Tanggal:14 May 2024

Yuk Ketahui Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Selama ini, ternyata masih banyak sekali orang yang tidak tahu bahwa sunscreen dan sunblock itu berbeda. Sobat Vocasia pasti juga baru tahu hal ini, bukan? Yap, sunscreen dan sunblock adalah dua hal yang berbeda dari sisi kegunaan.

Menurut orang-orang yang tidak mengetahui perbedaan ini, memang sunscreen dan sunblock tidak jauh berbeda dari segi teksturnya. Maka dari itu, banyak dari mereka yang membeli sunscreen dan sunblock tanpa tahu kegunaan dari masing-masing pelindung kulit dari matahari tersebut. Mari simak penjelasan Vocasia mengenai sunscreen dan sunblock di bawah ini.

Sunscreen

Sunscreen adalah produk yang bertujuan untuk melindungi kulit dari bahaya yang disebabkan paparan sinar matahari dengan formula yang membantu melindungi kulit dari sinar UVA. Penggunaan sunscreen sangat penting untuk semua jenis dan warna kulit. Memakai sunscreen di dalam rumah juga dianjurkan untuk pekerja yang setiap harinya manatap layar laptop.

Sunscreen tersedia dalam lotion, krim, dan formulasi lain yang dirancang untuk bayi, anak-anak dan orang dewasa. Ada banyak produk sunscreen yang disesuaikan untuk setiap usia dan gaya hidup. Tetapi, kunci untuk mendapatkan manfaat sunscreen dan menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengaplikasikannya sesuai petunjuk.

Semua orang wajib memakai sunscreen, baik pria, wanita, dan anak-anak di atas usia 6 bulan. Bayi di bawah usia 6 bulan belum membutuhkan sunscreen karena kulit mereka sangat sensitif. Untuk melindungi kulit bayi dari bahaya sinar matahari, sebaiknya gunakan pakaian pelindung untuk menutupi kulit supaya tidak terpapar sinar matahari langsung.

Baca Juga : Yuk, Ketahui Jenis Kulit Kita!

Produk sunscreen dirancang untuk membantu mencegah sengatan sinar matahari dan melindungi kulit dari sinar UVA. Ketika sinar UV memasuki kulit, mereka mengganggu pertumbuhan dan fungsi normal sel, serta merusak kolagen dan elastin kulit (protein kulit) yang dapat menyebabkan garis dan kerutan.

Sunscreen yang terbuat dari bahan kimia seperti homosalate bekerja dengan cara meresap ke lapisan atas kulit dan menyerap radiasi UV sebelum dapat merusak sel kulit. Filter matahari mineral (juga disebut fisik), seperti zinc oxide dan titanium dioxide, membuat penghalang pada permukaan kulit yang memantulkan sinar UV dari kulit. Beberapa produk perlindungan matahari mencakup campuran filter matahari kimia dan mineral.

Baca Juga :

Sunblock

Sunblock merupakan lotion yang harus dipakai sebelum keluar rumah agar kulit dapat terlindung dari paparan cahaya matahari dan sinar UV. Sunblock adalah lotion kulit yang dapat melindungi dari paparan matahari dan sinar ultraviolet sebelum keduanya terserap ke dalam kulit. Memakai sunblock secara teratur harus dilakukan, terutama untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Dalam membeli sunblock tidak boleh asal-asalan, namun harus memperhatikan apakah sunblock tersebut aman untuk jenis kulit kamu. Keterangan mengenai hal ini dapat dilihat di kemasannya. Sunblock adalah tabir surya yang dapat menghalau dan memantulkan sinar matahari dari kulit.

Berkat kandungan titanium dioksida atau seng oksida di dalamnya, sunblock dinilai efektif melindungi kedua jenis ultraviolet, yaitu UVA dan UVB. Kamu tetap dapat menggunakan salah satu di antara kedua produk ini karena sama-sama memberikan perlindungan. Hanya saja, kamu mungkin perlu melihat apakah tabir surya yang dipilih menawarkan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB.

Baca Juga : 

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Sunscreen bekerja dengan menyaring sinar UV dari matahari sehingga hanya sebagian kecil cahaya yang masuk ke kulit. Produk ini juga dikenal sebagai sunscreen kimia. Sunscreen bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit, sehingga mencegah cahaya menembus kulit. Produk ini bisa disebut pelindung fisik.

Menurut Health, sunscreen dirancang untuk melindungi kulit dari sinar UV-A atau UVA, yang dapat meningkatkan kerusakan kulit. Sunscreen diformulasikan untuk memblokir kerusakan akibat sinar UV-B atau UVB, jenis yang menyebabkan kulit terbakar. Inilah perbedaan antara sunscreen dan sunblock.

Namun, banyak produk sunscreen dan sunblock memiliki kedua kemampuan tersebut. Konon, produk tersebut dapat membantu mencegah kerusakan kulit serta mencegah kulit terbakar sinar matahari.

Baca Juga : 

Kelebihan dan Kekurangan

1. Kelebihan dan Kekurangan Sunscreen

Sunscreen biasanya lebih disukai karena ringan dan cepat meresap ke dalam kulit. Memang benar saat kita mengoleskan sunscreen, kulit tidak menjadi berat dan lengket sehingga kita bisa bergerak dengan nyaman. Namun sunscreen ini ringan dan cepat menyerap dengan sifat non-comedogenic, atau bisa menyebabkan komedo di wajah karena formulanya yang menutup pori-pori kulit.

Baca Juga :

2. Kelebihan dan Kekurangan Sunblock

Sunblock umumnya dianggap memiliki perlindungan UV yang lebih kuat daripada sunscreen. Hal ini dikarenakan cara kerjanya memantulkan kembali sinar UV ke udara sehingga tidak sampai ke permukaan kulit. Sunblock ini juga memiliki tekstur non-comedogenic yang tidak menyumbat pori-pori, sehingga aman untuk kulit berjerawat. Namun, perlindungan UV yang intens ini hadir dengan tekstur yang tebal, rasa berminyak, dan vitiligo pada kulit, sehingga banyak orang menghindarinya.

Baca juga:

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *