Tanggal:17 May 2024

Yuk, Simak Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak!

Kamu mempunyai permasalahan kulit? Jangan dibiarkan begitu saja ya. Kesehatan kulit harus tetap dirawat dengan baik. Kulit yang sehat adalah investasi di hari tua. Kerusakan kulit atau skin barrier umumnya kerap terjadi. Skin barrier adalah bagian dari lapisan atas kulit yang disebut dengan stratum korneum.

Baca Juga : Jenis Kulit

Cara memperbaiki skin barrier tergolong mudah untuk kamu lakukan sendiri di rumah. Dengan keadaan terbaiknya, skin barrier akan melepaskan lapisan atasnya yang mana membuat kulit terkelupas secara alami dengan sendirinya. Skin barrier yang sehat juga akan menjaga kelembapan kulit supaya tetap utuh serta melindungi alergen agar tidak masuk dan menyebabkan iritasi. 

Namun, skin barrier yang kurang sehat akan menimbulkan beragam kerusakan. Kerusakan tersebut seperti kondisi kulit yang mudah terkelupas. Kamu pun harus sigap mengatasi kondisi tersebut dengan cara memperbaiki skin barrier. Kulit yang terkelupas dapat disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya alergi. Saat kamu mengalami kondisi skin barrier, umumnya kulit akan berwarna merah dan mudah iritasi.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah di Rumah

Penyebab skin barrier dapat terjadi karena stres, penuaan, genetik, terlalu sering mencuci muka, dan paparan polusi. Kamu dapat memperbaiki skin barrier yang rusak dengan merawatnya sendiri. Bagaimana caranya? Berikut cara memperbaiki skin barrier yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga : Cara Melakukan Eksfoliasi

1. Temukan akar masalahnya 

Ilustrasi Melihat Wajah Kusam (pexels)

Saat kamu merasa skin barrier mulai meradang, saatnya temukan akar masalah secara tepat. Kamu bisa mengingat secara bertahap akar permasalahannya, ya. Mulai dari stres, paparan polusi, kurang tidur, atau hal yang lain. Kamu perlu menemukan akar masalahnya terlebih dahulu. Hal ini akan membantu kamu menemukan solusi secara tepat. Sehigga kemudian hari, permasalahan yang sama tidak akan terulang pada kulit kamu. Pahami kulit kamu dengan baik.

2. Batasi frekuensi cuci muka 

Ilustrasi Membersihkan Muka Secukupnya (pexels)

Kamu perlu mengurangi frekuensi cuci muka dan jangan terlalu berlebihan. Saat kamu terlalu sering membersihkan muka, hal itu dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan menyebabkan lebih banyak kerusakan. Oleh karena itu, cucilah wajah kamu paling sedikit 1 atau maksimal 2 kali sehari. Kamu juga bisa menggunakan air hangat serta produk pembersih wajah yang lembut dan ber-ph rendah. Dengan begitu, kulit kamu tetap bisa sehat dan terawat dengan baik.

Baca Juga : Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Kering

3. Kurangi mencoba skincare baru 

Ilustrasi Tetap Menggunakan Skincare Lama (pexels)

Mencoba skincare baru memanglah godaan terbesar saat kulit rusak. Namun, kamu harus bisa menahan diri untuk tidak melakukannya saat skin barrier sedang tidak baik-baik saja. Hal ini bertujuan untuk mencegah iritasi yang semakin parah dan reaksi berlebihan akibat bahan-bahan yang terkandung di dalam produk skincare baru. Kamu tetap dapat merawat kulit dengan penggunaan skincare seperti biasanya. Memastikan kulit menjadi sehat lebih baik jika dibandingkan mudah tergiur, namun berujung manyun. Bersabarlah agar tidak memperburuk peradangan pada kulit kamu, ya.

Baca Juga : Merek Skincare Lokal Yang Bagus

4. Buat rutinitas skincare secara sederhana

cara memperbaiki skin barrier

Ilustrasi Pemakaian Produk Skincare Sederhana (pexels)

Cara memperbaiki bahkan mengatasi skin barrier yang rusak adalah tidak menggunakan produk skincare secara berlebihan. Saat kamu suka menggunakan skincare secara berlapis-lapis, hentikanlah kebiasaan tersebut. Buatlah rutinitas skincare harian kamu menjadi sederhana. Kamu bisa dengan hanya menggunakan basic skincare untuk mengurangi iritasi pada kulit. Ingat, kamu hanya boleh menggunakan 3M dalam memperbaiki skin barrier yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi. Kamu bisa memilih menggunakan face wash, pelembap, dan sunscreen untuk keseharian.

Baca Juga : Urutan Skincare Pagi dan Malam

5. Memperbaiki gaya hidup

cara memperbaiki skin barrier

Ilustrasi Gaya Hidup Sehat dengan Olahraga (pexels)

Kamu bisa memperbaiki skin barrier dengan menerapkan pola hidup sehat. Mengubah pola hidup akan membawa dampak positif untuk kulit kamu juga, loh. Tidak dipungkiri, rasa lelah ataupun stres hingga kurang tidur juga bisa menjadi penyebab skin barrier yang rusak. Kamu bisa mencoba memperbaikinya dengan mengatur pola makan, rutin berolahraga, dan cukup tidur. Saat kamu rutin melakukan cara memperbaiki skin barrier, efeknya adalah perubahan pada kulit akan semakin sehat. Produk skincare pun akan bekerja secara efektif karena perlindungan kulit telah meningkat. Ini saatnya untuk kamu mulai memperbaiki gaya hidup!

Baca Juga : Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

Nah, itu dia penjelasan seputar cara memperbaiki skin barrier yang rusak. Kamu bisa menerapkannya pada rutinitas perawatan kulit yang kerap dilakukan. Pastikan menggunakan skincare dengan benar dan jangan berlebihan. Atur porsi skincare sesuai dengan kondisi kulit kamu. Dan mulai ubah gaya hidup secara lebih sehat. Mengatur gaya hidup sehat sangat penting kamu terapkan untuk mendapatkan dampak positif yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *