Tanggal:14 May 2024

Yuk, Ketahui Jenis Kulit Kita!

Merawat kulit adalah salah satu bentuk self-love yang sering dikampanyekan akhir-akhir ini. Pada dasarnya, kita memang perlu merawat seluruh anggota tubuh sebagai bentuk mencintai diri sendiri. Tak ketinggalan, kulit pun membutuhkan perawatan ekstra agar terhindar dari masalah kulit tertentu. Itulah mengapa memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat menjadi dambaan semua orang.

Jenis kulit wajah

Source: Pexels

Faktanya, kunci dalam perawatan kulit wajah bukan terletak pada mahal atau tidaknya produk skincare yang kamu gunakan. Salah satu kuncinya adalah memahami kebutuhan kulit wajah dan mengetahui jenis-jenis kulit wajah yang kamu miliki. Hal ini dilakukan agar kamu tidak salah dalam menerapkan produk dan perawatan kecantikan.

Baca juga: Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Yang Benar

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda dan bisa berubah seiring bertambahnya usia. Faktor lain yang dapat mempengaruhi jenis kulit bisa dipengaruhi juga oleh faktor genetik, penyakit tertentu, faktor lingkungan, misalnya paparan sinar matahari, debu, dan polusi berkepanjangan. Kebiasaan tertentu juga bisa mengubah jenis kulit, contohnya merokok dan mengonsumsi minuman alkohol.

4 Jenis Kulit Wajah yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut adalah beberapa faktor yang menentukan jenis kulit seseorang:

  • Kandungan air yang mempengaruhi elasitas kulit
  • Kandungan minyak atau sebum yang mempengaruhi kelembutan dan sensitivitas kulit
  • Tingkat kepekaan kulit terhadap bahan atau zat tertentu

Nah, berdasarkan beberapa faktor di atas, jenis kulit dapat dibagi menjadi beberapa kategori, antara lain:

1. Kulit wajah normal

Source: Pexels

Pemilik wajah normal patut bangga karena cenderung terhindar dari berbagai masalah kulit dan tentunya lebih mudah untuk dirawat. Jenis kulit ini memiliki keseimbangan antara kandungan air dan minyak sehingga memiliki kekenyalan yang pas, tidak terlalu kering tetapi juga tidak terlalu berminyak.

Baca Juga: Apa Itu Eksfoliasi Wajah

Cara mengetahui jenis kulit wajah normal

Cara mengetahui jenis kulit wajah normal adalah dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  • Kulit wajah normal memiliki warna kulit cenderung merata
  • Memiliki tekstur yang rata dan halus
  • Pori-pori wajah tidak begitu tampak
  • Wajah bebas dari komedo, jerawat, noda merah, dan masalah kulit lainnya
  • Tidak ada sensitivitas yang berlebihan

2. Kulit wajah berminyak

Source: Pexels

Sesuai dengan namanya, jenis kulit ini memiliki kandungan minyak atau sebum yang berlebih. Sehingga menyebabkan wajah tampak mengkilap dan licin. Pada dasarnya, sebum dihasilkan secara alami oleh kelenjar minyak atau kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit dan berfungsi untuk mengunci kelembaban kulit. Namun dalam kasus ini, produksi sebum berlebih dapat menyebabkan beberapa masalah kulit. Tingginya produksi sebum juga dipengaruhi oleh faktor genetik, perubahan hormon, dan stres.

Baca Juga: 8 Cara Memulai Usaha Kosmetik

Cara mengetahui jenis kulit wajah berminyak

Untuk mengetahui apakah kulit kamu termasuk jenis berminyak atau tidak,  kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Rentan terkena jerawat
  • Pori-pori membesar
  • Wajah tampak kusam dan mengkilat
  • Masalah komedo dan bruntusan

Merawat jenis kulit berminyak biasanya lebih susah dan menguras lebih banyak waktu. Itulah mengapa kaum kulit berminyak perlu berhati-hati saat merawat kulit. Untuk merawatnya gunakan pembersih yang lembut dan cuci wajah tidak lebih dari dua kali sehari. Jangan lupa untuk mencari label noncomedogenic pada produk perawatan kulit dan kosmetik yang tidak akan menyumbat pori-pori. Kemudian hindari juga produk pembersih wajah yang mengandung deterjen dan gunakan sabun pencuci muka yang lembut yang mengandung gliserin.

Baca juga: 7 Merek Skincare Murah Tapi Kualitas Gak Murahan, Lokal Punya!

3. Kulit wajah kering

Source: Pexels

Berbeda dengan kulit berminyak, kulit kering justru cenderung tampak bersisik, bertekstur, dan permukaan kulit terlihat kasar. Saat menggunakan make up pun akan terlihat crack. Hal ini disebabkan karena kurangnya produksi sebum atau minyak.

Cara mengetahui jenis kulit wajah kering

Cara mengetahui jenis kulit wajah kering adalah dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pori-pori yang hampir tidak terlihat
  • Terlihat agak kusam dan kulit kasar
  • Bercak merah
  • Kulit terasa kurang elastis
  • Garis halus yang lebih terlihat

Kondisi ini diperburuk dengan perubahan hormonal, cuaca, mandi air panas yang berkepanjangan, hingga kandungan dalam produk perawatan kulit. Untuk itu, kamu perlu menghindari faktor-faktor yang dapat memperburuk masalah kulitmu, contohnya dengan memperhatikan kandungan produk perawatan yang hendak kamu beli. Kamu bisa memilih skincare yang memiliki kandungan hyaluronic acid, karena khasiatnya ampuh untuk mengunci kelembaban kulit kamu.

Baca Juga: 4 Tantangan Bisnis Kosmetik

4. Kulit wajah kombinasi

Yang terakhir adalah jenis kulit kombinasi, yang mana adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Seseorang dengan jenis kulit ini cenderung berminyak di T-zone yaitu hidung, dahi, dan dagu, serta sedikit kering di area yang berbeda. Untuk itu, kulit kombinasi membutuhkan perawatan yang sedikit berbeda di area yang berbeda.

Cara mengetahui jenis kulit wajah kombinasi

Pemilik jenis kulit ini biasanya memiliki:

  • Pori-pori yang terlihat lebih besar dari biasanya karena lebih terbuka
  • Komedo
  • Kulit mengkilap

Cara untuk merawat kulit wajah kombinasi adalah dengan menggunakan produk pembersih dan pelembap yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit wajah kombinasi. Produk ini mampu mengurangi kadar minyak di daerah zona T sekaligus melembapkan area pipi. Bersihkan wajah 2 kali sehari secara rutin. Hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung alkohol, asam salisilat, dan benzoil peroksida. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

Itu dia beberapa jenis kulit yang perlu kamu ketahui. Bagaimana? Apakah kamu sudah mengetahui jenis kulit yang kamu miliki? Apa pun jenis kulitnya, jangan lupa untuk selalu gunakan sunscreen atau tabir surya, ya! Karena tabir surya berguna untuk melindungi kulit kita dari bahayanya serangan sinar ultraviolet. Dan, merawat kulit adalah salah satu bentuk rasa syukur atas apa yang diberikan-Nya. Jadi, jangan malas untuk merawat kulit ya, sobat Vocasia!

Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Ikuti 5 Cara Ini untuk Menerima Diri Sendiri agar Terjauh dari Insecurity

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *