Tanggal:17 May 2024
Ilustrasi CEO atau pimpinan perusahaan - @pixabay.com

Demosi Karyawan, Berikut Definisi dan Penyebabnya!

Apa sih yang dimaksud oleh demosi karyawan? Kamu sudah tahu belum nih? Kalau belum, yuk kita cari tahu bareng-bareng! Demosi adalah sebuah istilah yang dipakai untuk memindahkan seseorang karyawan dari jabatan yang lebih tinggi menuju jabatan yang lebih rendah, atau dapat disebut juga dengan kebalikannya dari promosi. 

Lalu, tujuannya sendiri untuk apa sih? Demosi sendiri memang jarang sekali dilakukan, tetapi pada perusahaan-perusahaan tertentu yang menemui beberapa kasus sulit, dan mengharuskan karyawan tersebut untuk demosi karena penurunan kinerjanya, tentu saja harus melakukannya. Manfaat dan tujuannya sendiri adalah untuk memberhentikan karyawan secara halus yang memungkinkan karyawan tersebut akan keluar dari pekerjaannya. 

Lalu, penyebabnya ada apa aja sih? Yuk kita cek bareng-bareng di list berikut ini!

1. Karyawan Tidak Menunjukan Kinerja Yang Baik di Posisinya

Kalau seorang karyawan sudah tidak menunjukan kinerja yang seharusnya dimiliki, maka demosi mungkin akan terjadi kepada karyawan tersebut. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki kinerja yang stabil agar terhindar dari demosi. 

Baca juga: Keuntungan jika perusahaan memilih Go public

2. Karyawan Menunjukan Kinerja Yang Buruk 

Selain kinerja yang tidak stabil dan menurun, karyawan juga dapat menunjukan kinerja yang buruk. Berbeda sekali dengan kurang dan buruk. Kalau buruk , kemungkinan karyawan itu di-demosikan sangat tinggi, dibandingkan dengan karyawan yang memiliki kinerja yang kurang. Karena kalau kurang, karyawan tersebut masih bisa meningkatkannya.

3. Bentuk Upaya Mendisiplinkan Karyawan Karena Melakukan Pelanggaran 

Demosi juga dapat diterapkan untuk mendisiplinkan karyawan karena mendapatkan SP atau pelanggaran dari atasan. Jika karyawan selalu melakukan kesalahan yang cukup fatal dan mendapatkan pelanggaran terus menerus, mungkin tidak salah untuk memberikan demosi kepada karyawan tersebut.

4. Pengurangan Karyawan Karena Bisnis Merugi

Perusahaan tidak selalu berada di atas, terkadang di bawah. Tetapi hal tersebut tergantung dari kinerja semua karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut. Kalau kinerjanya bagus pasti tidak merugi, sebaliknya pun begitu. Kalau perusahaan merasa harus mengurangkan, maka demosi dapat diterapkan agar tidak merugi lebih lagi.

5. Teknologi Berubah, Karyawan Tidak Bisa Mengikuti Sistem Baru

Perusahaan bisa saja merubah sebuah sistem yang ada di dalam kantor. Karyawan mungkin bisa beradaptasi, dan juga tidak bisa mengikutinya. Bagi karyawan yang bisa, mereka dapat melanjutkan pekerjaan mereka di perusahaan tersebut. Tetapi untuk yang tidak bisa, demosi mungkin akan diberlakukan ya!

Kalau kamu tidak ingin didemosi oleh perusahaan, jangan sampai kinerja-mu menurun dan selalu disiplin ya!

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *