Tanggal:14 June 2024

12 Aplikasi untuk Mendata Bisnis yang Mudah Sekali Digunakan

Beberapa aplikasi bisa dimanfaatkan untuk mendata bisnis.

Ketika membuka dan menjalankan suatu bisnis, kamu diharuskan untuk cermat, teliti, dan fokus dalam memantau secara keseluruhan dan berkelanjutan perkembangan bisnis yang sedang kamu jalani tersebut. Kamu wajib memperhatikan segala detail, sehingga bisnismu ini tidak salah dalam prosesnya dan berakhir terpuruk. Permasalahnya datang ketika bisnismu merupakan perusahaan besar dengan banyak karyawan. Hal itu tentunya akan menyulitkanmu untuk mengamati perkembangan secara keseluruhan tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Nah, kamu bisa memanfaatkan aplikasi untuk menunjang proses kerja bisnismu, nih.

Aplikasi penunjang bisnis ini misalnya saja aplikasi untuk melakukan suatu pembukuan. Kamu memang masih bisa menggunakan cara konvesional dengan menggunakan buku besar, tetapi hal itu tak fleksibel ketika kamu ingin mengeceknya setiap saat. Selain itu, adanya kesalahan pencatatan secara manual sehingga tidak didapatkan suatu keseimbangan pun dapat terjadi. Darinya, pembukuan dengan menggunakan buku besar dinilai kurang efektif dan efisien. Lalu apa yang harus dilakukan untuk menuliskan catatan arus masuk dan keluar? Apalagi pembukuan merupakan proses penting untuk dapat melihat pengeluaran dan pemasukan, serta menentukan harga dan pajak yang harus dibayarkan. Nah, kamu tak perlu cemas, dengan adanya kemudahan teknologi saat ini, terdapat banyak aplikasi yang membantumu mengembangkan bisnis. Berikut daftar selengkapnya.

1. Aplikasi Finansial atau Pembukuan

Beberapa aplikasi untuk melakukan pembukuan keuangan usahamu.
Beberapa aplikasi untuk melakukan pembukuan keuangan usahamu. Sumber: Pexels

Setiap pengeluaran dan pemasukan harus selalu dicatat. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis, adanya pembukuan sangat penting untuk dilakukan. Dalam melakukan pembukuan ini, masih banyak perusahaan atau bisnis yang masih menggunakan buku besar. Padahal penggunaan buku besar untuk melakukan proses ini sudah terbilang kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu, di masa serba teknologi ini, akan lebih baik menggunakan aplikasi finansial untuk melakukan pembukuan ini. Hal itu karena jauh lebih fleksibel dan komprehensif. Nah, berikut beberapa aplikasi finansial yang bisa dicoba.

1) Moodah

Aplikasi yang membuatmu melakukan pembukuan usaha dengan mudah. Kamu bisa mencatat penjualan dan pengeluaran. Dalam aplikasi ini, kamu bisa memantau bisnis secara real-time. Aplikasi Moodah ini telah dilengkapi dengan fitur-fiturnya seperti pencatatan transaksi penjualan, pengelolaan hutang dan piutang, laba rugi, laporan neraca keuangan, dan arus kas instan. Aplikasi ini bisa diakses hanya dengan ponsel. Segala pengeluaran dan pemasukan terekam secara lengkap dan bisa diunduh. Aplikasi ini bisa didownload di Play Store dan gratis, serta mudah sekali untuk digunakan.

2) Akuntansi UKM – Money Manager

Aplikasi pencatatan keuangan selanjutnya adalah Akuntansi UKM – Money Manager. Di dalam aplikasi ini, kamu bisa melihat semua transaksi yang telah dilakukan oleh bisnismu tersebut. Kamu bisa mengunduh Aplikasi UKM – Money Manager ini di Play Store. Selain gratis, aplikasi ini pun dapat dijalankan secara offline.

3) Akuntansi Keuangan

Nah, aplikasi selanjutnya adalah Akuntansi Keuangan yang bisa kamu dapatkan juga secara gratis di Play Store. Aplikasi ini memberikan banyak fitur yang dapat dimanfaatkan olehmu, salah satunya adalah untuk pencatatan keuangan. Berbagai pilihan pun tersedia seperti jurnal, buku besar, neraca, laba rugi, dan sebagainya.

4) Teman Bisnis

Aplikasi untuk membantu pencatatan finansial bisnismu ini juga tersedia secara gratis di Play Store. Aplikasi Teman Bisnis ini sangat cocok untuk digunakan sebagai pelaku bisnis pemula yang memiliki usaha kecil-kecilan, atau bahkan tidak memiliki pengetahuan apapun mengenai akuntansi.

2. Aplikasi Perencanaan Ide atau Strategi

Beberapa aplikasi untuk mencatat ide dan strategi usahamu.
Beberapa aplikasi untuk mencatat ide dan strategi usahamu. Sumber: Pexels

Selain aplikasi untuk melakukan pembukuan keuangan usahamu, kamu juga membutuhkan aplikasi untuk merencanakan ide atau strategi, nih. Sebelum adanya kecanggihan teknologi, orang-orang biasanya akan mencatat berbagai ide atau strategi yang muncul di atas kertas. Sayangnya, dengan penggunaan media kertas dan pulpen ini justru memiliki kelemahan yang besar yaitu bisa hilang sewaktu-waktu. Nah, sudah saatnya kamu mengalihkannya menggunakan aplikasi untuk merencanakan ide atau strategi ini, nih.

1) Evernote

Kamu bisa mencatat segala hal di dalam aplikasi Evernote ini. Selain mudah dan praktis, kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis dengan mengunduhnya di PlayStore.

2) OneNote

Selain Evernote, kamu juga bisa memanfaatkan OneNote untuk menuliskan ide-ide atau strategi yang muncul di kepalamu. Aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis di PlayStore.

3. Aplikasi untuk Modal Bisnis

Aplikasi untuk peminjaman modal.
Aplikasi untuk peminjaman modal. Sumber: Pexels

Ketika memulai suatu bisnis, tentu modal menjadi permasalahan utamanya. Banyak orang yang terpaksa mundur karena terkendala yang satu ini. Nah, jika kamu juga merasakan adanya kesulitan modal untuk memulai bisnismu sendiri. Jangan cemas! Kamu pun tak harus melangkah mundur dan merelakan mimpimu tersebut. Hal itu karena sekarang sudah tersedia aplikasi yang akan menawarkanmu pinjaman modal untuk memulai bisnis.

1) KoinWorks – Super Financial App

Salah satu aplikasi pinjaman modal yang kamu bisa manfaatkan. Kamu bisa mengunduh KoinWorks ini secara gratis di Play Store-mu. KoinWorks ini memiliki beberapa produk salah satunya KoinBisnis yang bisa kamu manfaatkan untuk mengajukan pinjaman modal usaha. Aplikasi ini sangat fleksibel karena hanya melalui ponsel saja sudah bisa kamu jalankan. Di sini, kamu bisa mendapatkan modal usaha mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga rendahnya yaitu 0,75% per bulannya.

4. Aplikasi untuk Memanajemen Projek atau Karyawan

Aplikasi untuk memanjamen proyek dan karyawan.
Aplikasi untuk memanjamen proyek dan karyawan. Sumber: Pexels

Sebagai seorang pemimpin dalam suatu bisnis, tugasmu tentulah mengawasi jalannya proses. Kamu harus memperhatikan jalannya kinerja dengan teliti, sehingga jika ada kesalahan bisa diminimalisasikan dan dapat langsung memberikan solusinya. Permasalahnya datang ketika usahamu tersebut merupakan usaha besar dengan banyak pegawai. Tentunya kamu akan merasa kesulitan dalam mengorganisasikan mereka. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa menerapkan solusi ini, nih. Dengan menggunakan aplikasi untuk memanajemen projek dan karyawan, tugasmu akan menjadi ringan. Berikut beberapa aplikasi manajemen yang dapat digunakan.

1) Trello

Aplikasi Trello bisa kamu unduh secara gratis di PlayStore. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan dimudahkan dalam mengatur banyak projek di satu tempat ini. Adanya penggunaan aplikasi Trello ini, kamu juga bisa tahu progress kerja yang dilakukan anak buahmu, siapa saja yang terlibat, apa yang sedang mereka lakukan, dan sebagainya.

2) Asana

Selain Trello, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Asana untuk melihat dan mengatur proyek atau karyawan. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis dengan mengunduhnya di Play Store.

5. Aplikasi Kasir

Beberapa aplikasi untuk kasir.
Beberapa aplikasi untuk kasir. Sumber: Pexels

Dalam melakukan urusan kasir pun, kamu sudah bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini. Dengan memanfaatkan berbagai aplikasi kasir yang praktis berikut ini, kamu tak perlu lagi pusing dalam masalan perkasiran.

1) Pawoon

Aplikasi kasir pertama yang bisa kamu coba adalah aplikasi Pawoon. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store. Aplikasi Pawoon menyediakan fitur cetak struk dan dapat menyimpan seluruh transaksi.

2) Moka POS

Aplikasi Moka POS ini juga dapat kamu unduh secara gratis di Play Store. Moka menawarkan kemudahan-kemudahan untukmu dalam menjalankan bisnis. Kamu bisa mengganti kegiatan kasirmu menjadi modern dengan menggunakan aplikasi ini. Seluruh transaksi pun akan tercatat denngan rapih.

3) Olsera POS

Aplikasi kasir terakhir yang bisa kamu coba adalah aplikasi Olsera POS. Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis di Play Store. Berbagai fitur tersedia untuk memudahkanmu dalam urusan perkasiran.

6. Aplikasi Perbankan

Miliki aplikasi perbankan untuk memudahkanmu dalam urusan keuangan.
Miliki aplikasi perbankan untuk memudahkanmu dalam urusan keuangan. Sumber: Pexels

Aplikasi perbankan sangat dibutuhkan pelaku bisnis sepertimu. Dengan menggunakan aplikasi perbankan, segala kegiatan keuangan bisa dilakukan secara cepat dan praktis. Misalnya untuk urusan pengiriman uang ke anggota timmu. Dengan adanya aplikasi perbankan m-banking, tentunya kamu akan menjadi mudah. Kamu tak perlu lagi untuk pergi ke bank atau atm hanya untuk mengirimkan uang tersebut. Nah, aplikasi perbankan m-banking yang bisa kamu manfaatkan adalah BCA mobile, BRImo, BTN mobile, dan sebagainya.

7. Aplikasi Chating untuk Bisnis

Gunakan aplikasi chating bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan.
Gunakan aplikasi chating bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Sumber: Pexels

Nah, aplikasi selanjutnya yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis sepertimu adalah aplikasi chating. Kamu memang memiliki aplikasi chating seperti Whatsapp atau LINE, tetapi usahakan untuk membedakan antara bisnis dan personal. Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi chating khusus bisnis. Apalagi untuk keperluan komunikasi dengan pelanggan atau pembeli. Darinya, mungkin aplikasi Whatsapp for Business sangat cocok untuk kamu gunakan.

8. Jasa Pembuatan Toko Online

Manfaatkan jasa pembuatan toko online.
Manfaatkan jasa pembuatan toko online. Sumber: Pexels

Sekarang ini, sudah saatnya mengalihkan bisnismu menjadi bisnis online. Selain meminimalisasi modal karena kamu tak membutuhkannnya untuk sewa toko offline, kamu juga bisa semakin mengembangkan dan melebarkan bisnismu tersebut. Dengan membuka toko online, kamu bisa menargetkan seluruh masyarakat di berbagai wilayah. Nah, berikut layanan pembuatan toko online yang bisa digunakan.

1) Sirclo

Sirclo menawarkan jasa pembuatan toko online yang mudah dikelola dengan tampilan toko yang menarik. Dengan beberapa cara saja, kamu sudah bisa membentuk toko onlinemu sendiri, dan menjual barang di sana. Untuk mengaksesnya, kamu bisa mencari Sirclo di mesin pencarian.

9. Aplikasi untuk Mendesain

Aplikasi untuk mendesain tampilan foto produkmu.
Aplikasi untuk mendesain tampilan foto produkmu. Sumber: Pexels

Ketika melakukan jualan di online, tampilan barang dan kekreatifan dalam mendesainnya menjadi nilai jual yang tinggi. Adanya tampilan dan desain yang bagus tentunya akan menarik pembeli lebih banyak. Nah, berikut beberapa aplikasi untuk mendesain yang bisa kamu gunakan.

1) Canva

Untuk mendesain atau mengedit tampilan foto barangmu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Canva. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di Play Store. Di dalamnya terdapat fitur-fitur menarik yang bisa kamu gunakan untuk mempercantikan foto produkmu tersebut.

2) Picsart

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengedit adalah Picsart. Kamu mungkin telah mendengar aplikasi ini. Saatnya, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk kepentingan bisnismu, nih. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store juga. Selain kedua aplikasi tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi desain yang lain.

10. Aplikasi untuk Media Sosial & Email Marketing

Aplikasi untuk menjadwal postingan di media sosial.
Aplikasi untuk menjadwal postingan di media sosial. Sumber: Pexels

Ketika membuka bisnis secara online dengan memanfaatkan media sosial, kamu juga harus mengatur jadwal unggahan agar bisa optimal di banyak media sosial yang kamu gunakan tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan satu aplikasi yang memudahkanmu mengaturnya. Kamu juga membutuhkan email marketing untuk keperluan promosi. Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan.

1) Buffer

Aplikasi untuk mengatur jadwal unggahan ke media sosialmu adalah aplikasi Buffer. Aplikasi ini bisa menentukan jadwal setiap postingannya dan akan memostingnya secara otomatis. Jadi, kamu tak perlu bolak-balik memosting dari satu media sosial ke media sosial lain. Cukup hanya dari Buffer, kamu sudah memosting di berbagai medsosmu.

2) Mailchimp

Nah, untuk keperluan tetap terhubung dengan pelanggan, kamu bisa menggunakan aplikasi Mailchimp. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis dengan mengunduhnya di Play Store.

11. Aplikasi Pengelola stock barang

Jika kamu adalah pengusaha yang sudah memiliki omset tinggi, pasti sudah banyak barang yang terjual. Tentunya kamu membutuhkan pembuakuan atau data-data untuk mengelola stok barang. Kali ini kamu tidak perlu repot-repot menyimpan semua data tersebut dalam buku yang berukuran besar. Hanya menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengelola bisnismu dengan efektif dan efesien. 

1) Stok And Inventory Simple

Apalikasi yang pertama adalah Stok and investory simple. Aplikasi yang satu ini menyediakan fitur-fitur yang membantumu dalam mengelola stok barang secara efektif dan efesien. Kamu tidak akan kesulitan untuk mencari item atau fitur lainnya dalam aplikasi ini. Karena aplikasi ini sangat mudah digunakan ketika kamu menginput data.

Kamu bisa menambahkan gambar dan mendeskripsikan barang tersebut. Selain itu, kamu juga dapat mengimpor data tersebut ke excel.

2) Fishbowl Inventory

Aplikasi selanjutnya adalah Fishbowl Inventory. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk mengatur persediaan barang saja tapi bisa dipakai untuk mencatat dan mendata pemasarannya. Aplikasi ini sangat berguna untuk mengelola bisnis terutama kamu yang memiliki usaha makanan karena kamu dapat mengetahui data dari setiap makanan yang kamu jual dan makanan mana yang paling laris terjual.

3) Household Register

Aplikasi satu ini memiliki keunggulan yaitu kamu dapat mengkategorikan setiap barang dan menggabungkan barang tersebut sesuai dengan jenisnya. Selain itu, kamu juga dapat menandai setiap produk sehingga kamu tidak perlu repot untuk mencari barang. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat mudah untuk mengelola persediaan barang.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Kursus membuat Aplikasi website
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *