Tanggal:02 May 2024

Yuk, Kenali Jenis-jenis Masker Wajah beserta Manfaatnya!

Saat ini sudah banyak sekali ragam produk skincare yang beredar di pasaran. Yap, salah satunya yaitu masker wajah. Masker adalah produk yang sudah digunakan sejak zaman dahulu kala untuk membantu merawat kulit wajah. Selain itu, maskeran juga dianggap sebagai self-care paling munjur untuk merelaksasi dan memulihkan kulit setelah beraktivitas seharian.

Namun, seiring dengan berkembangnya produk skincare, produk masker kini juga telah banyak mengalami perkembangan. Berbagai jenis masker bermunculan menjadi lebih variatif. Setiap jenisnya juga memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati setiap permasalahan kulit.

Untuk itu, sebelum membeli, pastikan kamu mengetahui jenis-jenis masker wajah beserta manfaatnya supaya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Artikel ini akan membahasnya lebih detail. Baca sampai selesai, ya!

Baca Juga | Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Bahan Alami, Yuk Coba!

Jenis-jenis masker wajah beserta manfaatnya

Dengan menjamurnya produk masker wajah yang membanjiri pasar, hal ini tentu akan menimbulkan pertanyaan “masker mana yang terbaik?”. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah ketahui jenis kulit kamu. Kemudian cari masker yang khusus dibuat untuk jenis kulit kamu. Pasalnya, semuanya kembali ke kondisi kulit masing-masing individu.

Untuk itu, berikut adalah jenis-jenis masker wajah beserta manfaatnya yang perlu kamu ketahui agar tidak salah memilih:

Baca Juga | Cara Perawatan Wajah Secara Alami Di Rumah

1. Clay mask

JENIS MASKER WAJAH

Beauty and healthcare. Woman in spa salon

Clay mask adalah masker yang terbuat dari beberapa jenis tanah liat. Bagi kamu kaum kulit berminyak, masker ini bisa menjadi pilihan. Hal itu karena bahan yang terkandung seperti tanah liat bentonit dan kaolin memiliki manfaat untuk mengangkat kotoran, membersihkan sel kulit mati, mengecilkan pori, dan menyerap kadar minyak berlebih, lho.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Setelah mencuci muka dan mengeringkannya, kamu bisa mengoleskan clay mask ke seluruh wajah. Lalu tunggu beberapa saat hingga masker wajah tersebut mengering. Setelah itu, kamu bisa membersihkan masker wajah ini dengan handuk atau sponge wajah yang sudah dicelupkan ke air hangat.

Meskipun jenis masker ini ampuh untuk menyerap minyak berlebih, kamu tak boleh menggunakannya setiap hari, ya. Cukup digunakan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Baca Juga | Apa Itu Eksfoliasi Wajah Dan Bagaimana Cara Melakukannya?

2. Sheet mask

JENIS MASKER WAJAH

source: pexels

Sheet mask adalah masker wajah berbentuk lembaran yang terbuat dari serat alami, seperti katun. Lembaran masker dengan lubang bibir, mata, dan hidung ini biasanya mengandung serum sebagai bahan utamanya. Ia memiliki kandungan dengan konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi dibandingkan krim wajah topikal (oles). Itulah yang membuat jenis masker ini lebih diperuntukkan untuk si kulit kering. Walau pada dasarnya semua jenis kulit dapat memakainya.

Ada berbagai manfaat sheet mask yang dipercaya memberi efek positif untuk kecantikan kulit wajah. Mulai dari mengencangkan kulit, mencegah timbulnya jerawat, hingga menyamarkan garis-garis halus di wajah. Kenyataannya, manfaat sheet mask yang utama adalah melembapkan kulit wajah secara intensif. Hal ini tak terlepas dari kandungan asam hialuronat, ceramide, dan antioksidan yang paling banyak terdapat pada sheet mask.

Sheet mask juga dianggap sebagai jenis masker paling praktis karena cara penggunaannya sangat mudah. Kamu hanya perlu menempelkan produknya ke wajah selama 15-20 menit sampai kandungannya dapat meresap sempurna ke kulit. Sayangnya, jenis masker ini dikenal memiliki harga yang lebih pricey dibandingkan dengan jenis masker lainnya.

Baca Juga | 9 Rekomendasi Skincare Lokal Untuk Kulit Kering

3. Mud mask

source: pexels

Mud mask adalah masker wajah berbahan dasar lumpur yang mengandung beragam mineral. Jenis masker ini biasanya diolah dari lumpur laut atau lumpur abu vulkanis.

Meski sekilas mirip dengan clay mask, mud mask memiliki kandungan air lebih banyak sehingga mampu menghidrasi kulit lebih baik. Untuk itu, masker jenis ini cocok untuk semua jenis kulit.

Cara penggunaan mud mask sama dengan clay mask. Perbedaannya, jika clay mask berfungsi menyerap minyak, mud mask cenderung menghidrasi kulit lebih baik.

Baca Juga | 11 Rekomendasi Skincare Lokal Untuk Kulit Berminyak Dan Kusam

4. Jenis masker wajah peel-off

Jenis masker wajah peel-off ini biasanya berwujud krim atau gel yang akan mengering dalam waktu beberapa menit setelah diaplikasikan ke kulit. Ketika sudah kering, masker ini bisa dikelupas dengan mudah karena berbentuk elastis.

Masker ini berfungsi untuk mengangkat segala sesuatu yang berada di lapisan kulit paling atas pada wajah, seperti minyak, kotoran, komedo, sel kulit mati, dan tergantung pada kandungannya.

Peel-off mask tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif karena proses pengelupasan masker dapat membuat kulit perih, bahkan iritasi.

Baca Juga | Yuk, Simak Cara Memperbaiki Skin Barrier Yang Rusak!

5. Exfoliating mask

Exfolating mask berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit.  Bahan aktif yang digunakan untuk eksfoliasi bisa berupa bahan kimia maupun bahan alami. Biasanya, exfoliating mask yang beredar di pasaran memiliki kandungan AHA, BHA, dan Lactic Acid.

Kandungan AHA dan Lactic Acid diperuntukkan untuk kulit kering, sedangkan BHA diformulasikan untuk kulit berminyak

Jenis masker ini sebaiknya tidak digunakan berlebihan, terutama untuk pemilik kulit sensitif karena bisa menimbulkan iritasi.

Baca Juga | 10 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

6. Jenis masker wajah wash-off

Wash-off mask biasanya berupa krim, gel, atau bubuk yang dilarutkan dengan air. Sesuai namanya, wash-off mask digunakan dengan cara mengaplikasikannya ke kulit, lalu membilasnya dengan air hangat.

Kandungan asam salisilat, asam glikolat, sulfur, dan charcoal pada masker ini lebih cocok digunakan untuk kulit berminyak. Sedangkan masker wajah dengan bahan asam hyaluronic, shea butter, lidah buaya, atau mentimun lebih cocok untuk kulit kering. Jadi, perhatikan kandunganya terlebih dulu sebelum membelinya.

Baca Juga | 11 Cara Ampuh Mengatasi Bibir Hitam, Cobain Yuk!

7. Sleeping mask

Jenis masker yang awalnya booming di Korea ini dapat digunakan sebelum tidur. Teksturnya berbentuk krim atau gel yang digunakan dengan cara diaplikasikan ke seluruh kulit wajah. Tak perlu dibilas, tunggu sampai masker meresap sempurna ke wajah.

Sleeping mask bermanfaat untuk menghidrasi kulit dan menyegarkan kulit menjelang tidur.

Itu dia beberapa jenis-jenis masker wajah yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga | Cara Perawatan Wajah Secara Alami di Rumah

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *