Tanggal:18 May 2024
(rawpixel.com)

Apa Itu Advertising? Tujuan , Jenis Advertising

Iklan adalah promosi produk, merek, atau layanan kepada pemirsa untuk menarik minat, keterlibatan, dan penjualan. Iklan datang dalam berbagai bentuk, dari salinan hingga video interaktif, dan telah berkembang menjadi fitur penting dari pasar aplikasi.

Baca Juga : 5 Jenis Iklan Google Ads

Iklan berbeda dari jenis pemasaran lainnya karena dibayar, dan karena pembuat iklan memiliki kendali penuh atas konten dan pesan.

Tujuan Iklan

Iklan, baik dengan kata-kata atau gambar, tujuannya selalu untuk menyampaikan informasi. Namun, informasinya tidak selalu tentang produk atau layanan. Periklanan melayani segalanya mulai dari politik hingga kesadaran sosial untuk menyampaikan pesan.

Jenis iklan ini biasanya mempromosikan produk atau layanan tertentu, memperkenalkan penawaran baru, atau mempromosikan penjualan atau acara mendatang. Tidak seperti iklan gambar, yang hanya berusaha mengingatkan pengguna saat ini tentang Anda, atau menciptakan kesan yang baik tentang Anda, iklan ritel bertujuan untuk membuat orang melakukan pembelian.

Baca Juga : Pentingnya Jingles Untuk Iklan

  • Pemasaran dan Promosi

Berbagai bentuk promosi menggunakan iklan sebagai wahana untuk memajukan agenda atau citra seseorang, kelompok, organisasi atau acara. Misalnya, promotor konser musik dapat menggunakan iklan sebagai metode untuk meningkatkan citra kliennya dan tur musiknya yang akan datang.

Promosi dalam pengertian ini adalah suatu bentuk periklanan yang tidak selalu mendorong konsumen untuk segera melakukan pembelian, tetapi mendorong mereka untuk menjadi lebih tertarik dan berinvestasi dalam subjek iklan.

  • Meningkatkan Kesadaran Merek

Kampanye iklan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran merek menggunakan banyak prinsip iklan ajakan yang sama. Pesan iklan ini tidak mencoba untuk menjual sesuatu kepada konsumen, tetapi bekerja untuk membuat mereka sadar akan suatu masalah.

Contohnya termasuk pendekatan yang digunakan oleh organisasi nirlaba dan komunitas untuk menginformasikan publik tentang masalah seperti kekurangan di bank darah, polusi di kota, atau pentingnya pemeriksaan medis tertentu.

  • Pendidikan dan Informasi

Periklanan sering digunakan sebagai wahana untuk mendidik dan menginformasikan masyarakat tentang berbagai isu. Misalnya, kampanye iklan koalisi keselamatan jalan mungkin berfokus pada konsekuensi potensial mengemudi tanpa sabuk pengaman dengan memberikan informasi statistik dan gambar yang mengganggu. Kampanye politik juga menggunakan pendidikan dan informasi dalam periklanan dengan mempromosikan catatan pemungutan suara, pendirian pada isu-isu, dan kredensial untuk jabatan.

  • Kampanye Iklan Negatif

Periklanan dapat digunakan untuk mengkritik atau menjatuhkan persaingan. Pertimbangkan papan reklame yang mencela tindakan seorang komisaris daerah untuk dipilih kembali, atau selebaran yang memberi pemilih penghitungan terperinci tentang pengeluaran pemerintah yang boros. Dalam hal ini, individu atau organisasi yang membeli iklan tidak mencoba menjual produk atau meningkatkan kesadaran akan suatu masalah, tetapi mencari cara yang efektif untuk menciptakan publisitas negatif bagi entitas lain untuk mendapatkan keuntungan.

Baca Juga : Tips Iklan di OLX

Jenis iklan

Opsi periklanan yang paling sesuai untuk bisnis Anda akan bergantung pada audiens target Anda dan cara yang paling hemat biaya untuk menjangkau sebanyak mungkin dari mereka, sebanyak mungkin. Pilihan iklan yang dipilih juga harus mencerminkan lingkungan yang tepat untuk produk atau layanan Anda. Misalnya, jika Anda tahu bahwa target pasar Anda membaca majalah tertentu, Anda harus beriklan di publikasi itu.

Baca Juga : Cara Membuat Iklan di Youtube

Koran

Iklan surat kabar dapat mempromosikan bisnis Anda ke berbagai pelanggan. Iklan bergambar ditempatkan di seluruh kertas, sementara daftar rahasia berada di bawah judul subjek di bagian tertentu.

Majalah

Beriklan di majalah spesialis dapat menjangkau target pasar Anda dengan cepat dan mudah. Pembaca (pelanggan potensial Anda) cenderung membaca majalah di waktu senggang mereka dan menyimpannya lebih lama, memberi iklan Anda banyak peluang untuk menarik perhatian. Majalah umumnya melayani konsumen (menurut kelompok minat misalnya wanita) dan perdagangan (jenis industri/bisnis misalnya perhotelan).

Radio

Beriklan di radio adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens target Anda. Jika target pasar Anda mendengarkan stasiun tertentu, maka iklan reguler dapat menarik pelanggan baru.

Namun, suara memiliki keterbatasan. Pendengar dapat mengalami kesulitan untuk mengingat apa yang telah mereka dengar dan terkadang dampak dari iklan radio hilang. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengulangi pesan Anda secara teratur  yang meningkatkan biaya Anda secara signifikan. Jika Anda tidak mampu untuk memutar iklan Anda secara teratur, Anda mungkin menemukan bahwa iklan radio tidak menghasilkan hasil yang kuat.

Televisi

Televisi memiliki jangkauan yang luas dan iklan dengan cara ini sangat ideal jika Anda melayani pasar yang besar di area yang luas. Iklan televisi memiliki keunggulan penglihatan, suara, gerakan dan warna untuk membujuk pelanggan agar membeli dari Anda. Mereka sangat berguna jika Anda perlu menunjukkan cara kerja produk atau layanan Anda.

Keuntungan utama direktori online dibandingkan direktori cetak adalah jika Anda mengubah nama, alamat, atau nomor telepon bisnis Anda, Anda dapat dengan mudah memperbaruinya di direktori. Anda juga dapat menambahkan layanan atau informasi baru tentang bisnis Anda.

Jika target pasar Anda menggunakan direktori cetak dan online, mungkin berguna untuk beriklan di keduanya, meskipun direktori cetak jarang digunakan.

Surat langsung, katalog, dan selebaran

Surat langsung berarti menulis kepada pelanggan secara langsung. Semakin tepat milis atau area distribusi Anda, semakin banyak target pasar yang akan Anda jangkau. Pendekatan surat langsung lebih bersifat pribadi, karena Anda dapat memilih audiens dan merencanakan waktu yang sesuai dengan bisnis Anda. Bentuk surat langsung yang hemat biaya adalah mengirim buletin atau selebaran Anda secara elektronik ke database email. Cari tahu lebih lanjut tentang surat langsung.

Katalog, brosur dan leaflet juga dapat didistribusikan ke daerah sasaran Anda. Menyertakan brosur dengan surat langsung Anda adalah cara yang bagus untuk memberikan lebih banyak informasi kepada pelanggan yang tertarik tentang produk dan layanan Anda. Pelajari lebih lanjut tentang pemasaran selebaran menggunakan kotak surat dan selebaran.

Online

Berada di internet dapat menjadi cara yang hemat biaya untuk menarik pelanggan baru. Anda dapat menjangkau audiens global dengan biaya rendah. Banyak pelanggan meneliti bisnis online sebelum memutuskan dari siapa mereka akan membeli.

Baca Juga : Mengenal Iklan Online

Situs web yang dirancang dengan baik dapat menarik pelanggan untuk membeli dari Anda. Ada beberapa cara Anda dapat mempromosikan bisnis Anda secara online melalui iklan berbayar.

Baca Juga : Keuntungan Iklan Online

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *