Tanggal:05 May 2024

Apa Itu Giveaway? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Strategi promosi adalah fase penting dari proses bisnis. Salah satu strategi yang cukup populer di kalangan pebisnis adalah giveaway. Giveaway merupakan salah satu strategi dalam pemasaran dengan membagikan hadiah dengan syarat tertentu. Giveaway sangat populer di media sosial, terutama Instagram. Faktanya, banyak sponsor giveaway menggunakan selebriti berbayar. Pihak selebriti umumnya akan memposting hadiah sesuai dengan permintaan sponsor.

Baca juga: Memahami Perbedaan KOL dengan Influencer

Kegiatan tersebut menunjukkan bahwa terdapat beberapa peluang bisnis. Seperti meningkatkan engagement. Simak penjelasanya!

Apa Itu Giveaway?

Giveaway adalah penawaran promosi yang diberikan oleh perusahaan untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan prospeknya. Ada banyak jenis hadiah berdasarkan sarana promosi, yang paling umum adalah memberikan hadiah kepada pemenang yang dipilih secara acak dari kumpulan entri. Dalam kasus seperti itu, kumpulan entri berfungsi sebagai prospek potensial. Promosi giveaway memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi dengan audiens dan juga mempromosikan produknya sendiri. Ini terutama merupakan teknik pemasaran yang digunakan oleh merek dari semua ukuran untuk melibatkan, menumbuhkan, dan memasarkan basis pelanggan mereka.

Baca juga: Guerilla Marketing: Pengertian, Jenis Strategi, Contoh, dan Manfaatnya

 

Manfaat Giveaway

1. Biaya pemasaran produk lebih rendah daripada pemasaran tradisional

Biaya pemasaran produk lebih rendah apabila menerapkan giveaway (freepik)

Salah satu manfaat utama memiliki produk promosi giveaway adalah biaya rendah. Hadiah promosi harganya lebih murah daripada pemasaran tradisional seperti iklan TV, radio dan majalah dan bahkan iklan online dan mereka terlihat dan digunakan lebih dari katakanlah iklan cetak hitam putih di bagian belakang surat kabar.

Baca juga: Apa Itu Iklan Advertorial?

Pemasar mendapatkan laba atas investasi yang lebih baik ketika mereka menggunakan hadiah promosi dibandingkan dengan menggunakan cara periklanan tradisional. Di saat kondisi ekonomi naik turun, pemasar dan pemilik bisnis dapat melakukan investasi cerdas dengan memutuskan untuk berinvestasi dalam hadiah promosi. Hadiah promosi telah terbukti memiliki hasil yang terukur dengan investasi yang sangat wajar.

2. Dampak yang didapat tahan lama

Pemberian promosi yang tepat dapat membantu membangun pengenalan merek di kalangan konsumen. Produk promosi lebih kepada konsumen dari sekedar iklan. Mereka bertindak sebagai alat yang dapat digunakan dan diperlukan.

Baca juga: Branding: Pengertian, Manfaat dan tujuan branding secara umum

Penerima produk promosi dapat mengingat pengiklan pada barang tersebut dan orang-orang menyimpan barang tersebut karena kegunaannya. Pelanggan lebih cenderung mengingatmu jika mereka berulang kali melihat nama merek dan logo milikmu. Item hadiah promosi memiliki kesempatan untuk melakukan hal itu.

3. Mendapatkan target audiens yang spesifik

Target audiens yang spesifik (freepik)

Hadiah promosi memungkinkan perusahaan untuk memilih produk yang secara khusus dapat disesuaikan dengan audiens target mereka. Dengan memilih hadiah yang mungkin dianggap berguna atau menarik oleh audiens mereka, mereka mendorong diri mereka sendiri ke garis depan pikiran mereka.

Baca Juga | Apa itu Buyer Persona?

Memberikan produk promosi yang akan dinikmati audiens target adalah cara yang bagus untuk membangun loyalitas merek. Ketika kamu memberi mereka produk gratis yang menurut mereka berguna, mereka kemungkinan besar akan mengingat merekmu dan mudah-mudahan merasa ingin memberi kembali dan membeli sesuatu dari apa yang kamu tawarkan di masa mendatang.

 

Kekurangan Giveaway

Layaknya strategi marketing lainnya, giveaway juga punya beberapa sisi buruk. Apa sajakah kekurangan dari giveaway itu? Berikut kekurangan giveaway.

  1. Audiens yang “habis manis sepah dibuang”: misalnya, kamu mensyaratkan follow akun Instagram saat mengikuti undian hadiah. Mereka akan datang dan mengadu nasib di campaign-mu. Jika mereka tidak menang, mereka pergi begitu saja, alih-alih menetap. Ini tentu bisa mempengaruhi performa Instagram perusahaan.
  2. Adanya perlakuan curang dari berbagai pihak: kamu meminta peserta memberikan komentar di post sebagai syarat pendaftaran. Bisa saja, ada orang yang menuliskan komentar sebanyak-banyaknya.
  3. Durasi undian yang harus diperhatikan. Perhatikan jarak waktu antara pendaftaran, pengundian, dan pengumuman. Jika terlalu sebentar, pengikut undianmu bisa sedikit. Jika terlalu lama, peserta undian bisa tak tertarik, bahkan tak sabar menunggu. Siapa yang suka dibuat penasaran lama-lama?

Jadi, dapat disimpulkan bahwa giveaway pun memiliki kekurangannya sendiri. Namun, ada beberapa cara menanggulanginya seperti membuat peraturan satu akun hanya boleh berkomentar satu kali untuk menghindari spam, mempertimbangkan durasi dalam pelaksanaannya supaya pengumuman tidak terlalu lama, dan menyampaikan tanggal sejak awal atau membuat countdown sebagai pengingat bagi audiens

 

Contoh Giveaway

Contoh giveaway (freepik)

Giveaway sendiri memiliki beberapa contoh yang umumnya dilakukan perusahaan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Tag a friend

Kamu meminta audiens untuk memberi komentar dan tag temannya di post-mu. Strategi ini memungkinkanmu untuk mendapatkan exposure tidak hanya ke audiens, tapi juga ke teman-teman atau keluarganya.

2. Share a video or photo

Kamu mengajak audiens untuk berpartisipasi dalam kontes membagikan video atau foto yang berkaitan dengan perusahaan atau campaign. Strategi ini pun sendiri dapat meningkatkan reach dan engagement karena memanfaatkan network effect dari audiens yang berpartisipasi.

3. Download aplikasi

Jika kamu ingin meningkatkan jumlah download aplikasimu, memberikan giveaway dengan syarat harus men-download aplikasimu untuk bisa berpartisipasi dapat kamu coba.

4. Follow, like atau retweet, dan komentar

Ide giveaway ini tidak hanya meningkatkan engagement ke akunmu, tapi juga turut menambah jumlah followers. Selain itu, strategi ini pun membantumu menjangkau audiens baru, terlebih jika kamu melakukannya di Twitter.

5. Melalui influencer

Kamu pun bisa melakukan giveaway melalui kerja sama dengan influencer. Misal, kamu memberi syarat setiap orang harus mengikuti akun perusahaanmu dan inflluencer untuk berpartisipasi. Dengan strategi ini, kamu bisa menjangkau audiens dari influencer tersebut yang membantumu mendapatkan konsumen baru.

 

Cara Efektif Menentukan Giveaway

Cara efektif menentukan giveaway (freepik)

1. Tentukan garis waktu

Perlu beberapa waktu untuk merencanakan, membangun, dan menjalankan kontes yang sukses. Jadi membuat timeline pemasaran giveaway akan membantumu tetap di jalur. Ini mungkin terdengar seperti proyek besar tetapi kamu dapat membagi setiap tahap kontes menjadi bagian-bagian yang mudah dikelola untuk kejelasan.

Baca juga: Cara Membagi Waktu Kerja dan Usaha? Ini Cara-Caranya!

2. Buat tujuan yang didefinisikan dengan baik

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari giveaway yang kamu lakukan, paastikan bahwa kamu memiliki tujuan yang jelas. Sasaran kamu akan menentukan bagaimana  membangun kontes dan mengukur hasilnya saat kontes selesai. Jadi pertimbangkan apa yang ingin kamu capai.

Misalnya tingkatkan keterlibatan pengguna, tingkatkan kesadaran produk, dapatkan lebih banyak pelanggan e-mail, kirim lebih banyak lalu lintas ke situs web, kumpulkan konten buatan pengguna (UGC), hasilkan penjualan, dan astikan tujuan giveaway selaras dengan tujuan bisnis . Dengan tujuan, tentunya kamu akan lebih mudah untuk membangun kontes yang sukses.

3. Pilih hadiah yang menarik dan relevan

Keberhasilan giveaway sebagian bergantung pada jenis hadiah yang kamu tawarkan. Jika kamu tidak menawarkan hadiah yang menggairahkan dan menarik minat audiens target, mereka tidak akan berusaha untuk masuk. Bahkan bisa menghasilkan entri dari orang-orang yang hanya menginginkan freebie, bukan orang yang pada akhirnya akan berubah menjadi pelanggan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Produk Bundling

4. Bekerjasama dengan influencer dan menggunakan yang tidak banyak saingan

Dengan melakukan kerjasaman dengan influencer, kamu dapat berbagi beberapa tanggung jawab yang terlibat. Misalnya, biaya hadiah utama dan penjurian pemenang. Hal yang paling banyak baik adalah memberikan kontesmu semangat ekstra dengan memaparkannya kepada audiens yang berbeda namun relevan. Belum lagi, setiap brand dan influencer yang terlibat akan membantu mempromosikan kontes secara online.

5. Mulai mempromosikan sebelum meluncurkan produk

Ini merupakan ide yang baik untuk menarik audiens tentang giveaway yang akan segera datang beberapa minggu sebelum kamu meluncurkannya. Ini akan membantu menghasilkan buzz dan antisipasi di antara audiensmu, mendorong mereka untuk menonton posting pengumuman.

Jadi dapat disimpulkan giveaway merupakan strategi dalam pemasaran dengan membagikan hadiah dengan syarat dan ketentuan sesuai keinginan penyelenggara. Manfaat dari kegiatan ini banyak sekali, salah satunya terkait dengan peningkatan customer engagement.

Baca juga: Perbedaan Marketing Dengan Sales

Demikian informasi dari Vocasia tentang giveaway. Segera terapkan strategi ini untuk mencapai pemasaranmu, ya!

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *