Tanggal:02 May 2024
apa itu ekspansi

Apa Itu Ekspansi Bisnis? Ini Jenis dan Tahapannya

Sobat Vocasia pasti pernah mendengar istilah ekspansi. Istilah ini kerap digunakan di berbagai bidang ilmu, seperti politik, fisika, hingga ekonomi. Apa itu ekspansi? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekspansi memiliki beberapa arti, yaitu:

(1) perluasan wilayah suatu negara dengan menduduki (sebagian atau seluruhnya)

(2) pemuaian (khususnya gas dan uap)

(3) perluasan peredaran uang ke dalam sirkulasi

Namun, dalam artikel ini kita tidak akan membahas makna ekspansi secara general. Kali ini Vocasia akan mengajak kamu untuk memahami lebih dalam tentang ekspansi di bidang ekonomi, khususnya bisnis. Ingin tahu apa itu ekspansi dalam dunia bisnis? Simak artikel ini sampai akhir ya!

Baca Juga:

Apa itu Ekspansi?

apa itu ekspansi

Dalam dunia bisnis, arti ekspansi adalah suatu usaha untuk memperbesar atau memperluas jaringan bisnis dari suatu perusahaan. Ekpansi bertujuan untuk memperoleh peningkatan profit atau keuntungan perusahaan di masa mendatang. Ahli ekonomi, Alex S. Nitisemito, mendefinisikan ekspansi sebagai upaya yang dilakukan suatu perusahaan untuk memperluas cakupan pasar dan kapasitas produksi.

Baca Juga:

Menurut Nitisemito, kondisi ini dilatarbelakangi oleh adanya peningkatan permintaan terhadap produk atau jasa yang dikeluarkan oleh perusahaan. Dalam dunia bisnis terdapat pula ekspansi pasar. Ekspansi pasar adalah upaya perusahaan untuk merambah pasar baru, mengembangkan pasar yang sudah ada di lokasi baru, hingga menjangkau konsumen-konsumen baru yang belum pernah mencoba produk sama sekali. Aktivitas-aktivitas yang lazim terjadi ketika perusahaan melakukan ekspansi, seperti: merekrut karyawan baru, memperluan fasilitas, dan membentuk pasar baru.

Baca Juga: 

Jenis-jenis Ekspansi Dalam Dunia Bisnis

Cara perusahaan untuk dapat merambah pasar baru sangat beragam. Berikut adalah jenis-jenis ekspansi dalam dunia bisnis.

  1. Merger: kegiatan untuk menggabungkan dua atau lebih perusahaan menjadi satu label perusahaan.
  2. Akuisisi: kegiatan pengambilalihan kepemilikan saham atau aset perusahaan.
  3. Hostile Takeover: jenis akuisisi yang dilakukan kepada suatu perusahaan secara paksa.
  4. Leveraged Buyout: upaya untuk memiliki perusahaan dengan cara melakukan peminjaman uang untuk membeli perusahaan tersebut.

Baca juga: 

Tahapan Melakukan Ekspansi Bisnis

tahapan ekspansi bisnis

1. Menyusun Perencanaan yang Matang

Perencanaan adalah tahap yang tidak bisa diremehkan dalam menjalankan bisnis. Perencanaan yang baik akan menghasilkan proses ekspansi yang lebih teratur. Pertama, cobalah mencari jawaban atas beberapa pertanyaan dasar berikut.

  • Bagaimana kondisi perusahaan saat ini?
  • Apa tujuan yang ingin dicapai dengan melakukan ekspansi bisnis?
  • Bagaimana perkiraan perkembangan bisnis lima tahun kedepan?

Apabila kondisi perusahaan belum cukup kuat, target pencapaian belum mantap, dan masih terjadi keragu-raguan tentang kondisi bisnis di masa depan maka ekspansi bisnis lebih baik tidak dilakukan terlebih dahulu. Namun, apabila aspek-aspek tersebut sudah cukup kuat dan mantap maka perencanaan atau skenario ekspansi sudah dapat dimulai tahap per tahap.

Baca Juga:

2. Menentukan Model Bisnis Nantinya

Model bisnis yang digunakan saat ini tidak akan dapat diterapkan lagi ketika perusahaan melakukan ekspansi. Misalnya, jika perusahaan menambah karyawan maka kegiatan bisnis akan berubah secara perlahan. Selain itu, taktik penjualan produk juga akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, perusahaan perlu menentukan model bisnis baru untuk membantu menentukan standar dalam aktivitas bisnis.

Baca Juga:

3. Mempersiapkan Modal yang Dibutuhkan Selama Proses Ekspansi

Membahas tentang ekspansi bisnis, modal pastinya menjadi komponen yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Modal dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti menyewa atau membangun gedung baru, menggaji karyawan, membangun pabrik, dan lain sebagainya yang tentu saja menghabiskan modal yang tidak sedikit.

Perusahaan yang sudah menyusun rencana matang hingga permodalan, bisa saja melakukan pinjaman kepada bank. Memperoleh modal usaha dengan cara meminjam tidak selamanya mengindikasikan bisnis yang tidak sehat. Perusahaan dapat mengajukan pinjaman modal usaha untuk mengatur aliran arus keluar masuk keuangan perusahaan agar tetap stabil.

Baca Juga:

Kesimpulan

Demikianlah informasi singkat tentang apa itu ekspansi bisnis, jenis, dan tahapannya untuk Sobat Vocasia. Ekspansi bisnis merupakan kegiatan yang membutuhkan waktu, tenaga, dan modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, pengelolaan selama proses ekspansi juga tidak boleh sembarangan. Mulai dari perencanaan hingga tahap eksekusi hendaknya dilakukan secara kompeten dan profesional. Perusahaan juga harus membangun budaya dan sistem kerja yang dapat menjamin kelangsungan usaha.

Formula Melipatgandakan Bisnis

Melipatgandakan Bisnis

Temukan formula sukses melipatgandakan bisnis bersama CEO & Founder Vocasia! Ayo segera scale-up bisnis kamu dan raih keuntungan berkali-kali lipat! Ikuti kelas: Scale-Up Miracle: Formula Sukses Melipatgandakan Bisnis Bagian Dari: Success Miracle Series from The CEO

Baca juga: 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *