Tanggal:17 May 2024

7 Genre Fotografi yang populer di dunia

Dalam dunia musik tentu saja memiliki banyak sekali genre atau aliran. Nah begitupun dengan dunia fotografi sama-sama memiliki genre atau aliran, Genre-genre tersebut dapat mengasah kemampuan dalam mempresentasikan teknik fotografi.

Ulasan dibawah ini akan membahas mengenai genre yang populer di dunia fotografi, diantara lain ialah :

Baca Juga : 5 Teknik Fotografi Yang Harus Dikuasai Para Pemula

1. Landscape

Landscape merupakan genre fotografi yang memanfaatkan view pemandangan sebagai objek utama, Pada jenis foto ini biasanya berfokus pada alam.

Para penikmat fotografi juga sangat menikmati genre ini karena dari sisi pengambilan dan objek utama pemandangan menjadikan hasil fotonya menjadi indah dan menarik.

Baca Juga : Ini Dia Cara Menjual Foto Hasil Jepretanmu

2. Alam Liar

Pada genre alam liar, berfokus pada aktifitas hewan yang berada di habitatnya. Genre ini juga sangat banyak menanggung resiko, tetapi sekali Kalian mendapatkan momen indah atau hasil foto yang baik itu akan menjadi salah satu kepuasan tersendiri.

Dibutuhkan keahlian dan pengalaman khusus juga untuk melakukan foto pada genre ini, karena jika tidak memiliki keahlian atau pengalaman khusus akan sangat beresiko.

Setiap fotografer yang ingin memotret satwa liar rata-rata menggunakan kamera dengan lensa telephoto, ini berguna untuk menghasilkan gambar yang terkesan sangat dekat dengan satwa tersebut dan berguna juga untuk membuat satwa tersebut tidak merasa terganggu.

Baca Juga : 8 Teknik Pencahayaan Dalam Fotografi

3. Foto Jurnalistik

Dilansir dari Kumparan, Foto dengan genre foto jurnalistik harus menciptakan gambar yang mengandung sebuah peristiwa. Foto yang diambil harus bisa menceritakan kejadian yang terjadi di dalamnya.

Foto yang termasuk genre ini misalnya foto saat peristiwa demo, kerusuhan, bencana alam, dan masih banyak lagi.

Fotografer harus memahami aturan dunia kewartawanan dan nantinya foto akan disiarkan ke media resmi yang sudah terdaftar di dewan press.

Baca Juga : 8 Cara Efektif Meningkatkan Skill Fotografi

4. Portrait

Pada genre portrait ialah genre yang teknik nya berfokus pada objek manusia yang menampilkan ekspresi secara langsung dan suasana si model.

Biasanya pada portrait objeknya berfokus pada wajah karena lebih subjektif bisa menggambarkan suasana hati seseorang.

Untuk mendapatkan foto potret, foto biasanya diambil dari jarak dekat atau close up. Biasanya foto diambil secara candid agar memiliki kesan alami.

Baca Juga : 6 Ide Pose Disaat Lagi Sendirian

5. Fashion

Fashion Photography merupakan genre fotografi yang dibuat untuk memasarkan suatu produk fashion. Merupakan sebuah iklan namun dengan pendekatan fotografi.

Biasanya memakai model yang representatif sebagai personal branding dari produk fashion tersebut.
Fashion Fotography sudah berusia cukup lama, bahkan berdekatan dengan munculnya fotografi itu sendiri.

Pada awal abad ke-19, majalah Vogue yang kini menjadi sebuah majalah fashion yang menjadi cikal bakal karakter foto fashion kontemporer.

Baca Juga : 5 Komunitas Fotografi Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui

6. Pernikahan

Genre ini tergolong genre baru dalam dunia fotografi karena sempat menjadi perdebatan pada wacana fotografi kontemporer.

Ada yang bilang, wedding fotografi adalah perpaduan dari fine art photography, journalistic dan juga fashion photography. Namun ada juga beberapa orang yang mengatakan kalau wedding photography bukan sebuah genre, ia hanya sebuah brand saja.

Secara karakteristik tidak ada yang spesial dalam wedding photography, ia hanya mendokumentasikan momen pernikahan seseorang. Hal yang paling menarik bukan muncul dari karakteristiknya, namun dari fotografer itu sendiri.

Bagaimana pendekatan visual dari fotografer tersebut dalam menangkap momen-momen pasangan yang menikah, itulah yang menarik dalam wedding photography.

Baca Juga :

7. Fotografi Produk

Secara sederhana, foto produk adalah sebuah foto yang fungsinya untuk mengiklankan sebuah produk tertentu. Oleh karena itu sang fotografer harus paham ilmu komunikasi dan juga pemasaran ketika ingin memvisualisasikan produk tersebut lewat media fotografi.

Jenis foto produk bisa sangat banyak. Seperti makanan, gadget atau elektronik, kendaraan dan juga fashion. Sebenarnya foto fashion merupakan salah satu sub genre dari produk, karena sifatnya adalah memasarkan sebuah produk.

Namun ia bisa juga berdiri sendiri karena sangat kental dengan fine art photography.

Kamu bisa belajar Adobe Photoshop dari awal atau menjadi Video Editor Menggunakan Smartphone hanya di Vocasia.

Kursus menjadi youtuber pro vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *