Tanggal:22 June 2024

Harus Bangga! 7 Budaya Indonesia yang Mendunia

Setiap negara tentu memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Bahkan, budaya dapat menjadi ciri khas suatu bangsa yang membedakannya dengan negara lainnya. Tak jarang bahwa ia menjadi alat atau diklaim sebagai identitas suatu bangsa. Di Indonesia, kebudayaan berupa suku, adat istiadat, pakaian, tarian, hingga senjata jumlahnya dapat mencapai dari ratusan hingga ribuan jenis. Hal tersebut merupakan dampak dari letak geografis Indonesia yang dipisahkan oleh perairan dan terdiri atas ribuan pulau. 

Baca Juga : Destinasi Wisata Lombok

Faktanya, perbedaan budaya tersebut tidak menjadikan bangsa Indonesia menjadi pecah. Namun, bumbu-bumbu konflik tetap ada dan wajar terjadi di negara dengan penduduk heterogen. Keragaman budaya tersebut, menjadikan Indonesia menjadi lebih bersinar dan dikenal di kancah internasional. Beberapa di antaranya telah tercatat oleh UNESCO dan menarik antusiasme warga negara asing.

Lalu, apa saja budaya Indonesia yang mendunia? Di bawah ini, kamu dapat menemukan pembahasan lengkap mengenai budaya Indonesia yang dikenal dan digemari di tingkat Internasional. Jika tertarik, simak hingga akhir, ya!

Baca juga: Akulturasi dan Asimilasi: Perbedaan serta Contohnya

Daftar Budaya Indonesia yang Mendunia

Pemerintah Indonesia memanfaatkan keberagaman budaya sebagai daya tarik wisatawan asing. Hal itu dilakukan sebagai upaya mendongkrak sektor pariwisata melalui sebuah seni. Maka dari itu, tak jarang ditemukan pameran-pameran budaya di beberapa titik tertentu dengan tujuan tersebut.

Baca Juga : Wisata di Indonesia Yang Wajib di Kunjungi

Tak hanya mendongkrak pariwisata, budaya yang dipertunjukkan dalam pameran tersebut juga menjadi dikenal oleh warga negara asing. Sehingga, popularitasnya lebih tinggi daripada budaya lainnya. Berikut adalah budaya-budaya Indonesia yang mendunia:

1. Batik

Batik Megamendung (Source: pixabay)

Kain batik adalah salah satu wujud kebudayaan yang terkenal di mancanegara. Bahkan, ketika nama batik disebutkan, secara otomatis WNA akan memikirkan negara Indonesia. Kain yang diukir secara khas menggunakan canting dan lilin itu, dikenal sejak zaman kerajaan majapahit. Menariknya, ia tetap awet dan digunakan oleh orang-orang di era modern ini. 

Setidaknya, setiap warga negara pasti memiliki satu batik yang dapat dikenakan. Apalagi akhir-akhir ini para desainer ternama berlomba untuk berinovasi menggunakan kain batik. Inovasi tersebut dilakukan agar warisan budaya satu ini tidak luntur terkikis zaman dan lebih digemari generasi milenial.

Baca Juga : Pantai Bagus di Jogja

2. Wayang

Warisan Budaya Wayang Kulit (Source: iStock)

Berbeda dengan batik yang termasuk dalam barang pakai, wayang merupakan warisan budaya Indonesia dari seni pertunjukan. Bahkan, seni wayang mampu menarik antusias masyarakat dunia dan tercatat di UNESCO sejak tahun 2003 silam.

Budaya ini dapat dijalankan dengan bantuan dalang dengan iringan musik yang berasal dari gamelan. Cerita wayang yang terkenal adalah kisah para punawakawan Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong.

Baca Juga : Tempat Healing di Bandung

3. Reog Ponorogo

Reog Ponorogo (Source: iStock)

Warisan budaya lainnya yang berasal dari seni pertunjukan adalah Reog Ponorogo. Kesenian yang diwujudkan dalam bentuk tarian dengan batuan topeng ini sangat dikenal di berbagai negara. Akibat keindahan dan keunikannya, ia pernah menjadi rebutan dan diakui kepemilikannya oleh negara tetangga lainnya.

Baca juga: Teknik-Teknik Alat Musik Tradisional, Ada Apa Aja Ya?

4. Tari Kecak

Tari Kecak Bali (Source: pixabay)

Kecak adalah kesenian pertujukan dari Bali yang diakui di kancah internasional. Kepopuleran tarian ini merupakan dampak kecil dari adanya pesona wisata di daerah tersebut. Tak jarang tari kecak digelar di tengah-tengah spot wisata agar keberadaannya diketahui oleh masyarakat luar. Banyak turis yang berniat menikmati keindahan pantai Bali, turut menyaksikan pertujukan tarian ini.

5. Angklung

Alat Musik Tradisional Angklung (Source: pixabay)

Angklung adalah budaya Indonesia berbentuk alat musik. Dengan demikian, ia juga termasuk dalam bagian kesenian pertunjukan. Alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan ini berasal dari Jawa Barat. 

UNESCO secara resmi mengakui keberadaannya pada tahun 2011. Setelah penganugerahan tersebut, masyarakat luar ramai berbondong-bondong ke Indonesia hanya untuk sekadar belajar angklung.

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Timur

6. Gamelan

Gamelan (Source: pixabay)

Alat musik tradisional lain yang dikenal di kancah internasional adalah gamelan. Alat musik yang berasal dari Jawa Tengah ini dimainkan dengan cara dipukul. Gabungan alat musik yang sesuai tempo akan menghasilkan irama klasik dan indah.

Akibat popularitasnya yang tak main-main, beberapa sekolah di luar negeri menyisipkan kelas gamelan sebagai mata pelajaran tertentu. Salah satu sekolah yang melakukan hal tersebut adalah New Zealand School of Music. 

Baca Juga : Makanan Khas Jawa Tengah

7. Keris

budaya indonesia yang mendunia

Kris or Keris Filipino Sword and Sheath on White Background

Berbeda dengan kebudayaan lainnya, keris adalah warisan budaya Indonesia yang berbentuk senjata tradisional. Ia dikenal dengan ciri mistis dan mengandung kekuatan magis. Ciri khas tersebutlah yang menjadi perhatian dan meningkatkan rasa penasaran masyarakat asing. 

Umumnya, keris terbuat dari bahan dasar logam dengan ujung yang tajam. Bahkan, banyak masyarakat percaya bahwa keris kuno dibuat menggunakan logam meteor yang pernah jatuh ke bumi.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap mengenai budaya-budaya Indonesia yang eksis di kancah dunia. Tentunya sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus menjaga dan juga mewarisi budaya tersebut agar terhindar dari kepunahan. Sehingga, generasi mendatang tetap dapat menikmati dan membanggakan keindahan budaya Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Baca juga: Mengenal Cancel Culture, Budaya Memboikot Orang Lain

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *