Tanggal:04 May 2024

Cara Mudah Memaksimalkan Google Bisnisku (Google My Business)

Ilustrasi melakukan optimasi Google My Business (Pexels.com/Pixabay)

Baca Juga | 8 Cara Sukses Memulai Bisnis Fashion, Ayo Raih Keuntungannya!

Google Bisnisku adalah fitur gratis yang memungkinkan Anda mempromosikan Profil Bisnis dan situs bisnis Anda di Google Penelusuran dan Google Maps. Dengan akun Google Bisnisku, Anda bisa melihat dan menjangkau pelanggan, memposting pembaruan ke Profil Bisnis, dan melihat cara pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda di Google. Dengan melakukan pendaftaran Google My Business memberikan dampak yang bagus untuk penelusuran lokal. Grafik Pengetahuan Google juga menggunakan informasi Google Bisnisku yang terverifikasi. Ini akan membantu menghasilkan detail untuk database-nya tentang bisnis dan entitas terkait yang relevan dengan pencarian tertentu. Setelah daftar baru dibuat, lokasi Google Maps kemudian dibuat yang disinkronkan dengan Pencarian Google (Google Search) untuk kemudahan akses dan melakikan pencarian.

Baca Juga | 7 Tips Sukses Menjadi Marketing Handal, Auto Berhasil!

Cara Mendaftar Google My Business

  1. Membuat akun

Langkah pertama yaitu, mengakses website Google My Business di https://business.google.com/create. Perlu Anda ketahui untuk Profile Business Google terpisah dengan akun Google My Business dan untuk mendapatkan akses dan mengoptimalkan yang pertama. Anda harus melakukan pengoptimalan dengan memiliki akun Google Bisnisku, lalu mengkonfirmasikan melalui Google untuk menghubungkan dengan Profile Business Google.

Baca Juga | Apa Itu Google Analytics dan Bagaimana Cara Menggunakannya

  1. Mengisi semua data

Anda akan diminta untuk melengkapi data seperti nama bisnis, alamat, dan lain sebagainya dengan akurat dan benar. Kelengkapan Profil Bisnis Google Anda embantu Google memberi Anda peringkat lebih tinggi di hasil penelusuran lokal serta meningkatkan jumlah pelanggan yang mengunjungi profil Anda.

Baca Juga | Bisnismu Lesu? Yuk, Terapkan 6 Strategi Jualan Ini Agar Untung Banyak!

  1. Menambahkan Informasi yang Relevan dengan Bisnis Anda

Anda bisa menambahkan informasi yang membantu pelanggan menemukan produk yang dicari misalnya, menambahkan kategori – kategori yang sesuai dengan bisnis Anda

Baca Juga | Lakukan 5 Strategi Branding Produk yang Menarik Ini, Dijamin Laku

  1. Melakukan Verifikasi

Langkah selanjutnya, melakukan verifikasi berupa kode yang dikirimkan melalui email yang Anda daftarkan.

Baca Juga | Memahami STP Marketing dan Bagaimana Cara Penerapannya

  1. Menggunakan Pop up

    Pop up ini akan membantu bisnis Anda terlihat di Google Maps. Anda bisa mencoba mencarinya dengan kata kunci sesuai dengan bidang bisnis Anda atau nama bisnis Anda.

Baca Juga | 4 Tips Digital Marketing untuk Restoran

Tips Memaksimalkan Google Bisnisku

Ilustrasi menbuat strategi untuk mengoptimalkan bisnis menggunakan GMB (pexels.com/fauxels)

Ilustrasi menbuat strategi untuk mengoptimalkan bisnis menggunakan GMB (pexels.com/fauxels)

Baca Juga | 9 Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website Bisnis Anda

Berikut, langkah – langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan bisnis menggunakan Google My Business.

  1. Melengkapi Profil Bisnis

Baca Juga | 7 Cara Mudah Membangun Brand Sendiri, Dijamin Berhasil!

Usahakan untuk mengisi semua kolom yang telah disediakan untuk memudahkan pelanggan menemukan Anda. Karena semakin lengkap data yang Anda isi semakin mudah akun Anda ditemukan. Biasanya informasi yang diminta berupa nama bisnis, alamat, nomor kontak yang bisa dihubungi, kategori bisnis atau layanan, serta jam operasionalnya.

Baca Juga | 6 Jenis Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Harinya, Yakin Gak Tertarik?

Pastikan nama bisnis Anda sama dengan yang Anda gunakan pada nama toko Anda. Jangan menaruh nama merek atau brand produk Anda serta kata kunci yang, jangan sampai Anda membuat daftar spam Google Bisnisku karena akan merugikan bisnis Anda nantinya. Pastikan nama dan alamat bisni Anda sama dengan listingan seluruh web bisnis. Karena Algoritma Google memperhitungkan ketidakkonsistenan ini saat menilai kredibilitas Anda.

  1. Verifikasi Listingan Anda

Baca Juga | Cara Mudah Pasang Iklan Adsense di WordPress

Melakukan verifikasi listingan agar Anda mendapatkan control penug terhadap listingan Anda. Ini akan membantu bisnis Anda lebih mudah terlihat dan ditemukan calon pelanggan. Verifikasi biasanya akan dikirmkan melalui email. Ini gunanya untuk memberikan tanda bukti ke Google bahwa bisnis benar di lokasi yang di cantumkan. Informasi ini akan valid dan akan terhindar dari dari informasi palsu yang memberikan arah yang salah pada calon pelanggan. Tanpa verifikasi maka listingan Anda tidak akan ditampilkan.

  1. Menggunakan Fitur Insight

Baca Juga | Apa Itu Marketing Analytics?

Insight ini adalah cara orang untuk mengakses atau menghubungi Anda dari listingan bisnis. Beberapa informasi yang harus terangkum di insight Anda. Biasanya bisa berupa infomarsi seperti :

  • Cara customer dapat menemukan listingan bisnis Anda
  • Reaksi customer
  • Foto yang dilihat
  • Petunjuk arah
  • Panggilan telepon
  1. Gunakan foto yang berkualitas

Baca Juga | 8 Teknik Pencahayaan dalam Fotografi

Cara untuk menarik pelanggan salah satunya adalah dengan mengupload foto ke Profil Bisnis Anda melalui dasbor akun Google Bisnisku. Nah, tips ini bisa Anda gunakan untuk membantu mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda:

  • Usahakan mengupload satu foto terbaru untuk beberapa hari
  • Menggunakan foto thumbnail dengan mengupload logo bisnis
  • Menggunakan foto yang paling mewakili merek Anda untuk foto sampul
  • Lihat pedoman foto Google untuk spesifikasinya, tetapi pastikan untuk menyertakan pelanggan yang puas, tampilan interior dan eksterior, dan foto tim
  • Tidak ada foto stok, dan tidak ada foto dengan efek khusus atau pencitraan merek. Google mencoba menampilkan bisnis Anda seperti yang terlihat di dunia nyata
  • Fokus pada gambar berkualitas yang memiliki penggambaran yang jelas untuk menyelaraskan dengan hasil
  1. Mengulas Respon dari Pelanggan

Baca Juga | 6 Cara Jitu Mempertahankan Pelanggan, Dijamin Tidak Akan Kabur!

Salah satu hal penting dalam optimasi Google Bisnisku adalah mengulas. Hal ini membuktikan bahwa pelanggan juga terlibat dalam bisnis Anda. memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pengalaman yang baik seperti yang diharapkan. Sebagian pelanggan akan terus menulis ulasan betapa puasnya berbelanja di tempat Anda.

Baca Juga | Bingung Cara Meningkatkan Loyalitas Pelangganmu? Cek 5 Tips Ini!

Dengan meresponsnya, menunjukkan bahwa Anda peduli akan apa yang mereka pikirkan dan sangat memperhatikan serta peka terhadap bisnis yang dijalankan dan kebutuhan pelanggan. Ketika menemukan ulasan negative, Sebisa mungkin tetap tanggapi dengan baik, nada tenang, dan ujaran yang positif untuk menciptakan image yang baik pula. Cara ini membuat ulasan tersebut seimbang.

Baca Juga | Pengertian dan Manfaat Google Ads

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *