Tanggal:26 February 2024

8 Cara Mengoptimalkan Facebook page untuk Promosi Penjualan Produk

Ilustrasi Menggunakan Facebook page untuk bisnis online (pixabay.com/Firmbee)

1. Memilih Tipe dan Kategori Page Facebook

Facebook memiliki template page awal untuk membantu mempromosikan produk Anda dengan efektif. Untuk menemukan template    ini, Anda bisa masuk ke Settings dan klik >  Edit Page di sebelah kiri. Untuk mengubah template Facebook page Anda, masuk ke Edit Page di Settings Anda.

Baca Juga : Cara Membuat Facebook Fans Page

Anda bisa menggunakan template default dan jika ingin mengubah bisa memilih kategori yaitu, Jasa, Perbelanjaan, Bisnis, Politisi, Tempat, Organisasi nirlaba, Restoran, dan Kafe. Pada langkah awal Anda bisa mencari tahu dulu salah satu page yang bersaing dengan Anda sehingga Anda bisa belajar di bidang industri pilihanmu.

Baca Juga | Kata-Kata Promosi di Facebook yang Menarik untuk Bisnismu

Carannya:

Masukan “Pages about [industri] that are liked by my friends” di kolom pencarian Facebook. Lalu klik <See more.

Dihalaman ini Anda bisa mempelajari seperti:

  • Post yang bisa mendapatkan like banyak
  • Seberapa sering mereka memposting postan terbaru
  • Jam berapa yang efektif untuk mendapat like yang banyak
  • Foto, cover, dan kelengkapan profil

2. Memilih CTA Beriorientasi Penjualan

Call to  action page Anda adalah unsur penting yang bisa mengarahkan apa yang harus dilakukan pengguna selanjutnya. Memilih tombol CTA yang tepat untuk Facebook page Anda akan meningkatkan kemungkinan pengguna beralih ke konversi dan pembelian. Jadi ini adalah cara mengoptimalkan Facebook page Anda yang perlu dilakukan.

3. Mengatur Shop Section

Buka tab Shop untuk membuat etalase Facebook Anda. Pertama, setujui Persyaratan dan Kebijakan. Selanjutnya, pilih metode checkout Anda. Anda dapat memilih dari dua pilihan: mengizinkan orang membeli dari Anda melalui Facebook atau dengan mengarahkan ke website Anda saat mereka klik sebuah produk.

Baca Juga : Facebook Business Manager

4. Optimalkan Facebook Page menggunakan Tag Produk

Anda bisa memberi tag atau menandai konten foto atau video di produk Anda termasuk cover photo atau sampul. Dengan mengklik >cover photos Anda. Misalnya, Anda melihat opsi untuk menandai produk dari toko Anda. Klik >Produk Tag. Pastikan Anda klik >Tag Products, bukan Tag Photo. Kemudian  klik pada produk di foto sampul Anda . Saat Anda mulai mengetikkan nama produk, produk dari toko Anda akan muncul.

ilustrasi testimoni pelanggan . Sumber: freepik.com

5. Mengaktifkan Review untuk Pelanggan

Dengan mengaktifkan review untuk pelanggan Anda bisa meningkatkan konversi bisnis. Jika bisni yang Anda jalankan mendapatkan review positif dari pelanggan, maka  pengunjung yang datang ke page Facebook Anda kan merasa dilayani dengan Anda.

Untuk memeriksa apakah review tersebut bisa diaktifkan untuk page Anda, masuk ke Settings dan klik > Edit Page. Kemudian scrool ke bawah di tab Review dan klik > Settings. Di setting page Facebook Anda, klik >setting di samping tab Review. Pastikan review Anda disetel ke On.

6. Membuat Page yang Menarik

Pertama, masuk ke website facebook.com/pages/create untuk membuat Facebook Page. Kemudian pilih kategori yang tepat. Kedua, masukkan nama brand anda. Ketiga, lengkapi profil anda mulai dari URL, deskripsi, foto, cover, dan keterangan lainnya.

Tips Profile :

  • Picture Profile menggunakan resolusi tinggi
  • Menggunakan cover dengan gambar yang menarik dengan resolusi tinggi, jangan menggunakan foto sembarangan di internet
  • Jelaskan bisnis yang Anda jalankan secara singkat dan menarik
  • Lengkapi semua informasi yang ada di tab info secara lengkap

Baca Juga : Kata-Kata Promosi Di Facebook Yang Menarik Untuk Bisnismu

7. Membuat Postingan yang Baik di Facebook

Post berjenis teks sebaiknya tidak berdiri sendiri melainkan dibarengi gambar, video, atau link. Orang cenderung melewatkan post berupa teks karena tidak menarik, sebisa mungkin hindari teks tanpa media.

Selanjutnya, post berupa gambar. Ukuran gambar yang anda gunakan sebaiknya mendekati persegi, atau berupa persegi. Ukuran gambar minimum adalah 472×394 px. Lebih dari itu tidak masalah, tapi jangan sampai kurang.

Kapan waktu terbaik untuk posting di Facebook?

Tergantung siapa audiens anda. Apakah mereka orang yang aktif di Facebook sepanjang hari atau hanya malam hari? Apakah mereka aktif saat hari kerja atau akhir minggu?

Baca Juga : Memasang Iklan Di Facebook

8. Optimasikan Page untuk Search Engine

Nama page harus persis sama dengan nama brand anda. URL adalah nama brand. Kalau ternyata URL nama brand tidak tersedia, biasanya kita akan menambahkan 1 kata di depan atau belakangnya. Disinilah kita gunakan keyword.

Untuk Facebook Page, about = meta description. Jadi sama seperti aturan meta description di panduan on-page SEO, mengandung 1 keyword, menarik, dan mengundang klik. Alamat SEO lokal, alamat dan nomor telepon merupakan faktor rangking yang sangat besar. Jadi ketika ada yang mencari bisnis anda dengan keyword lokal (mengandung nama daerah), maka Facebook Page anda akan mendapatkan peringkat tinggi.

Itu dia penjelasan tentang cara mengoprimalkan Facebook page untuk penjualan produk bisnis. Pastinya Anda harus memahami terlebih dahulu caranya agar mudah di lakukan. Semoga berhasil ya…!

Baca Juga | 8 Cara Berbisnis Online di Facebook bagi Pemula

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *