Tanggal:18 May 2024

Yuk Ketahui Apa Itu Mobile Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

Bisnis hanya bermodalkan HP.

Apa Itu Mobile Marketing?

Pemasaran seluler atau biasa disebut dengan mobile marketing adalah strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan perangkat mobile atau smartphone untuk menjangkau target konsumen melalui situs web, email, SMS dan MMS, media sosial, dan aplikasi lainnya.

Baca Juga | Apa Itu Marketing Analytics?

Dengan memanfaatkan smartphone, para marketing bergegas untuk membuat dan menampilkan konten yang menarik, bisa dengan mobile landing page atau short video.

Ketika berbicara mengenai pemasaran seluler, ini berarti Anda perlu menggunakan perangkat dan memanfaatkan pemasaran melalui SMS atau MMS serta aplikasi seluler lainnya. Dari email, hingga iklan bayar per klik (PPC), optimisasi mesin pencari (SEO), pemasaran konten, dan pemasaran media sosial. Terdapat banyak saluran pemasaran seluler untuk menjangkau setiap pelanggan Anda dan tentunya lebih efektif.

Baca Juga | Jenis-Jenis Marketing

Manfaat Mobile Marketing

Manfaat mobile marketing memudahkan bisnis (pexels.com/Liza Summer)

Manfaat mobile marketing memudahkan bisnis (pexels.com/Liza Summer)

Baca Juga | Memahami STP Marketing dan Bagaimana Cara Penerapannya

  • Mobile marketing lebih mudah dibuat dan lebih cepat. Contohnya, metode iklan seperti SMS atau iklan cetak jelas lebih murah. Format yang digunkan seperti kampanye pemasaran email, atau menggunakan pesan teks tidak memerlukan keahlian teknis. Hanya perlu menyiapkan gambar atau video dan mulai menyebar melalui SMS atau email.
  • Respon pengguna yang cepat menjadi salah satu keuntungan. Hanya mengirimkan SMS atau email bisa berinteraksi langsung dengan audience.
  • Lebih memudahkan bisnis lokal untuk memberitahu kepada pelanggan tentang penawaran menarik, kedatangan produk terbaru, dan penawaran khusus melalui SMS.

Jenis – Jenis Mobile Marketing

Baca Juga | Cara Belajar Digital Marketing sampai Mahir

Beberapa teknik pemasaran seluler­ yang dapat dicoba untuk bisnis Anda. Selain teknik ada juga faktor -faktor yang menentukan keberhasilan strategi tersebut seperti anggaran, industri spesifik, dan segmen pelanggan.

  1. Pemasaran aplikasi seluler.

    Aplikasi ini dapat membantu bisnis Anda untuk memyertakan iklan dalam desain aplikasi seluler.

  2. Iklan dalam game.

    Ini mengacu pada semua iklan di perangkat seluler yang muncul saat game dibuka atau sedang berlangsung. Iklan ini biasanya akan muncul pada pop-up banner atau iklan video.

  3. Quick response barcode (kode QR).

    Kode ini menggunakan kamera, dan mengarahkan kemudian pelanggan diarahkan ke situs terkait sehingga mereka dapat melihat lebih banyak informasi mengenai brand tertentu.

  4. Pemasaran SMS.

    menggunakan media ini untuk menjangkau pelanggan dengan penawaran dan informasi relevan lainnya melalui gadget seluler mereka.

  5. Voice marketing.

    menggunakan komputer yang diproduksi dan panggilan otomatis untuk mempromosikan barang atau jasa mereka.

  6. Iklan spanduk seluler.

    Spanduk ini hampir sama dengan yang ada di desktop, hanya saja spanduk tersebut cukup kecil untuk muat di layar perangkat seluler.

  7. Proximity atau Bluetooth.

    Dengan pendekatan ini, konsumen mendapatkan iklan khusus yang diaktifkan dari Bluetooth perangkat mereka.

Cara Mengoptimalkan Mobile Marketing

Baca Juga | 5 Manfaat Video Marketing yang Wajib Anda Ketahui

Ada langkah – langkah tertentu yang harus Anda lakukan untuk menggunakan mobile marketing, sebagai berikut:

  1. Membuat persona pembeli seluler.

    Ini adalah langkah pertama yang Anda lakukan sebagai alat untuk membantu Anda memahami. Persona pembeli adalah representative fiktif dari berbagai jenis pelanggan Anda. ini menjelaskan latar belakang masing – masing seperti deskripsi pekerjaan, sumber informasi utama, tujuan, tantangan, jenis konten, dan peran dalam proses pembelian. Langkah ini memudahkan Anda untuk menentukan saluran dan suara untuk pesan pemasaran Anda ketika sudah memiliki gambaran yang jelas untuk target pelanggan.
    Baca Juga | 8 Elemen Komunikasi Massa Menurut para Ahli

  1. Menentukan tujuan.

    Sebelum Anda melakukan strategi pemasaran seluler, Anda terlebih dahulu harus menentukan sasaran Anda dan membuat planning selanjutnya. Anda perlu menentukan tujuan utama, calon pelanggan utama, dan bagaimana Anda dapat mengembangkan keterlibatan lintas saluran sehingga Anda dapat menganalisis bagaimana saluran yang saat ini Anda gunakan dapat disertakan dalam strategi pemasaran seluler Anda.
    Baca Juga | 7 Tips Sukses Menjadi Marketing Handal, Auto Berhasil!

  2. Key Performance Indicator.

    Tentukan key performance yang realistis dan terukur yang menentukan kesuksesan kampanye pemasaran seluler Anda. Berikut ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  1. Memantau metrik seluler.

    Google Analytics dapat membantu untuk memantau penggunaan perangkat seluler situs Anda. Data perilaku perangkat seluler menunjukkan seberapa baik konten seluler Anda melibatkan pelanggan dan data konversi menunjukkan apakah beberapa landing page Anda masih perlu dioptimalkan untuk penelusuran seluler atau tidak.

Nah, itu semua penjelasan mengenai mobile marketing. Yuk buat Anda yang sedang membangun bisnis, jangan segan untuk menerapkan strategi ini untuk bisnis Anda untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan. Dan dapatkan pembelajaran ekslusif  Digital Marketing hanya di Vocasia, Klik disini!  Selamat mencoba!

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *