Tanggal:15 May 2024

Kilas Balik Para Pemenang Indonesian Idol, Dimana Mereka Sekarang?

Siapa sih yang tidak tahu ajang kompetisi menyanyi yang sangat populer tidak hanya di Indonesia, tapi di luar negri! Indonesian Idol yang merupakan spin-off dari ajang kompetisi American Idol ini sudah berada sejak tahun 2004 di Indonesia. Selama 11 musim, banyak sekali kontestan yang memiliki bakat yang sangat luar biasa, mulai dari suara yang sangat asik dan pop banget, sampai lagu-lagu ballad yang dapat mereka tampilkan saat sedang menyanyi.

Setiap musimnya, Indonesian Idol akan memiliki 2 finalis terakhir di episode final atau yang biasa diketahui sebagai Grand Final. Sejauh ini, terdapat 6 perempuan yang menjuarai Indonesian Idol dan 5 laki-laki. Beberapa dari pemenang ini memiliki karir musik yang sampai sekarang masih berjalan, dan ada juga yang sudah tidak beredar lagi di dunia permusikan. Kira-kira, para pemenang-pemenang Indonesian Idol sekarang kesibukannya apa aja ya?

1. Joy Tobing – Delon (Season 1)

Joy Tobing
Joy Tobing. Photo: Instagram

Joy Tobing adalah pemenang pertama pada musim pertama di ajang Indonesian Idol. Secara resmi, hasil voting Joy Tobing pada Grand Final tersebut menyatakan bahwa ia adalah pemenangnya dan mengalahkan Delon. Tetapi, Joy telah melanggar kontrak dan selang beberapa bulan setelah pelanggaran tersebut, Delon dijadikan sebagai pemenang Indonesian Idol Season 1. Joy dan Delon sendiri sudah tidak beredar dalam dunia musik di tanah air dalam beberapa tahun belakangan ini.

2. Mike Mohede – Judika (Season 2)

Mike Mohede
Mike Mohede. Photo: Instagram

Di musim kedua, para finalis pastinya sangat populer bagi masyarakat Indonesia, tidak hanya fans Indonesia. Kualitas suara yang dimiliki oleh Mike dan Judika merupakan puncak dari bakat-bakat yang terdapat pada seluruh kontestan di musim kedua. Pada akhirnya, Mike Mohede menjadi sang juara dan Judika harus puas pada posisi runner-up. Mike yang memiliki karir musik sangat sukses tentunya juga Judika ini terus mewarnai dunia musik tanah air setelah selesainya musim kedua. Pada 2016, Mike meninggal dunia karena jatuh sakit. Berita ini pastinya sangat sedih dan terpukul bagi kerabat dan fans dari Mike. Untuk Judika, iya sempat menjadi salah satu juri di Indonesian Idol pada musim sembilan yang diadakan pada tahun 2018.

3. Ihsan Tarore – Dearly (Season 3)

Ihsan Tarore
Ihsan Tarore. Photo: Instagram

Musim ketiga tidak kalah serunya dari kedua musim sebelumnya! Sebelum ke tahap Grand Final, tiga kontestan terakhir yaitu Ihsan, Dearly dan Ghea merupakan kontestan yang sangat kompetitif dari seluruh kontestan yang terdapat pada musim itu. Pada Top 3 kali ini, banyak sekali prediksi yang mengatakan semua peluang dapat terjadi karena kualitas dari mereka sangat bagus dan stabil sepanjang Babak Spektakuler. Tetapi, Ghea-lah yang harus keluar sebagai Top 3 Indonesian Idol pada musim ketiga dan Ihsan dan Dearly melaju ke babak final. Pada Granda Final, Ihsan memenangkan perolehan sms di atas Dearly dan menjuarai Indonesian Idol musim ketiga. Ghea sendiri sudah lama tidak terlihat di dunia musik tanah air. Tetapi untuk Ihsan dan Dearly, Ihsan masih fokus pada karir musiknya sedangkan Dearly dalam beberapa tahun belakang sempat terlihat di sinetron dan ftv, serta merilis lagu pada 2020 silam dengan judul ‘Disaat Kau Pergi’.4.

Baca Juga :

4. Rinni Wulandari – Wilson (Season 4)

Rinni Wulandari dan Jevin Julian
Rinni Wulandari dan Jevin Julian. Photo: Instagram

Rinni membuat sejarah pada musim keempat Indonesian Idol. Bagaimana tidak, Rini menjuarai ajang ini sebagai kontestan wanita pertama yang berhasil melaju ke babak final sejak Joy Tobing dan memenangkannya diatas Wilson. Suara Rinni yang sangat luar biasa membuat dirinya memenangkan musim ini secara telak dan menjanjikan. Rinni sendiri sekarang sudah menikah dan membuat grup musik bersama suaminya Jevin Julian yang berjudul ‘Soundwave’.

5. Aris – Gisel (Season 5)

Gisella Anastasia
Gisella Anastasia. Photo: Instagram

Pertarungan antara kontestan laki-laki dan perempuan kembali terjadi di babak final Indonesian Idol musim kelima. Aris yang bertarung melawan Gisel untuk gelar kelima ini sangat emosional dan kompetitif antar kedua kontestan. Pada akhirnya, Aris yang tadinya hanya seorang pengamen, berhasil menang atas Gisel. Tetapi, setelah musim kelima ini selesai, Gisel yang malah memiliki karir lebih dahsyat dari Aris hingga saat ini.

6. Igo – Citra (Season 6)

Citra Scholastika
Citra Scholastika. Photo: Instagram

Untuk keempat kalinya pada musim keenam Indonesian Idol, pertarungan antara kedua kontestan laki laki dan perempuan kembali terjadi. Ini juga merupakan kali ketiga dalam tiga musim berturut-turut fakta ini terjadi. Kali ini Igo dan Citra akan saling bertarung untuk memperebutkan titel juara pada musim keenam Indonesian Idol. Tetapi, bakat seorang Igo dapat membawanya sebagai juara pada musim ini di atas Citra. Tetapi, Chitra sendiri memiliki karir lebih dengan single ‘Everybody Knew’.

7. Regina – Sean (Season 7)

Regina Ivanova
Regina Ivanova. Photo: Instagram

Sejarah kembali terjadi di musim ketujuh Indonesian Idol. Regina Ivanova dan Kamasean menciptakan sejarah sebagai dua kontestan perempuan pertama yang berhasil menuju babak final. Sebelumnya, hanya ada babak final yang berisikan kedua kontestan laki-laki, tidak pernah perempuan. Banyak sekali masyarakat bahkan juri sudah memprediksi bahwa mereka berdua-lah yang akan melaju ke babak final. Kedua kontestan memiliki suara yang sangat luar biasa dan lagu-lagu yang mereka bawakan cenderung menjadi lebih indah dalam versi mereka. Tetapi hasil harus menyatakan hanya ada satu pemenang. Regina Ivanova keluar sebagai juara dan mengalahkan Kamasean. Musim ini menjadi salah satu musim yang bersejarah di seluruh penayangan Indonesian Idol.

Baca Juga :

8. Nowela – Husein (Season 8)

Nowela
Nowela. Photo: Instagram

Kualitas dan bakat yang dimiliki Nowela membuatnya juara pada musim kali ini. Banyak sekali orang yang menyebut bahwa Nowela memiliki suara yang sangat unik karena bernuansa rock banget! Husein yang juga memiliki suara rock tidak mau kalah dengan Nowela. Tetapi, hasil menyatakan Nowela yang berhasil keluar sebagai juara pada musim kedelapan ini.

9. Maria – Abdul (Season 9)

Maria Simorangkir
Maria Simorangkir. Photo: Instagram

Setelah vakum empat tahun lamanya, Indonesian Idol kembali digelar. Di musim kesembilan ini, banyak sekali kontestan dalam babak spektakuler yang memiliki masa depan dalam karir musik yang menjanjikan. Tapi pada babak final, Maria dan Abdul yang berhasil menjadi finalis. Maria akhirnya menjuarai musim kesembilan ini atas Abdul. Tetapi, kedua kontestan bukanlah yang satu-satunya memiliki karir musik yang cemerlang. Marion Jola dan Brisia Jodie juga memiliki karir musik pasca Idol yang sangat menjanjikan.

Baca Juga :

10. Lyodra – Tiara (Season 10)

Tiara dan Lyodra
Tiara dan Lyodra. Photo: Instagram

Musim kesepuluh yang digelar tahun lalu ini menjadi musim yang sangat unik dan fresh. Hal ini karena kedua finalis masih berusia sangat muda dan memiliki suara yang sangat luar biasa untuk usia mereka. Pada akhirnya, Lyodra berhasil menjuarai Indonesian Idol musim kesepuluh atas Tiara. Setelah Idol, mereka memiliki karir musik yang sangat cerah dan menjanjikan dengan respons publik atas lagu-lagu yang mereka telah rilis. Kamu sudah dengar belum?

11. Rimar – Mark (Season 11)

Rimar
Rimar. Photo: Instagram

Pada musim yang baru saja digelar tahun ini, Rimar berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Mark di babak final. Rimar juga berhasil menciptakan sejarah dan melanjutkan tren kontestan wanita yang berhasil menjuarai Indonesian Idol dalam 5 musim berturut-turut.

Musim favorit kamu yang mana nih?

Baca Juga :

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *