Tanggal:22 July 2024

4 Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnismu!

Ilustrasi penggunaan influencer untuk bisnis (pexels.com/Liza Summer)

Apa Itu Influencer?

Baca Juga | Apa Itu Conversion Rate dan Bagaimana Cara Mengoptimasinya 

Influencer adalah mereka yang dianggap memiliki pengaruh atau impact yang kuat untuk followersnya dan pastinya yang memiliki jumlah followers cukup banyak di sosial media. Misalnya, selebgram, youtuber, artis, mereka bisa bisa dikatakan influencer berdasarkan populiritas, keahlian serta reputasi yang dimiliki.

Influencer marketing merupakan pilihan strategi pemasaran online yang bisa diandalkan oleh perusahaan. Salah satu alasan pemilik bisnis mengajak para influencer bekerja sama adalah untuk meningkatkan brand awareness dan bisa pula untuk meningkatkan penjualan sesuai target pasar yang ditentukan.

Cara Memilih Influecer yang Tepat

Ilustrasi cara memilih influencer yang tepat (pexels.com/plann)

Ilustrasi cara memilih influencer yang tepat (pexels.com/plann)

1. Jumlah Followers

Baca Juga | 5 Cara Jadi Selebgram

Hal yang penting yang bisa Anda lihat yaitu jumlah followers dan seberapa banyak jumlah potensial yang ingin diajak bekerja sama. Maka dari itu, pilihlah influencer yang memiliki banyak followers dan pastinya followers yang didapatkan bukan memakai jasa beli follwers yaa tapi murni memang followers aktif karena hal ini akan berpengaruh pada stategi pemasaran.  Dengan melihat jumlah followers, membuat pemasar dapat mengestimasi seberapa banyak sekiranya audiens yang akan melihat pesan tersebut.

2. Engagement

Baca Juga | Pentingnya Engagement Rate untuk Bisnis Online

Selain jumlah followers, engagement juga sangat penting. Anda perlu mengetahui bagaimana keterlibatan audiens pada postingan bisnis Anda. Untuk melihat hubungan ini caranya, Anda dapat melihat perbandingan jumlah likes dan komen yang ada pada setiap postingan influencer.  Jika influencer memiliki jumlah followers jutaan tetapi hanya mendapatkan likes kurang dari 100 dan komentar 10 saja, Anda perlu mempertanyakan hal tersebut.

3. Relevansi Brand

Baca Juga | 4 Tips Membangun Branding Bisnis Jasa, Maksimalkan Peluang yang Ada!

Langkah selanjutnya, relevansi atau keterkaitan brand. Caranya Anda dapat memilih influencer yang bergerak dibidang industri yang sama terutama yang memang terjun pada spesifikasi bidang yang sama.

4. Tracking Akun Sosial Media yang Dimiliki

Baca Juga | Apa Itu Google Analytics dan Bagaimana Cara Menggunakannya

Perhatikan akun social media dari influencer yang Anda pilih. Umumnya masyarakat memiliki lebih dari social media seperti Instagram, Facebook, Twitter. Maka carilah influencer yang memiliki pengaruh di banyak media sosialnya. Carilah seorang pemasar perlu untuk membuat strategi pemasaran media sosial mana yang paling cocok untuk digunakan dan bagaimana cara penyampaian pesan yang tepat dari tiap medial sosial tersebut agar bisa mencapai target market yang sudah ditentukan.

Baca Juga | Memahami Perbedaan KOL dengan Influencer

Penting untuk mengidentifikasi karakter tiap influencer dan followers-nya. Karena ada yang tergolong selebritas dan bagus untuk membangun awareness ada pula yang tergolong ahli atau opinion leader yang lebih tepat untuk memperkuat kredibilitas brand, bahkan menarik perhatian media massa.

Manfaat Menggunakan Influencer Marketing

1. Membangun kepercayaan

Baca Juga | Apa Sih Arti Value Proposition Itu? Simak Tips dan Contohnya di Bawah Ini, Ya!

Salah satu manfaat influencer tidak hanya  mempromosikan sebuah brand, namun juga membangun kredibilitas terhadap brand tersebut. Dengan begitu, kepercayaan followers akan terbangun dan mereka cenderung akan membeli produk dari brand tersebut. Konsumen dapat melihat kualitas produk Anda dan secara tidak langsung ebenarnya influencer juga ikut membangun kepercayaan masyarakat terhadap brand Anda.

2. Menentukan target pasar

Baca Juga | Tertarik Berbisnis Mie level Pedas? Buruan Cek Penjelasan Franchise Mie Kober di Bawah Ini!

Influencer memiliki platform media sosial yang berbeda-beda, sehingga Anda juga dapat memanfaatkan keuntungan ini dengan membuat target pasar yang berbeda-beda. sesuaikan jenis media sosial yang digunakan oleh influencer pilihan agar target promosi Anda tercapai.

3. Mendapatkan feedback

Baca Juga | 6 Contoh Feedback Positif dari Pimpinan Perusahaan

Feedback ini dapat dilihat dari jumlah likes, komentar, dan interaksi yang dilakukan oleh influencer pilihan Anda saat mereka mengunggah konten produk Anda. Dengan adanya feedback, Anda bisa mengevaluasi produk atau jasa Anda berdasarkan kritik dan saran yang ada.

4. Meningkatkan penjualan

Baca Juga | 9 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Online, Omzet Dijamin Naik!

Menggunakan influencer dalam strategi pemasaran perusahaan dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Maka carilah influencer yang terpecaya untuk mempromosikan produk atau jasa, maka followers akan mempertimbangkan postingan dan menarik untuk membeli.

Itulah penjelasan singkat tentang influencer marketing dan manfaatnya untuk bisnis Anda. Semoga setelah membaca artikel ini Anda sudah bisa menentukan influencer seperti apa yang akan dipilih untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Tertarik ingin belajar digital marketing lebih dalam bersama ahlinya? Ikut Kursus Online Digital Marketing di Vocasia saja! daftar sekali, untungnya berkali-kali. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *