Tanggal:29 April 2024

9 Aplikasi Scan Foto dan Dokumen

Segala pekerjaan manusia, kini sudah dimudahkan oleh kemajuan teknologi. Apalagi dalam mengatur pemberkasan, keberadaan aplikasi scan foto dan dokumen pada smartphone memiliki banyak fitur dengan ciri khas yang berbeda. Umumnya, aplikasi scan bisa mengubah media dokumen ataupun gambar ke dalam bentuk PDF. Dahulu, jika kita memerlukan peralatan seperti ini harus membutuhkan mesin khusus yang sulit didapatkan.

Mungkin saat mengurus data administrasi, sering kali kita menggunakan aplikasi ini. Ntah untuk keperluan kerja, sekolah, ataupun organisasi sekalipun. Manfaatnya bisa diperoleh dan diakses dengan mudah. Ternyata tak hanya itu saja, lho. Kamu juga bisa mendapatkannya secara gratis.

Baca Juga | 10 Aplikasi Pendukung UMKM, Sudah Punya Semua?

Hal yang perlu kamu lakukan cukup dengan menginstal pada Google Play Store atau Apps Store yang tersedia di smartphone-mu. Banyak sekali berbagai macam aplikasi scan yang bisa kamu pilih. Namun, jangan hanya asal instal saja, ya! Kamu harus memastikannya terlebih dahulu. Karena ada beberapa kasus aplikasi scan dengan kualitas tak bagus. Bahkan, adapula yang tidak bisa digunakan saat telah terinstal.

Aplikasi tersebut sangat penting untuk menunjang penyelesaian suatu pekerjaan apa pun dalam versi digital. Sehingga, seluruh pekerjaan pun dapat diselesaikan dengan cepat. Bagaimana, kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi scan foto dan dokumen? Jika kamu masih bingung untuk memilihnya tak perlu khawatir, ya. Pada kesempatan kali ini Vocasia akan memberikan rekomendasinya. Tentunya, kualitasnya dijamin bagus. Wah, ada apa saja, ya? Yuk, simak ulasannya hingga akhir!

Baca Juga | 10 Aplikasi Untuk Mendata Bisnis Yang Mudah Sekali Digunakan

Aplikasi Scan Foto dan Dokumen Berkualitas

Penggunaan Aplikasi Scan (Freepik)

Scan atau pemindaian dokumen merupakan proses mengubah dokumen yang mulanya menggunakan kertas menjadi format digital. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan scanner yang mengubah dokumen menjadi file digital. Tentunya penggunaan aplikasi scan sangat memudahkan pekerjaanmu. Berikut ini rekomendasi aplikasi scan foto dan dokumen paling bagus.

Baca Juga | 7 Rekomendasi Aplikasi Tanda Tangan Digital

1. Simple PDF Scanner

Aplikasi Simple Scanner (Google)

Rekomendasi yang pertama adalah aplikasi scan foto dan dokumen yang mendapatkan rating tertinggi dari para penggunanya di Google Play Store, yakni mencapai 4,7. Kemampuannya pun tak perlu diragukan lagi. Tak hanya itu, Simple Scan mampu membuat dokumen yang pernah kamu scan berdasarkan dari judul atau tanggal pengambilan dokumen tersebut. Walaupun terlihat sederhana, tapi nyatanya fitur ini akan sangat membantu, terutama bagi kamu yang sedang butuh melakukan scan dalam jumlah yang banyak.

Fitur pemrosesan gambarnya pun terbilang paling lengkap. Sebab, kamu dapat memilih beragam parameter editing otomatis layaknya alat scanner sungguhan. Akan tetapi, aplikasi ini memakan memori yang sangat besar. Jika kamu ingin menginstalnya harus membutuhkan ruang penyimpanan mencapai 58 MB. Walaupun besarnya kapasitas yang dibutuhkan ini, tentu sangat sebanding dengan fiturnya yang lengkap dan canggih, bukan? Aplikasi gratis ini sudah terinstal lebih dari 10 juta pengunduh.

Baca Juga | Berikut 4 Cara Mengubah PDF Ke Word Tanpa Aplikasi Tambahan

2. App ScanPro

Rekomendasi yang kedua bernama ScanPro. Ia dirancang oleh Doo GmBH dan memiliki ukuran sekitar 23 MB serta telah diinstal lebih dari 1 juta pengunduh. Aplikasi ini juga merupakan salah satu scanner gambar atau dokumen yang hasilnya dapat berupa JPG atau file PDF. Kamu juga bisa mengedit tulisan langsung di dokumen menggunakan aplikasi ini. Ukurannya sedikit lebih kecil dibandingan Simple Scan, bukan? Kamu juga bisa langsung melakukan editing, yang merupakan kelebihan dari aplikasi ini. Hanya saja, aplikasi ini belum mendukung semua format gambar yang ingin digunakan.

Baca Juga | 7 Situs Serta Aplikasi Pembuat Daftar Pustaka Dan Sitasi Bagi Mahasiswa

3. Adobe Scan

Adobe Scanner (Google Plasy Store)

Aplikasi Adobe Scan merupakan salah satu aplikasi pemindai dokumen yang sangat terkenal karena telah digunakan oleh lebih dari 1,6 Juta pengguna. Di aplikasi ini, pengguna dapat menandai semua data penting seperti memindai dokumen bahkan kwitansi. Dengan menggunakannya, kamu akan lebih mudah membaca dokumen yang diperlukan. Kamu juga bisa mengirim dokumen via email atau backup melalui Cloud. Selain itu, Adobe Scan juga mampu memindahkan berbagai jenis dokumen. Hanya saja, aplikasi yang satu ini cukup memakan memori dan tools yang tersedia masih kurang ramah untuk orang yang tidak terbiasa menggunakannya.

Baca Juga | Cara Memahami Adobe Photoshop

4. Microsoft Office Lens

Bila kamu membutuhkan aplikasi scan foto beresolusi tinggi, aplikasi Microsoft Office Lens merupakan pilihan yang tepat. Hal itu karena ia mampu menghasilkan gambar yang sangat jelas dan mudah dibaca. Cara kerja aplikasi ini pun cukup sederhana. Ketika kamu membuka aplikasi, kamera pada Android akan otomatis menyala. Selain itu, tersedia sebuah tombol untuk memilih antara dua fungsi utama pada aplikasi, yaitu modus dokumen dan modus papan tulis hitam. Yang pertama, kamu dapat memotong foto dan menambahkan warna sekaligus membingkai dokumen. Yang kedua, kamu dapat memotong dan mengurangi silau pada objek tersebut. Lalu, kamu dapat menyimpannya melalui one note, Drive, atau simpan pada perangkat ponselmu. Kamu juga bisa mengonversi ke format docx, pptx, ataupun pdf.

Baca juga | Kumpulan Aplikasi Tanda Tangan Digital

5. Tiny Scanner

Ilustrasi Aplikasi Tiny Scanner (Google)

Selanjutnya terdapat aplikasi scan dokumen terbaik untuk perangkat Android ataupun iOS yang dikembangkan oleh developer Appxy. Melalui aplikasi ini, kamu dapat melakukan scan pada semua dokumen, kwitansi, laporan, foto, serta file lain dengan praktis. Hasilnya pun tidak hanya berupa format pdf saja, tetapi juga dapat berbentuk gambar jpeg. Selain itu, aplikasi ini menyediakan fitur penyesuaian seperti memotong (cut),mencerahkan, merotasi, dan lainnya.

Baca Juga | Mengenal Aplikasi Notion Dan Kegunaannya

6. My Scans

Aplikasi My Scans menghadirkan fitur yang cukup menarik buat para penggunanya. Aplikasi ini sanggup membuat satu dokumen ke dalam beberapa halaman. My Scans juga menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk dapat langsung menandatangani dokumen melalui layar ponsel. Dokumen yang tersimpan tidak akan berantakan karena kamu bisa mengatur folder hasil scan-nya.

Baca Juga | Cara Membuat Google Docs Dengan Mudah, Yuk Coba!

7. Camera Scanner Image

Aplikasi Scanner (Google)

Nah, aplikasi scanner selanjutnya bernama Camera Scanner Image. Aplikasi ini termasuk kecil untuk kapasitas penyimpanannya. Ia diciptakan oleh Account Studio dan memiliki ukuran sekitar 10 MB serta sudah diinstal lebih dari 1 juta pengguna Android. Selain itu, aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi lainnya yang berfungsi untuk memindai dokumen secara cepat menjadi format file jpeg dan juga pdf.

Baca Juga | Cara Backup WordPress Dengan Mudah

8. Genius Scan

Genius Scan merupakan salah satu aplikasi scanner dokumen yang paling populer saat ini. Dalam aplikasi ini terdapat fitur pendukung utama untuk pemindaian dokumen dan konversi. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur untuk memperbaiki pemindaian dokumen seperti catatan sekolah dan yang lainnya. Ukuran aplikasinya cukup terbilang besar. Dan sayangnya fitur untuk memperbaiki pemindaian masih belum terlalu stabil bila digunakan.

Baca juga | Mengenal Content Writer, Profesi Penulis Yang Paling Dicari

9. Photo Scan by Google Foto

Photo Scan by Google (Google)

Aplikasi ini tak hanya sempurna untuk scan foto, namun juga sangat cocok untuk melakukan scan semua dokumen. Beberapa kelebihan dari aplikasi ini yaitu dapat menghasilkan gambar yang sempurna dan bebas silau. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur pemotongan otomatis berdasarkan pendeteksi tepi dan rotasi layar pintar. Sehingga, foto pengguna tetap menghadap ke objek yang jelas. Tak heran pengguna aplikasi PhotoScan by Google Foto sudah menembus 145 ribu dengan rating bintang 4.

Itulah beberapa deretan aplikasi scan foto dan dokumen terbaik yang bisa kamu gunakan di smartphone. Dengan menginstal aplikasi di atas, kamu bisa melakukan scan apa pun dengan praktis. Bagaimana, kamu tertarik untuk mencobanya? Semoga artikel ini bermanfaat dan nantikan artikel lainnya dari Vocasia, ya. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan info lainnya!

Baca Juga | Cara Mudah Membuat Power Point Yang Menarik Dan Kreatif!

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *