Tanggal:14 May 2024

Yuk, Ketahui Manfaat Madu untuk Wajah!

Madu terkenal mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Tak hanya baik untuk dikonsumsi, madu juga bisa digunakan untuk kecantikan kulit. Hal ini karena madu mengandung mineral yang kaya dan bermanfaat pada kesehatan secara keseluruhan. Dikutip dari Medical News Today,  terdapat sebuah penelitian yang menemukan sejumlah potensi manfaat madu untuk wajah dan kulit, termasuk karena efek antimikroba dan sifat penyembuhan lukanya.

Dalam bentuknya yang alami, madu dihasilkan oleh aktivitas enzim, bahan tanaman, dan bakteri hidup yang bergabung untuk menciptakan bahan yang kuat dengan ratusan kegunaan praktis. Kandungan alami yang terkandung dalam madu seperti antioksidan, antibakteri, vitamin B dan vitamin C yang dipercaya sangat berkhasiat untuk mempercantik kulit. Lalu, apa saja manfaat madu untuk Wajah? Simak penjelasannya di bawah ini!

7 Manfaat Madu untuk Wajah

1. Melembabkan Kulit

Untuk kamu yang mempunyai kulit kering, kamu bisa menggunakan madu untuk mengatasi masalah pada kulit kamu tersebut. Sebab, sejak lama madu dikenal sebagai kandungan alami yang jika digunakan secara teratur, dapat melembutkan kulit maupun rambut yang kering. Untuk memanfaatkannya kamu bisa mengoleskannya ke daerah wajah dan leher.

Baca Juga :

2. Mengatasi Jerawat

Pengaplikasian madu ke wajah pun bisa meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Kamu bisa menjadikan madu sebagai masker dan merasakan wajah yang lebih lembut.

Baca Juga : Makanan dan Minuman Yang Dapat Mencegah Jerawat

3. Mencerahkan Wajah

Manfaat madu pada wajah selanjutnya adalah untuk memutihkan atau mencerahkan wajah. Kamu bisa mencampurkan madu dengan berbagai bahan alami lainnya seperti lemon dan yoghurt, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini beberapa kali dalam satu minggu.

Baca Juga: 

4. Menyembuhkan dan Memudarkan Bekas Luka

Infeksi atau luka pada kulit dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi madu secara rutin. Hal ini disebabkan karena madu mempunyai kandungan anti-mikroba. Esensi gula pada madu dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, termasuk wajah.

Baca Juga : Alat Makeup Yang Harus Dibawa Berpergian

5. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan

Bagi kamu yang ingin terlihat awet muda, madu bisa membantumu untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, karena madu dapat menangkal radikal bebas. Untuk pemanfaatannya madu dapat dibuat menjadi toner. Cara untuk membuatnya sangatlah mudah, kamu hanya perlu campurkan dua sendok teh lemon, dua sendok teh madu dan air secukupnya. Lalu campurkan ramuan tadi ke dalam botol yang bersih dan kocok hingga merata. Untuk mengaplikasikannya sama seperti memakai toner pada umumnya, dengan cara menuangkan beberapa tetes toner tersebut ke kapas dan usapkan pada wajah kamu yang telah dibersihkan.

Baca Juga :

6. Mengangkat Sel Kulit Mati

Madu adalah exfoliator alami. Dengan mengoleskan madu pada kulit wajah, sel kulit mati yang berada di permukaan dapat terangkat dan digantikan oleh sel kulit baru yang cenderunglebih lembab, segar, cerah, dan sehat. Hal ini dapat terjadi karena madu mengandung Gluconic Acid dan beberapa jenis asam hidroksi alfa lainnya yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati.

Baca Juga : 11 Cara Mengatasi Rambut Rontok

7. Meredakan Wajah Terbakar Matahari

Kandungan anti peradangan, anti bakteri dan bahan-bahan melembabkan yang ada dalam madu mampu menyejukkan kulit yang terkena iritasi akibat sengatan matahari secara berlebih. Struktur tebal dari madu juga dapat menjadi penghalang alami madu terhadap infeksi yang mungkin menyerangmu saat terpapar sinar matahari berlebih.

Tapi perlu kamu ingat, mengaplikasikan madu pada wajah saat sedang beraktivitas bisa menjadi sangat berantakan. Wajahmu akan terasa sangat lengket. Untuk itulah, kamu perlu mengatur waktu aplikasi pada wajah dan jadwal kegiatanmu sehari-hari.

Baca Juga :

Itulah tujuh manfaat madu yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit wajahmu. Perlu diingat bahwa tidak ada hasil yang instan, butuh kesabaran agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu juga bisa mengombinasikan madu dengan beberapa bahan alami lainnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *