Tanggal:30 May 2024

10 Aplikasi Pendukung UMKM, Sudah Punya Semua?

Usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM telah banyak digeluti oleh orang-orang. Usaha UMKM ini adalah usaha yang dijalankan oleh perorangan, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil. Mengutip dari KOMPAS, usaha UMKM ini biasanya digolongkan dari batasan omzet per tahun, jumlah kekayaan dan aset, serta jumlah karyawan yang dimiliki oleh usaha tersebut. Usaha UMKM memiliki peranan yang sangat besar bagi perekonomian Indonesia. Selain dapat menciptakan peluang kerja bagi orang lain, usaha UMKM juga merupakan penyumbang PDB terbesar, serta relatif tahan terhadap krisis keuangan yang terjadi. Oleh karena itu, usaha UMKM cocok untuk dijalankan olehmu.

Adapun ketika menjalankan usaha UMKM ini, kamu juga harus memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Darinya, usaha UMKM milikmu tersebut dapat ikut bersaing, semakin berkembang dan terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Nah, berikut akan diberikan beberapa aplikasi pendukung UMKM yang wajib kamu miliki. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Media Sosial

Manfaatkan media sosial milikmu.
Manfaatkan media sosial milikmu. Sumber: Pixabay

Aplikasi pendukung UMKM pertama yang wajib kamu miliki adalah media sosial. Media sosial di sini dapat berupa Facebook, Twitter, Instagram, dan lain sebagainya. Dimanfaatkannya media sosial tersebut yaitu untuk tujuan pengembangan dan perluasan bisnis UMKM milikmu. Dengan dimilikinya media sosial ini, kamu bisa mulai untuk memasarkan produk-produk dari usahamu tersebut ke khalayak. Semakin banyaknya orang yang melihatnya, tentu hal itu akan semakin memperlaris usahamu ini. Oleh karena itu, mulai manfaatkan media sosial yang kamu punya untuk meningkatkan usahamu sendiri! Dijamin penjualan yang berlipatganda akan kamu dapatkan.

2. Google Drive

Manfaatkan Google Drive sebagai tempat penyimpanan.
Manfaatkan Google Drive sebagai tempat penyimpanan. Sumber: Pixabay

Aplikasi pendukung UMKM kedua yang harus kamu punyai adalah Google Drive. Di jaman serba mengandalkan internet seperti ini, sudah sepatutnya kamu juga mengupgrade tempat penyimpanan berkas-berkas penting milik usahamu tersebut. Dari yang awalnya konvensional menjadi modern. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk kamu mulai menggunakan Google Drive sebagai tempat penyimpanannya. Dibandingkan menggunakan USB yang bisa terselip dan hilang dengan mudah, menggunakan Google Drive sangat terjamin keamanannya. Kamu pun tak perlu takut akan kehilangan berkas-berkas penting tersebut. Hanya perlu mempunyai akun google, kamu sudah bisa membuat penyimpanan Google Drive-mu sendiri.

3. Slack

Aplikasi untuk berkomunikasi dengan tim.
Aplikasi untuk berkomunikasi dengan tim. Sumber: Pixabay

Nah, untuk melakukan komunikasi dengan tim yang lain, kamu bisa menggunakan Slack. Salah satu aplikasi pendukung UMKM ini sangat kamu butuhkan untuk memajukan komunikasi dan kerja sama antar tim. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis. Di dalam aplikasi ini, kamu bisa membuat ruang bicara atau diskusi untuk tiap topik, kamu juga bisa mengelompokkan tim sesuai perannya. Misalnya saja, kamu bisa membuat ruang marketing untuk membicarakan perihal pemasaran, dan lain sebagainya.

4. Trello

Aplikasi untuk melihat progres kerja.
Aplikasi untuk melihat progres kerja. Sumber: Pexels

Aplikasi selanjutnya yang wajib kamu miliki untuk mendukung usaha UMKM milikmu adalah aplikasi Trello. Aplikasi Trello adalah aplikasi yang akan memudahkanmu dalam mengatur banyak projek di satu tempat ini. Adanya penggunaan aplikasi Trello ini, kamu juga bisa tahu progress kerja yang dilakukan oleh anak buahmu tersebut, siapa saja yang terlibat, apa yang sedang mereka lakukan, dan sebagainya. Intinya aplikasi Trello ini akan memudahkanmu melakukan pengawasan dan kontrol terhadap kinerja anak buahmu.

5. MailChimp

Aplikasi marketing lewat email.
Aplikasi marketing lewat email. Sumber: Pexels

Pemasaran menjadi salah satu proses penting jika kamu ingin agar usaha UMKM milikmu semakin berkembang. Nah, oleh karena itu, aplikasi Mailchimp dirasakan perlu untuk kamu miliki agar tujuan di atas dapat tercapai. Aplikasi Mailchimp adalah aplikasi yang dapat membagikan informasi-informasi kepada pelanggamu melalui email. Di dalam penggunaan Mailchimp ini, kamu bisa membuat newsletter untuk kemudian dikirimkan secara berkala kepada email pelanggan yang sudah terdaftar. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis dengan mengunduhnya di Play Store.

6. Teman Bisnis

Aplikasi untuk mengatur keuangan.
Aplikasi untuk mengatur keuangan. Sumber: Pixabay

Untuk membantumu memahami dan melihat secara jelas mengenai laju pengeluaran dan pemasukan usaha UMKM milikmu tersebut, kamu wajib memiliki aplikasi Teman Bisnis ini. Nah, jika kamu masih menggunakan buku besar untuk segala catatan keuangan yang masuk dan keluar, segera ganti dengan menggunakan catatan keuangan digital ini. Aplikasi ini sangat mempermudah kamu dalam melihat arus keuangan usahamu secara jelas dan detail. Kamu bisa mendapatkan aplikasi pembukuan ini secara gratis di Play Store.

7. Canva atau Aplikasi Edit Sejenis

Aplikasi untuk mengedit foto produkmu.
Aplikasi untuk mengedit foto produkmu. Sumber: Pexels

Di era digital seperti ini, banyak pengusaha melakukan kegiatan marketingnya dengan memanfaatkan media sosial. Tetapi, hal itu pun dirasa belum cukup karena untuk menarik banyak pelanggan dibutuhkan tampilan produk yang unik dan menarik. Oleh karena itu, ketika akan menjual dan mempromosikan produk, satu hal yang harus dimiliki adalah tampilan foto produk yang kece, sehingga dapat menarik minat pembeli. Nah, untuk mewujudkannya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi edit foto seperti Canva, Picsart, dan lain sebagainya nih.

8. Online Market Place

Manfaatkan online market place yang tersedia.
Manfaatkan online market place yang tersedia. Sumber: Pexels

Selain di media sosial, untuk semakin memajukan usaha UMKM milikmu ini, kamu juga harus memanfaatkan online market place yang ada di Indonesia. Adanya online market place ini tentunya sangat mempermudahmu untuk berjualan dan tak terbatas dalam mencari pelanggan. Nah, kamu bisa mulai untuk menggunakan online market place seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan sebagainya nih!

9. Aplikasi Business Chating

Aplikasi untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
Aplikasi untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Sumber: Pexels

Untuk membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan, tentunya kamu membutuhkan aplikasi chating. Nah, usahakan agar aplikasi chating yang digunakan untuk bisnismu ini tidak sama dengan aplikasi chating yang kamu gunakan untuk berhubungan dengan teman-temanmu ya! Bedakan urusan personal dan bisnis. Oleh karena itu, aplikasi chating seperti Whatsapp for Business sangat cocok untuk kamu miliki!

10. Applause

Aplikasi untuk menganalisis hasil.
Aplikasi untuk menganalisis hasil. Sumber: Pexels

Aplikasi pendukung UMKM terakhir yang wajib kamu miliki adalah aplikasi Applause. Aplikasi ini wajib banget kamu miliki karena di dalam aplikasi ini, kamu akan bisa menganalisis hasil dari bisnismu tersebut. Selain itu, kamu juga akan diberikan saran-saran untuk meningkatkan bisnismu ini.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *