Tanggal:26 July 2024

Digitalisasi: Pengertian, Manfaat, dan Peran Pentingnya

Digitalisasi telah merubah berbagai macam aspek dalam kehidupan. Digitalisasi memberikan kemudahan pada setiap kegiatan masyarakat, baik saat melakukan transaksi maupun memperoleh pengetahuan dan informasi terbaru. Namun sayang, di Indonesia masih ada beberapa daerah yang belum mengenal digitalisasi beserta dengan manfaatnya.

Baca Juga:

Hal tersebut menjadi tantangan serta tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia, untuk bisa memberi tahu dan menyebarluaskan manfaat serta dampak positif dari digitalisasi. Apabila dibiarkan, semakin sulit untuk Indonesia bisa maju dan bersaing dengan negara-negara lainnya.

Baca Juga: 

Agar kamu semakin paham dengan perkembangan digitalisasi, yuk pelajari artikel di bawah!

Pengertian Digitalisasi

Digitalisasi atau digitalization adalah bentuk proses perubahaan dari penggunaan analog ke teknologi digital. Apabila melihat ke belakang, perkembangan digitalisasi tidak lepas dari perangkat dan pendukung lainnya. Contohnya seperti komputer dan internet. Berkat adanya komputer serta internet, memberikan inovasi kepada manusia untuk bisa menciptakan kemudahan lainnya yaitu dengan melalui proses digitalisasi tersebut.

Baca Juga:

Proses digitalisasi juga tidak akan bisa terjadi tanpa digitasi. Digitasi ditujukan untuk mengurangi pengeluaran biaya dengan melakukan pengoptimalan proses internal, seperti otomatisasi kerja, meminimalisir penggunaan kertas, dan lain sebagainya.

5 Manfaat Digitalisasi

Secara umum terdapat berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dari adanya proses digitalisasi. Berikut lima diantaranya:

1. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Bagi pelaku UMKM, digitalisasi dapat memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertemu dengan konsumen dari berbagai wilayah. Hal ini dibantu dengan penggunaan perangkat smartphone dan internet yang membuat pelaku usaha mendapatkan konsumen dengan jumlah serta dari daerah yang tak terbatas.

Baca Juga:

2. Menumbuhkan Kreativitas Pelajar

Digitalisasi dapat mempermudah proses belajar karena adanya informasi yang dapat diakses melalui internet. Melalui hal tersebut secara tidak langsung akan menumbuhkan kreativitas pelajar khususnya dalam bidang teknologi seperti pemrograman, informatika, dan lain sebagainya.

3. Ramah Lingkungan Hidup

Pasti kamu bertanya-tanya, bagaimana digitalisasi dapat memberikan manfaat bagi lingkungan hidup? Simple-nya, dengan pengurangan penggunaan kertas di perkantoran atau bisnis lainnya dapat mengurangi praktik penebangan pohon. Nah, dari hal tersebut semakin sedikit pohon yang ditebang, maka lingkungan sekitar pun akan semakin nyaman untuk dihuni.

4. Mempercepat Kebutuhan Informasi

Apabila sebelumnya, informasi lambat untuk didapatkan. Melalui proses digitalisasi segala informasi terbaru dapat mudah diakses hanya dengan melalui telepon genggam. Kamu tidak lagi harus menunggu berita di televisi atau bahkan menunggu koran yang dikirim besok pagi.

5. Mengembangkan Bisnis

Terakhir, dengan digitalisasi pelaku bisnis memiliki peluang besar untuk mengembangkan usahanya dan juga bersaing dengan kompetitor yang sudah lebih unggul dalam bidangnya. Tak perlu khawatir untuk bersaing, karena bisa saja dari persaingan tersebut dapat memberikan inovasi bagi para pelaku usaha menciptakan keunikan dari bisnis yang digelutinya.

Peran Penting Digitalisasi

Digitalisasi memiliki peran besar dalam berbagai sektor. Namun dilansir dari Digital Quality of Life (DQL) 2021 Indonesia menduduki peringkat 72 dari 110 negara di dunia (Digital Quality Life, n.d.), artinya masih ada ketertinggalan terutama di bidang digitalisasi.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, mengatakan bahwa digitalisasi menjadi kunci masa depan ekonomi indonesia pasca pandemi. Tak hanya sebagai kunci masa depan ekonomi saja, di dunia pendidikan dengan memanfaatkan digitalisasi sebaik mungkin, kamu bisa menjadi lebih produktif dan mengembangkan keahlian serta potensi yang ada dalam dirimu.

Digitalisasi juga memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals. Tujuan dari pembangunan kelanjutan ini ialah agar bisa membuat Indonesia menjadi negara yang ramah lingkungan dengan cara menjaga ekosistem laut, mencegah kebakaran hutan, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga:

Untuk itu, yuk mulai manfaatkan teknologi yang ada baik mungkin, edukasi lingkungan sekitarmu mengenai digitalisasi, dan persiapkan diri untuk menghadapi tantangan lima tahun ke depan.

Baca juga: Menghadapi Tantangan Era Ekonomi Digital, Sudah Siap?

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *