Tanggal:17 June 2024

Cara Budidaya Kacang Panjang Mudah dan Anti Gagal

Komoditas sayuran yang tidak pernah surut permintaanya, salah satunya adalah kacang panjang. Kacang panjang menjadi salah satu komoditas yang sangat menggiurkan untuk dibudidayakan. Budidaya kacang panjang menjadi salah satu jalan agribisnis yang bisa kamu coba. Cara budidaya kacang panjang pun sangat mudah dilakukan. Terlebih kamu bisa melakukannya di rumah dengan lahan yang tersedia. Pastikan kamu menetapkan metode cara tanam kacang panjang yang benar, ya.

Kacang panjang menjadi sayuran yang disukai banyak orang. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan cara budidaya kacang panjang. Kamu hanya dituntut sabar dalam merawat setiap tanamannya agar tumbuh dengan baik. Pastikan asupan nutrisi untuk pertumbungan kacang panjang cukup. Nantinya kamu akan melakukan panen dan meraup keuntungan yang menggiurkan. 

Baca Juga :

Cara Budidaya Kacang Panjang 

1. Persiapkan benih kacang panjang

Ilustrasi Benih Kacang Panjang (pexels)

Benih kacang panjang yang kamu tanam harus berkualitas baik dan terbebas dari bibit hama penyakit. Kamu bisa membeli benih kacang panjang dari pasaran atau toko pertanian yang sudah tersertifikasi. Hal ini dapat membuktikan dan meningkatkan kepercayaan kamu dalam membeli benih. Pembelian benih dari pihak pembenihan umumnya sudah terstandar dan berkualitas baik. Kamu hanya perlu memperhatikan kondisi keutuhan kemasan dan masa expired. Pastikan semuanya dalam keadaan layak dan utuh, ya.

  • Ciri-ciri benih kacang panjang yang baik 
  1. Memiliki daya kecambah tinggi (>80%). Saat kamu membeli benih kemasan, perhatikan berapa besar daya kecambahnya.
  2. Berasal dari sumber yang murni dan tidak tercampur dengan jenis atau varietas kacang panjang lain. Pastikan kemurniannya tinggi (<98%).
  3. Memiliki daya vigor (kecepatan tumbuh) tinggi yang baik.
  4. Memiliki tampilan biji berwarna cerah, mengkilat, padat (tidak keriput), bernas, dan bebas dari serangan hama atau penyakit.
  5. Bersih dan tidak tercampur dengan kotoran, kerikil, benih gulma, atau lainnya.
  6. Memiliki ukuran yang seragam.

Baca Juga :

2. Persiapkan lahan kacang panjang

Ilustrasi Ketersediaan Lahan (pexels)

Sebelum memulai budidaya kacang panjang, sediakan lahan yang cukup dan sesuai, ya. Kamu perlu memastikan bahwa lahan yang digunakan sudah benar-benar sesuai untuk pertumbuhan kacang panjang. Sebab, kacang panjang membutuhkan tanah yang subur, gembur, dan mengandung bahan organik tinggi untuk menunjang pertumbuhannya. Jangan asal pilih lahan dengan kondisi tanah yang kurang baik. Hal ini dapat memicu lambatnya pertumbuhan kacang panjang.

  • Cara menanam bibit kacang panjang
  1. Buat lubang tanam sedalam 4 cm dengan lebar diameter 3 cm.
  2. Kamu bisa memilih jarak tanam kacang panjang sekitar 30X70 cm.
  3. Masukkan 2 butir benih ke dalam lubang.
  4. Tutup kembali benih tersebut dengan tanah.
  5. Sirami dengan air agar tanah menjadi lembap dan bisa ditumbuhi oleh benih yang baru ditanam.
  • Cara perawatan kacang panjang

Kamu perlu merawatnya dengan menyiapkan pasokan air yang cukup. Kemudian berikan secara bertahap per harinya. Tambahkan pupuk yang dapat membuat kacang panjang tumbuh dengan subur. Jangan terlalu berlebihan dalam melakukan penyiraman pupuk ataupun air, ya. Sesuaikan saja dengan jumlah benih kacang panjang yang kamu tanam. Dan lakukan pengecekan secara berkala agar ketersediaan air tetap cukup menyuburkan tanah.

Baca Juga :

3. Pemupukan kacang panjang

Ilustrasi Pemberian Pupuk (pexels)

Pupuk kacang panjang yang disarankan adalah pupuk organik. Sebab, pupuk organik bisa menggemburkan tanah dan menjaga kualitas tanah agar tetap baik. Selain itu, pupuk organik untuk budidaya kacang panjang bisa meningkatkan kandungan bahan organik dan mikro organisme di dalam tanah. Kondisi tanah pun menjadi lebih sehat. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memberikan pupuk yang mengandung bakteri baik, unsur hara makro dan mikro lengkap, serta terbuat dari bahan organik.

Baca juga :

Itulah penjelasan tentang cara budidaya kacang panjang. Kamu bisa mempelajari dan menerapkannya dengan baik. Kacang panjang dapat tumbuh subur saat kamu memperhatikan kondisinya dengan tepat. Pastikan tanah, air, pupuk telah sesuai agar kacang panjang mampu berkembang dan tumbuh dengan subur, ya. Jangan biarkan kacang panjang tidak terurus. Kamu harus rajin merawat dan menjaga kesehatannya. Selamat mencoba budidaya kacang panjang!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *