Tanggal:14 May 2024

Marketing Freelance: Pengertian, Tugas, dan Skill

Apa Itu Freelance Marketing?

Baca Juga | Apa itu Marketing?

Freelance Marketing adalah nama yang diberikan kepada profesional pemasaran yang menawarkan layanan lepas kepada klien. Freelancer pemasaran digital biasanya bekerja dari rumah dan membantu perusahaan dengan berbagai tugas terkait pemasaran digital.

Permintaan untuk pekerjaan pemasaran digital meningkat dan ini membuat pemasaran digital freelance merupakan pilihan karir yang hebat. Sebagai freelancer pemasaran, Anda dapat menjadi bos Anda sendiri, mengatur jam dan aturan Anda sendiri, dan pada saat yang sama melakukan sesuatu yang produktif.

Jika Anda memutuskan untuk berhenti lepas, Anda dapat memanfaatkan pengalaman dan keterampilan Anda untuk memulai bisnis online Anda (dapat menjadi agen pemasaran digital atau segala jenis bisnis online) atau bahkan mengamankan pekerjaan yang membayar tinggi dan bekerja sebagai manajer pemasaran digital.

Baca Juga : Perbedaan Freelancer dengan Fulltimer

Tugas Freelance Marketing

Tidak seperti pekerjaan lepas lainnya, pemasaran digital memiliki sejumlah saluran dan proses dan Anda harus memiliki keahlian yang diperlukan untuk menawarkan berbagai layanan kepada klien.Selain tugas-tugas teknis, sebagai freelancer, Anda juga perlu tahu bagaimana menyiapkan proposal kerja untuk klien, mengelola faktur dan akuntansi, manajemen proyek, dan pelaporan.

Untuk memberi Anda gambaran tentang seperti apa pekerjaan yang sebenarnya, ini adalah tugas paling umum yang dieksekusi oleh pemasaran freelancer:

  • Monitoring Postingan Situs Web untuk Peluang Proyek Baru
  • Mengirimkan proposal pekerjaan untuk mengamankan klien baru
  • Bertemu / berkomunikasi dengan klien baru dan yang sudah ada
  • Menanggapi email
  • Menghubungkan dengan freelancer lainnya
  • Bekerja di situs web atau blog Anda sendiri
  • Membangun Merek Pribadi Anda
  • Mengoptimalkan Situs Web Klien untuk Mesin Pencari (SEO)
  • Menjalankan kampanye PPC pada platform seperti iklan Google dan iklan Bing
  • Melaksanakan kampanye di Facebook (gratis dan berbayar)
  • Merancang Kampanye Pemasaran Email
  • Menciptakan konten untuk memenuhi kebutuhan berbagai kampanye pemasaran online
  • Menciptakan strategi pemasaran digital dan rencana aksi untuk klien
  • Mempersiapkan laporan proyek bulanan
  • Menerbitkan faktur kepada klien
  • Ini tentu saja banyak pekerjaan yang kadang-kadang luar biasa tetapi jangan khawatir, seperti dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat membangun keterampilan dan pola pikir yang diperlukan untuk menangani semua tugas secara profesional dan tepat waktu.

Baca Juga : Cara Mudah Menjadi Freelancer Sukses Untuk Pemula

Skill yang dibutuhkan seorang freelance marketing

Pemasaran online adalah salah satu fungsi tersebut, dengan freelancer membawa pengalaman bertahun-tahun untuk biaya per jam yang terjangkau atau bulanan. Penting bagi Anda untuk menetapkan apa yang Anda butuhkan. Ini akan membantu Anda menemukan kesesuaian yang untuk organisasi Anda, dan itu juga akan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk membuat daftar pertanyaan wawancara saat Anda mencari kandidat.

Baca Juga : Pekerjaan Online Yang Cocok Untuk Seorang Freelancer

Kreativitas

Kreativitas melibatkan kemampuan untuk melakukan tugas dengan cara yang unik dan efektif. Tujuan pemasar freelance adalah terhubung dengan audiens mereka dan memengaruhi mereka untuk mengambil tindakan tertentu. Karena pemirsa melihat banyak iklan setiap hari, pemasar freelance membutuhkan kreativitas untuk mencapai tujuan mereka. Misalnya, pemasar menggunakan kreativitas dalam kampanye, pitch, dan panggilan untuk bertindak. Ini penting untuk menarik dan mempertahankan klien. Demikian pula, seorang pemasar dapat menerima proyek yang melibatkan pemasaran produk yang tidak populer atau kontroversial. Mereka membutuhkan kreativitas untuk mengkomunikasikan pesan mereka tanpa menyinggung audiens mereka.

Kemampuan berkomunikasi

Keterampilan komunikasi merujuk pada keterampilan yang membantu individu menyampaikan dan menerima informasi secara efektif. Selain berbicara dan menulis, keterampilan komunikasi juga meluas ke bahasa tubuh dan isyarat non-verbal lainnya. Pemasar freelance mengandalkan keterampilan komunikasi untuk berinteraksi dengan rekan kerja mereka dan mengamankan dan melaksanakan proyek. Misalnya, seorang pemasar freelance membutuhkan mendengarkan aktif untuk memahami kebutuhan spesifik klien mereka. Ini membantu mereka memahami tujuan mereka dan menciptakan rencana aksi. Selain itu, mereka juga perlu mendengarkan aktif saat melakukan beberapa tugasnya, seperti survei pasar. Terakhir, pemasar freelance memerlukan komunikasi yang efektif untuk menciptakan kampanye yang beresonansi dengan audiens mereka.

Keterampilan negosiasi

Pemasar freelance memerlukan keterampilan negosiasi yang sangat baik untuk memastikan mereka memberikan nilai klien mereka sambil melindungi kepentingan mereka sendiri. Dalam peran ini, Anda bertanggung jawab untuk menemukan klien Anda dan meyakinkan mereka untuk mempekerjakan Anda. Sebagian besar pemasar mengirim email dingin, proposal, dan pemasaran pitches kepada majikan potensial untuk mengamankan pekerjaan. Ini biasanya membutuhkan keterampilan negosiasi yang sangat baik. Selain itu, pemasar freelance menentukan tarif mereka sendiri, mengingat faktor-faktor seperti tingkat keterampilan, saturasi pasar, dan permintaan klien. Setelah sesi konsultasi, pemasar sering perlu menegosiasikan anggaran klien yang sesuai dengan tuntutan mereka.

Keterampilan persuasi

Persuasi adalah kemampuan untuk mempengaruhi tindakan orang lain. Pemasar lepas menggunakan keterampilan persuasi ketika mengirim proposal kepada klien potensial dan menyajikan layanan mereka lebih efisien dan hemat biaya daripada layanan pesaing mereka. Demikian pula, pemasar menggunakan keterampilan persuasi ketika membuat kampanye pemasaran. Mereka biasanya meyakinkan audiens untuk mengambil tindakan seperti membeli produk atau mengisi survei.

Baca Juga : Situs Freelancer Indonesia

Nah, itu tadi adalah penjelasan singkat mengenai freelance marketing beserta tugas dan skill yang harus Anda miliki. Bagaimana apakah Anda tertarik?

Baca Juga | Rekomendasi Freelance Jakarta, Auto Nambah Penghasilan!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *