Tanggal:16 May 2024

Ingin menjadi seorang CEO? Ketahui dahulu skill yang harus ada pada seorang CEO

Dilansir dari laman Amartha.com, CEO atau Chief Executive Officer merupakan seorang yang sosoknya penting bagi sebuah perusahaan. Karena CEO merupakan jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan.

Tetapi, seorang CEO tentu harus memiliki skill yang mumpuni dalam bidang apapun untuk mengembangkan sebuah perusahaan.

Sebagai pemimpin, CEO terlibat dalam pengembangan dan pengelolaan timnya, menentukan apa saja yang harus dilakukan oleh setiap orang dalam tim yang dipimpinnya, serta memikirkan infrastruktur dan kebutuhan di sekitarnya.

Nah, bagi Kalian yang cita-citanya ingin menjadi seorang CEO coba Kalian perhatikan terlebih dahulu skill apa saja yang harus dimiliki seorang CEO.

Skill Yang Harus Dimiliki Seorang CEO

1. Kemampuan Berkomunikasi 

Salah satu skill terpenting yang harus dimiliki oleh seorang CEO adalah kemampuan berkomunikasi. Sebagai seorang CEO, kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus. Jika kamu senang bercerita, itulah salah satu karakter CEO yang disenangi karyawan. Pakailah kemampuan bercerita kamu dalam berkomunikasi.

Untuk menjadi CEO yang baik, kamu perlu belajar cara berkomunikasi secara efektif karena hal ini dapat membantu meningkatkan moral karyawan. 

Dalam berkomunikasi, tentu saja faktor memahami seseorang atau biasa disebut dengan people skill harus dikuasai oleh CEO. Dengan pemahaman people skill yang baik, kamu dapat memahami diri sendiri, berkomunikasi secara efektif, serta juga belajar berempati.

2. Kemampuan Bernegosiasi

CEO juga dituntut harus memiliki skill dalam bernegosiasi. baik dengan mitra bisnis, karyawan, maupun kolega lainnya.

Seorang CEO sukses umumnya adalah negosiator yang baik. Negosiator yang baik adalah yang tetap adil dan perhatian dengan keinginan orang lain sambil mendorong apa yang mereka inginkan.

Baca Juga | Apa itu Negosiasi?

3. Kemampuan Mendelegasikan Tugas

Ketika menjadi seorang CEO, memang dituntut untuk dapat mengerti dalam setiap bagian tugas dari para anggotanya, tetapi bukan berarti semua hal harus dilakukan seorang diri.

Baca Juga | Panduan Remote Server: Apa Itu dan Bagaimana Cara kerjanya

Mengerjakan sendiri seluruh pekerjaan di dalam sebuah perusahaan tidak serta merta menjadikan seorang CEO nampak hebat. Jika sang CEO tidak memiliki rasa percaya terhadap bawahannya, maka ia tidak akan mencapai kemajuan yang diharapkan.

Mempercayai anggota tim adalah sebuah kekuatan yang bisa membuat setiap proyek berjalan dengan baik. Mampu mendelegasikan ide-ide pemikiran dan eksekusi di lapangan adalah skill yang harus dimiliki oleh seorang CEO. Rasa percaya terhadap orang-orang yang dipimpinnya, lahir dari atmosfer kejujuran yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Baca Juga | Tanda Rekan Kerja Tidak dapat Dipercaya

4. Kemampuan dalam Mengambil Keputusan

Mantan Presiden Amerika Serikat, Dwight Eisenhower mengatakan bahwa CEO dan kepala eksekutif mendapatkan keputusan sulit yang harus dibuat. Sementara itu, keputusan-keputusan kecil ditetapkan oleh bawahan mereka. Untuk itulah mengambil keputusan menjadi kemampuan yang penting bagi seorang CEO.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *