Tanggal:27 April 2024

Seperti Apa Contoh dari Surat Keterangan Kerja?

Era globalisasi kini sudah berkembang terutama dalam bidang teknologi. Memberikan kemudahan untuk kita semua mengakses apa saja. Pada dunia pekerjaan, saat ini perusahaan ataupun lembaga melakukan perekrutan pegawai tak lagi dilakukan secara manual.

Seiring berjalannya waktu, mereka sudah meninggalkan cara lama. Perekrutan dilaksanakan secara online yang dapat diakses pada situs pencari kerja seperti loker.id, karier.com, jobstreet, maupun jobseekers. Untuk para pencari kerja, hal ini meminimalisir pengeluaran.

Baca Juga | 6 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Freshgraduate Harus Tahu!

Tak hanya itu, kita dapat lihat perekrutan selama 24 jam di mana pun. Sehingga, hal itu menjadi lebih efektif dan efisien. Nantinya, bila si pelamar masuk kriteria, perusahaan akan menghubungi untuk langkah berikutnya. Tahap interview pasti tak lagi dilakukan secara tatap muka, beralih secara online melalui aplikasi Zoom ataupun video call.

Akan tetapi, kamu harus mempersiapkannya dengan matang. Apalagi surat keterangan kerja yang akan jadi prioritas utama untuk dilihat oleh perusahaan. Kamu jangan asal menulisnya, ya! Sebelum membuat, carilah referensi contoh surat keterangan kerja di internet.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, tenang saja. Vocasia akan memberikan penjelasannya secara detail. Yuk, simak hingga akhir!

Baca Juga | 5 Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja Yang Menarik

Apa itu Istilah Surat Keterangan Kerja?

Ilustrasi Surat Lamaran Pekerjaan (Pixebay)

Surat keterangan kerja ataupun surat pengalaman kerja merupakan dokumen yang digunakan oleh seseorang untuk menunjukkan atau memverifikasi riwayat pekerjaan seorang karyawan yang saat ini sedang bekerja atau mantan pegawai. Jika pegawai tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut, kita dapat meminta surat keterangan kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat kita bekerja sebelumnya.

Surat ini akan sering digunakan untuk melengkapi persyaratan pekerjaan di tempat kerja baru. Surat keterangan kerja tidak terbatas pada mantan pegawai yang ingin mencari pekerjaan saja, pegawai yang masih bekerja dapat meminta izin untuk berbagai keperluan. Contohnya seperti mengajukan beasiswa, membuat visa, membuat rekening bank, melakukan pinjaman di bank, dan lainnya.

Baca Juga | Apa Itu Etos Kerja? Penting Banget Untuk Karier Lho!

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Penulisan Surat Kerja

Ilustrasi Penulisan Surat (Pixebay)

1. Harus ditulis sendiri

Jika kamu menginginkan pekerjaan, jangan sesekali orang lain yang menuliskan surat keterangan kerja. Surat yang tidak ditulis oleh kamu dapat dianggap merugikan diri sendiri. Bahkan, kandidat dapat dicap sebagai individu yang tidak jujur oleh perusahaan.

Baca Juga | Apa Itu Copywriter? Profesi Bergengsi Dan Kekinian Bagi Generasi Milenial

2. Tulis menggunakan bahasa yang baik dan tepat

Secara umum, hampir setiap perusahaan atau industri menginginkan surat keterangan kerja dengan bahasa yang tepat dan sesuai. Dengan menggunakan bahasa ini, pelamar kerja akan lebih dihargai ketika bekerja untuk perusahaan.

Baca Juga | 6 Tips Menulis Kreatif Yang Benar Bikin Tulisan Jadi Lebih Unik!

3. Format penulisan tidak boleh berantakan

Hal ketiga yang perlu kamu perhatikan saat menulis keterangan kerja adalah jangan menulisnya sembarangan. Apalagi jika kamu menulis menggunakan tulisan tangan, kemungkinan besar tulisan tangan tersebut sangat sulit untuk dipahami. Selain itu, pelamar kerja harus menjelaskan dengan jelas tujuan penulisan surat ini.

Baca Juga | Mulai Tulis Artikel Ilmiah Kamu Dengan 5 Cara Mudah Ini!

4. Mempersiapkan dan melengkapi semua dokumen

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, saat menulis surat keterangan kerja, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan. Hal ini untuk mendukung keaslian surat lamaran, pengalaman, dan kemampuan kandidat.

Baca Juga | Yuk Mengenal Apa Itu Journaling Dan 11+ Manfaatnya Untuk Kita

Langkah Membuat Surat Keterangan Kerja

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Surat (Unplash)

  1. Kamu dapat membuat surat kerja menggunakan Microsoft Word atau Google Documents.
  2. Salah satu aplikasi ini, kamu buka. Lalu, buat kop surat yang menyertakan logo, nama, dan alamat perusahaan.
  3. Kemudian, tulis frasa “SURAT KETERANGAN KERJA” dalam huruf kapital dengan garis bawah (underline) di tengahnya.
  4. Di bawah surat sertifikat, tunjukkan nomor surat yang tertera.
  5. Kemudian, tuliskan nama dan identitas penulis surat. Jika tidak ingin mencantumkan nama dan identitas penulis surat, kamu juga dapat mengganti nama perusahaan sebagai perwakilan penulis surat.
  6. Tulislah kalimat “sebenarnya tunjukkan” atau “jelaskan” dilengkapi dengan titik dua (:).
  7. Selanjutnya, masukkan nama, jabatan, dan identitas. Lengkap dengan penjelasan bahwa pegawai tersebut pernah bekerja atau sedang bekerja di perusahaan.
  8. Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal pertama kali kamu tiba di tempat kerja dan tanggal tidak bekerja lagi, atau kalimat “to date” untuk karyawan yang masih bekerja di perusahaan tersebut.
  9. Tutup surat dengan kalimat terakhir, tempat, tanggal penulisan, tanda tangan, dan nama serta gelar penulis surat.
  10. Setelah menyelesaikan surat kerja, tambahkan stempel dalam surat tersebut dan mintalah perusahaan untuk melegalkannya sebagai bentuk surat yang sah.

Surat keterangan kerja tanpa stempel atau legalisasi perusahaan sering kali dipertanyakan keabsahannya. Untuk itu, kamu harus benar-benar memastikan bahwa surat keterangan kerja dilegalisir dan dicap dengan stempel perusahaan.

Baca juga | 7 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Contoh Surat Keterangan Kerja

Beberapa Contoh Surat Kerja (Pixebay)

Contoh surat keterangan kerja yang sering sekali digunakan oleh masyarakat, diantaranya:

1. Surat Keterangan Kerja untuk NPWP

Pembuatan NPWP (Google)

PT. Multitalenta Sejahtera
Ruko Sinar Garuda, Kav 5 Jalan Sinar No 56 Bandung, Jawa Barat

Surat Keterangan Kerja
Nomor : RM/01/12/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dewi Anggraini
NIP/NIK: 98765789
Jabatan : Supervisor
Istansi: PT Multitalenta Sejahtera
Alamat : Ruko Sinar Garuda, Kav 5 Jalan Sinar No 56 Bandung, Jawa Barat

Menerangkan bahwa :

Nama: Surita
NIP/NIK: 0297HJT
Tempat/Tanggal Lahir: Yogyakarta, 7 Juli 1993
Alamat: Kompleks Perumahan Kencana Raya 60, Bandung

Telah bekerja sebagai Asisten Supervisor di Multitalenta Sejahtera selama 8 tahun terhitung sejak Desember 2007 sampai dengan Desember 2015. Surat keterangan kerja ini dibuat sebagai syarat pengajuan pembuatan NPWP oleh saudari Surita.

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 10 Desember 2015

Supervisor,
Serita Alesia

Baca Juga | NPWP: Pengertian, Golongan, Fungsi, Dan Jenisnya

2. Surat Keterangan Kerja untuk Kuliah

Perkuliahan (Pixebay)

PT Optimis Maju Sukses
Jl. Dr. Wara Wiri No.02, Yogyakarta-Indonesia
Telp/Fax : 0274-55713475 Email : optimismajusukses@gmail.com

SURAT KETERANGAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:  Alex Chandra
NIP/NIK: 98765789
Jabatan : Direktur
Instansi: PT. Optimis Maju Sukses

Dengan ini menerangkan :

Nama: Greysia
Jabatan: Sekretaris
Perusahaan : PT. Optimis Maju Sukses

Bahwa yang bersangkutan adalah benar karyawati PT Optimis Maju Sukses sejak 14 April 2016 sampai sekarang. Kami menerangkan bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti jadwal kegiatan di kampus pada tanggal 15-16 Desember 2017 dikarenakan masih bekerja.

Demikian surat ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 10 Desember 2017

TTD & Materai

Alex Chandra
Direktur

Baca Juga | Kuliah Sambil Kerja? Berikut Cara-Cara Membagi Waktunya!

3. Surat Keterangan Kerja untuk Pembukaan Rekening Bank

Pembukaan Rekening (Pixebay)

SURAT KETERANGAN KERJA

Kepada
Yth. Kepala Cabang Bank Rakyat Indonesia
Cabang: Kota Jakarta

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Ahmad Lutfi
Jabatan : Direktur Bank Rakyat Indonesia

Menerangkan bahwa:

Nama: Sintia Dwi Safitri
Jabatan: Staff Keuangan
No. KTP: 8371765673312201
Alamat: Jl. Central Asia no 30, Jakarta Pusat

Adalah benar bekerja di Bank Rakyat Indonesia di Jalan Utama Bakti 58, Jakarta. Yang bersangkutan sudah bekerja sejak 10 Mei 2007 sampai saat ini.

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat dan ditandatangani sebagai syarat pembukaan rekening Bank Internasional.

Jakarta, 13 Mei 2022

Ahmad Lutfi
Direktur Bank Rakyat Indonesia

Baca Juga | Apa Itu Virtual Account? Pengertian, Manfaat, Dan Cara Kerjanya

4. Surat Keterangan Kerja untuk Pengajuan KPR

Pengajuan KPR (Pixebay)

(Kop Surat)

PT. RUMAH ABADI
Jalan Perumnas Raya Kav 2 No.6 Bekasi Utara

Telp 0271 7089876 Fax. 0271 234323

SURAT KETERANGAN KERJA
No: 01/SKK/PT.RJA/12/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini
Nama : Rendy Sulistiawan
Jabatan : Direktur PT Rumah Abadi

Dengan ini menerangkan bahwa:

Nama : Ridwan Maulana
Alamat : Jl. Sahid Raya 26, Bekasi
NIP : 7730SRTED
Jabatan : Staf Administrasi PT Rumah Abadi

Saudara Ridwan Maulana adalah benar-benar karyawan tetap kami yang bekerja di PT. Rumah Aadi. Yang bersangkutan sudah bekerja sejak 1 Januari 2008 hingga saat ini. Surat keterangan kerja ini diterbitkan sebagai persyaratan pengurusan KPR. Semua hal yang berkaitan dengan pembayaran atas tagihan KPR menjadi tanggung jawab pegawai tersebut.

Demikian surat keterangan kerja ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Hormat Kami

Direktur
PT Rumah Abadi

Rendy Sulistiawan

Nah, itulah informasi mengenai ruang lingkup surat keterangan kerja beserta contoh yang sering digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya dari Vocasia!

Baca Juga | 11 Kriteria Umum Nilai Berita Menurut Para Ahli

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *