kamu nantinya lho. Jadi, kamu harus rutin setiap harinya mengkonsumsi air putih guna mencegah jerawat, jangan sampai minumnya kurang ya!

Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Wajah

6. Pepaya

Papaya's
Papaya’s. Photo: Pixabay

Kalau kamu sering meminum buah ini sebagai jus atau langsung kamu santap dengan di potong-potong, kamu sudah menjaga tubuhmu apalagi bagian kulit dari munculnya jerawat. Buah ini sendiri mengandungkan kandungan chymopapain dan enzim papain. Kedua kandungan tersebut dikenal dapat menangkal radikal bebas. Tidak hanya itu, Pepaya juga mengandung mineral dan vitamin yang dapat membuat kulit kamu menjadi indah, elegan dan tentunya bersih dari jerawat. Dengan kamu mengkonsumsi buah ini, kamu sudah mencukupi kebutuhan badan dan kulitmu untuk mencegah datangnya jerawat. Kamu sudah sering konsumsi Pepaya belum?

Baca Juga : Eksfoliasi Wajah

6 hal di atas merupakan hal-hal yang dapat mencegah kamu dari jerawat, dan masih banyak lagi seperti dengan tidak stres, tidak mengkonsumsi gorengan dan makanan yang dapat menimbulkan jerawat, debu dan asap, dan lain-lain. Kamu siap tidak untuk mengkonsumsi hal-hal di atas untuk mencegah jerawat?

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *