Tanggal:14 May 2024
Brand positioning adalah (kinetic.id)

Brand positioning: pengertian, strategi,manfaat dan contoh

Apa itu brand positioning?

Brand Positioning dapat didefinisikan sebagai strategi positioning merek dengan tujuan untuk menciptakan kesan unik di benak pelanggan dan di pasar. Brand Positioning harus diinginkan, spesifik, jelas, dan berbeda sifatnya dari pesaing lainnya di pasar.

Baca Juga | Apa Itu Brand Community dan Manfaat Membangun Komunitas Merek

Positioning merek yang efektif memungkinkan merek perusahaan dapat dengan mudah dibedakan dari merek pesaing di pasar. Membedakan merek dari merek lain dapat dilihat dari atribut merek yang terkait, manfaat bagi pengguna, dan/atau penekanan segmen pasar, di antara faktor-faktor lainnya. Penempatan merek yang efektif lebih lanjut menekankan elemen keunggulan di sepanjang satu atau lebih dimensi pembeda yang dihargai oleh konsumen.

Baca Juga | Pengertian Turbo Marketing Beserta Pengaruh untuk Konsumen

Jenis – jenis strategi

1. Price based positioning

Memposisikan layanan dan produk Anda berdasarkan harga berarti Anda   mengasosiasikan merek Anda dengan harga kompetitif apa pun yang ada di pasar atau menempatkannya di tempat yang mungkin Anda temukan celah di pasar pada titik harga tertentu. Biasanya, merek akan melihat celah ini dan menawarkan harga paling terjangkau.

Baca Juga | Penasaran Berapa Sih Harga Pasang Iklan di Times Square New York?

2. Convenience based positioning

Strategi penentuan posisi berbasis kenyamanan adalah strategi yang mengkomunikasikan bahwa Anda dapat membantu membuat hidup pelanggan lebih mudah. Baik itu lokasi, kemudahan akses, atau kegunaan umum, kenyamanan adalah faktor kunci yang membedakan merek tertentu. Misalnya, pelanggan mungkin lebih cenderung membeli produk Anda jika mereka mengetahui kebijakan pengembalian bisnis Anda mudah dan fleksibel atau Anda menawarkan pengiriman gratis atau pengiriman lokal yang nyaman.

Baca Juga | Segmentasi Demografis: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

Ini mungkin memerlukan pengumpulan umpan balik dari pelanggan Anda dan memiliki lebih banyak fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi untuk mengakomodasi masalah umum mereka dan masalah kemudahan penggunaan, tetapi keterampilan pemecahan masalah Anda benar-benar dapat membedakan Anda dari pesaing.

3. Quality based positioning

Penentuan posisi penting seperti kualitas dapat menjadi strategi penentuan posisi yang sangat menantang. Meskipun dapat dikombinasikan dengan strategi lain dan diposisikan dengan mudah. Setiap bisnis di pasar saat ini berusaha untuk membangun kualitas dan komitmen untuk mempertahankannya.

Baca Juga | Tahapan Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif Verifikatif

Salah satu cara unik untuk membedakan produk Anda di antara para pesaing adalah dengan mempersempit fokus ke bidang keahlian tertentu dan menggunakannya sebagai strategi branding dalam hal penentuan posisi kualitas.

Manfaat positioning dalam pemasaran

alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menjadikan posisi sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda. Anda dapat membuat pesan pemasaran yang lebih baik, membentuk layanan Anda dengan lebih baik, dan menyusun rencana penetapan harga sehingga Anda tetap kompetitif.

  • Menciptakan posisi kompetitif yang kuat

Positioning yang tepat mempengaruhi bagaimana pelanggan memandang produk atau layanan Anda relatif terhadap pesaing. Saat Anda menciptakan citra positif dari produk/layanan Anda di benak pelanggan, kemungkinan besar Anda akan menikmati keunggulan pasar yang berkelanjutan. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengklaim posisi Anda dalam lanskap kompetitif, yang sangat membantu Anda untuk tetap berada di depan kurva.

Baca Juga | Co-branding: pengertian, strategi, manfaat dan contoh

  • Meningkatkan penjualan

Salah satu tujuan utama dari setiap bisnis adalah untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Dengan memiliki penawaran yang lebih relevan dan mengomunikasikannya secara lebih efektif, perusahaan Anda mungkin dapat menembus pasar baru, yang dapat diterjemahkan menjadi klien baru dan penjualan tambahan.

  • Menentukan target pasar yang lebih jelas

Positioning dalam pemasaran memungkinkan Anda untuk mengklaim fitur atau manfaat tertentu dan memfokuskan produk/layanan Anda sesuai dengan itu sehingga Anda tampil sebagai ahli dalam layanan tersebut. Akibatnya, nilai Anda bagi prospek akan meningkat secara signifikan.

Baca Juga | Apa itu Buyer Persona?

  • Membuat keputusan yang lebih efektif

Setelah Anda menentukan strategi penentuan posisi yang sukses, Anda akan berada dalam posisi untuk membuat keputusan yang lebih efektif selama proses berlangsung. Positioning yang jelas dalam pemasaran juga mendorong komunikasi yang efektif, memberikan hubungan yang lebih sehat dan kuat dengan pelanggan.

Baca Juga | 5 Langkah Cerdas dalam Menemukan Keputusan yang Bijak

  • Terhubung dengan kebutuhan konsumen

Melalui positioning dalam pemasaran, perusahaan memiliki kesempatan untuk mengkomunikasikan manfaat penting yang ditawarkan produk/jasa mereka. Ini tidak hanya membantu menghubungkannya dengan pelanggan tertentu yang membutuhkannya.

Contoh brand positioning

  • Nike

Nike memulai bisnis mereka dengan fokus pada kinerja dan inovasi. Perusahaan menemukan sepatu wafel dan membangun merek mereka yang menargetkan atlet yang serius. Penawaran mereka sekarang telah melampaui sepatu, dan mereka menawarkan pakaian atletik yang meningkatkan kinerja.

  • Starbucks

Starbucks membidik pekerja kantoran, dari kalangan menengah ke atas, yang ingin membeli produk premium.

Perusahaan ingin menjadikan dirinya “Tempat Ketiga” – tempat antara rumah dan kantor, di mana pelanggan dapat berkumpul, bersantai, dan berinteraksi satu sama lain. Jadi, mereka waspada tentang kontrol kualitas mereka untuk memenuhi harapan yang tinggi.

Baca Juga | Inilah Cara Franchise Starbucks Indonesia, Si Tempat Ngopi Berkelas!

Di sebagian besar kampanye iklan mereka, mereka sering menyoroti identitas mereka dengan menunjukkan pernyataan proposisi nilai berikut:

  • Kopi terbaik
  • Susu terbaik yang digunakan
  • Rasa yang kaya & halus
  • Alami & bersih
  • 100% kertas daur ulang digunakan

Itulah penjelasan mengenai brand positioning serta manfaatnya untuk sebuah bisnis. Dengan strategi ini, perusahaan dijamin bisa lebih unggul dari kompetitornya di pasar.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *