Tanggal:13 May 2024

Yuk Ikuti Tips-Tips Ini Untuk Memijat Diri Sendiri!

Saat kamu sedang lelah dan badan kamu terasa pegal-pegal dan sebagainya, istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan dan obat juga tidak cukup. Terkadang, hal lainnya seperti dengan memanjakan tubuhmu dengan pijat adalah salah satu solusi yang kamu butuhkan!

Setelah kamu memanjakan badan kamu untuk dipijat, kamu akan merasa lebih segar, nyaman, rileks dan tenang. Badan kamu seperti habis bangun tidur yang sangat rileks dan segar pada pagi hari. Biasanya, pijat dilakukan oleh seorang masseuse yang memijat tubuh anda. Pijat sendiri dimakan waktu sebanyak satu jam hingga 2 jam, tergantung paket pijat yang kamu ambil di tempat spa atau pijat yang kamu datangi. Tetapi, kalau pijat harus dipijat oleh seorang masseuse ya? Tentu tidak!

Kamu tahu tidak, bahwa kamu tidak harus dipijat oleh orang lain? Tetapi kamu juga bisa memijat badan kamu sendiri? Betul! Dengan kedua tangan dan pergerakan yang terjadi dalam seluruh tubuhmu, kamu dapat melakukan pijat kepada tubuhmu secara mandiri, tanpa harus meminta tolong atau pergi ke tempat spa atau pijat. Lalu, langkah apa saja sih dan tips yang harus kamu lakukan saat kamu ingin memijat badan kamu sendiri? Yuk kita lihat bareng!

Mempersiapkan List Kegiatan Pijat Yang Akan Dilakukan

Handuk, minyak, pakaian yang akan digunakan merupakan alat-alat yang dibutuhkan sebelum kamu pijat
Handuk, minyak, pakaian yang akan digunakan merupakan alat-alat yang dibutuhkan sebelum kamu pijat. Photo: Pixabay

Langkah pertama adalah untuk menulis apa saja yang harus kamu lakukan dan persiapkan. Seperti alat-alat yang perlu digunakan, pakaian yang akan digunakan jika kamu ingin, langkah-langkah pijat yang harus kamu lakukan, sampai persiapan dan penyelesaian terhadap pemijatan. Karena kamu akan melakukan hal ini sendiri, sangat penting untuk kamu mempersiapkan list kegiatan pijat yang akan kamu lakukan agar kamu nantinya tidak bingung dan sudah tahu apa yang harus dilakukan. Jangan lupa juga untuk alat-alatnya ya!

Baca Juga : Ketahuilah Manfaat Shiatsu Massage Dari Jepang

Mandi Air Hangat

Setelah itu, kamu harus mandi terlebih dahulu. Hal ini agar badan kamu bersih dan rileks sebelum kamu pijat. Kamu ingin badan kamu tidak tegang dan pikiran kamu sedang berat. Dengan mandi, kamu akan terasa lebih tenang dan segar sebelum pijat, karena hal itu yang dibutuhkan saat kamu sedang pijat. Dijamin badan dan pikiran kamu akan terasa lebih mantap kalau kamu mandi. Jangan lupa juga untuk menggunakan air hangat saat kamu mandi, karena kalau terlalu dingin atau panas, badan kamu tidak akan rileks nantinya.

Keringkan Tubuh

Saat kamu sudah selesai mandi dengan air hangat, siapkan handuk dan keringkan tubuh dari air-air yang tersisa. Sabun atau shampoo yang digunakan juga jangan lupa untuk dibilas dan dikeringkan dengan handuk agar badan kamu bersih dari air, sabun dan kotoran lainnya.

Pakai Pakaian Yang Cocok Untuk Pijat

Massage with candles
Massage with candles. Photo: Pixabay

Pakaian yang harus kamu gunakan saat pijat itu harus seminimal mungkin, terutama pada saat kamu dipijat oleh seorang masseuse. Hal ini agar saat badan kamu dipijat, gampang sekali untuk yang memijat melakukan pijatan pada bagian-bagian yang akan dipijat pada tubuh kamu. Contohnya punggung, lengan, kaki, dan lain-lain. Saat kamu memijat diri sendiri, kamu juga memakai pakaian yang cocok. Seminimal mungkin yang kamu butuhkan walaupun kamu memijat badanmu sendiri.

Siapkan Minyak atau Krim Pijat

Siapkan minyak ataupun krim pijat untuk memijat badan kamu. Jangan lupa untuk menyiapkan hal ini karena minyak atau krim dapat membantu kamu memijat badan kamu lebih rileks.

Oleskan Minyak atau Krim Pijat

Setelah kamu sudah menyiapkan minyak atau krim untuk pijat, oleskan-lah kepada bagian-bagian yang akan kamu pijit. Contohnya lengan, kaki, paha, punggung, dan lain-lain. Pastikan kamu mengoles minyak atau krim dengan meratakan ke seluruh bagian-bagiannya agar minyak dan krim tersebut teraplikasikan dengan benar.

Pijat Bagian Atas Tubuh

Pijat Bagian Kepala
Pijat Bagian Kepala. Photo: Pixabay

Bagian atas tubuh seperti kepala, telinga, pundak, leher dan bahu adalah bagian-bagian yang wajib kamu pijat. Hal ini agar badan bagian atas kamu dapat menjadi rileks dan tidak pegal. Kepala kamu juga tidak akan pusing dan menjadi ringan setelah kamu pijat. Bagian kepala juga sangat penting, karena pikiran kamu juga harus dimanjakan dengan pijatan.

Pijat Perut dan Punggung

Setelah pijat bagian atas, kamu dapat melanjutkan kepada bagian perut dan punggung. Jangan lupa juga oleskan minyak atau krim pijat di perut dan punggung kamu ya. Terutama pada bagian punggung, kamu bisa gunakan bola atau dinding untuk menjadi aplikasi kamu pijat bagian tersebut, karena akan sulit jika kamu menggunakan tangan sendiri. Kalau untuk bagian perut, kamu seharusnya tidak mengalami kesulitan karena tangan kamu dapat digunakan pada bagian tersebut.

Baca Juga :

Pijat Lengan dan Kaki

Sama halnya dengan bagian perut, kamu dapat memijat bagian lengan dan kaki dengan mudah. Tinggal menggosok secara perlahan setelah kamu sudah mengaplikasikan bagian-bagian tersebut dengan minyak dan krim pijat. Lakukan secara berkala selama beberapa menit agar tangan dan lenganmu dapat merasakan pijat dari tangan kamu. Setelah selesai, kamu biarkan selama beberapa menit dan kamu dapat mengulanginya secara bertahap.

Pijat Tangan dan Kaki, Termasuk Kedua Telapak

Pijat Bagian Tangan
Pijat Bagian Tangan. Photo: Pixabay

Untuk bagian terakhir, pastinya alat yang digunakan selama kamu memijat badan kamu juga butuh dipijat kan? Terutama pergelangan tangan kamu yang sudah digunakan secara berkala selama sesi pijat diri sendiri. Jangan lupa untuk memijat bagian tangan dan telapak tangan kamu menggunakan tangan sebelahnya secara bergantian. Lalu, pijat juga bagian kaki dan pergelangan kaki agar tidak pegal.

Selamat Mencoba!

Baca Juga :

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *